Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS BERITA KELAS 8

C.  Menemukan Struktur dan Kaidah Kebahasaan Berita


Assalamualaikum anak-anak Kelas 8kali ini melanjutkan tentang materi berita  pada bagian C yaitu menemukan struktur dan kaidah Kebahasaan Berita
  Berita harus mudah dimengerti, menambah wawasan, dan yang paling penting berita harus sesuai dengan kenyataan. Kalian dapat menelaah teks berita berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaannya.
1.  Struktur Teks Berita
 Ada beberapa struktur yang membangun teks berita. Stuktur teks tersebut merupakan struktur yang membangun teks sehingga menjadi satu kesatuan teks yang utuh. Struktur teks berita terdiri atas judul, kepala berita (lead), tubuh berita, dan ekor berita.
a. Judul
 Judul merupakan kata kunci yang mewakili keseluruhan berita. Pada teks berita, judul biasanya memuat tentang kejadian yang dibahas atau disampaikan. Judul dibuat semenarik mungkin sehingga pembaca tertarik untuk membaca berita tersebut. Judul berita berfungsi mengenali isi berita secara singkat . Judul ini merupakan bagian terpenting dari berita. Hal ini karena sebelum masuk pada isi berita, pembaca akan melihat judul berita terlebih dahulu.
b. Kepala berita (lead)


  Lead adalah pembuka berita berisi unsur 5W 1H yang dijabarkan secara singkat, padat, dan menyeluruh. lead berita adalah bagian yang sangat penting dari berita. Di dalam lead berita terangkum inti dari keseluruhan isi berita. Setiap lead juga ditulis untuk menarik pembaca melihat lebih lanjut isi berita. 


c. Tubuh Berita

  
Bagian ini merupakan inti dari teks berita. Tubuh berita merupakan kelanjutan isi berita yang dapat memberitahukan secara lebih rinci tentang keseluruhan peristiwa atau informasi yang diberitakan. Tubuh berita berisi penjabaran dari gagasan berita, penjabaran itu bisa merupakan jawaban why (mengapa) dan how).


d. Ekor Berita


  Ekor berita berisi hal-hal lain yang jika dihilangkan oleh editor tidak terlalu berpengaruh terhadap substansi atau pokok bahasan berita tersebut. Misalnya daftar nama orang-orang yang mengalami kecelakaan.


2.  Kaidah-Kaidah Kebahasaan Teks Berita
   
Ciri kebahasaan teks berita adalah sebagai berikut. 
a. Bahasa Baku

 Bahasa standar atau baku menjadi penghubung pemahaman banyak kalangan, karena bahasa baku lebih mudah dipahami oleh masyarakat umum. 

       b. Kalimat Langsung

       Sisipan Ilmu
 Pembawa acara berita adalah pembawa acara berita di televisi atau radio. Istilah ini biasa dipakai di industri televisi di Indonesia dan merupakan padanan penyiar berita yang juga banyak dipakai di radio. Secara internasional dikenal tiga kategori yakni pembaca berita (newsreader), penyiar berita (newscaster), dan jangkar berita (anchor).

 Penggunaan kalimat langsung dan kalimat tidak langsung yang digunakan untuk mengutip pernyataan-pernyataan dari narasumber berita.
    
c. Konjungsi Bahwa dan Kronologis


1) Penggunaan konjungsi "bahwa" berfungsi untuk menerangkan kata yang mengikutinya dan        digunakan untuk pengubahan bentuk kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung.

2) Penggunaan konjungsi yang bermakna kronologis (temporal) atau penjumlahan, seperti kemudian, setelah, sejak, awalnya, dan akhirnya. Penggunaan konjungsi tersebut berhubungan dengan pola penyajian berita yang pada umumnya mengikuti pola kronologis atau urutan waktu.


d. Keterangan Waktu

  Keterangan waktu dan tempat perlu dicantumkan untuk melengkapi unsur berita berupa kapan (when) dan di mana (where).

e. Kata Kerja Mental

  Penggunaan kata kerja mental, seperti mengatakan, menjelaskan, menyebutkan, memikirkan, mengkritik, mengutarakan, membantah, menolak, dan berkelit.


Demikianlah materi tentang struktur dan kabahasaan berita. Baca dan pahami yaa anak-anak ....
Wassalamualaikum W W

1 komentar untuk "STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS BERITA KELAS 8"