Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SERELIA, UMBI dan KACANG KACANGAN


SERELIA, KACANG KACANGAN dan UMBI UMBIAN


Hii....jumpa kembali dengan PRAKARYA nih...mapel yang terkenal dengan prakteknya...heee....Dikelas 8 kali ini kita akan mengawali dengan aspek pengolahan, lebih khusus pengolahan tanaman pangan. Tanaman pangan adalah tanaman yang banyak mengandung karbohidrat, yang sifatnya mengenyangkan. Tanaman pangan dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu serelia, kacang-kacangan, dan tanaman umbi-umbian.
  • Serelia adalah Jenis tumbuhan padi-padian yang dibudidayakan untuk menghasilkan karbohidrat atau pati. Yang termasuk jenis sereal/serelia antara lain beras, jagung, gandum, dan sorgum.Contoh serelia bisa kalian lihat pada gambar di bawah..

tentunya kalian tau kan...gambar di atas 😆😁

  • Kacang-kacangan adalah bijinya lebih besar daripada sereal. Jenis ini dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Yang termasuk jenis kacang-kacangan antara lain kacang tanah, hijau, dan kedelai. Contohnya bisa dilihat pada gambar di bawah....

sudah pernah makan olahan makan tersebut kaaan....😊

  • Umbi-umbian digunakan sebagai sumber bahan makanan pokok karena memiliki kandungan karbohohidra yang tinggi. Sedangkan jenis umbi antara lain ubi jalar, singkong, talas, dan kentang.

sering melihat disekitar kita kaaan...


Teknik pengolahan untuk jenis serelia, kacang-kacangan dan umbi-umbian sangat berbeda. Ada dua jenis teknik pengolahan yaitu mengolah pangan panas basah dan panas kering.
Yang termasuk teknik mengolah panas basah antara lain dengan cara merebus, menutup bahan pangan. Juga bisa dilakukan merebus sedikit cairan, menggulai, mengukus, mendidihdan teknik mengetim.
Sedangkan teknik mpengolahan pangan panas kering misalnya dengan cara menggoreng, menumis, memanggang dan membakar.
Naaah....dari sedikit materi di atas silahkan kalian memahami terlebih dahulu apa itu tanaman pangan, fungsi dari tanaman pangan, dan ciri dari tanaman pangan yang ada disekitar kita......

Posting Komentar untuk "SERELIA, UMBI dan KACANG KACANGAN"