Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahasa Indonesia Materi Menyimpulkan Isi Teks Eksposisi

 

Menyimpulkan Isi Teks Eksposisi


Melanjutkan materi yang sebelumnya tentang teks eksposisi. Sejatinya, isi teks eksposisi adalah pendapat yang dirangkai oleh gagasan umum/gagasan pokok dan gagasan khusus/gagasan penjelas. Gagasan umum atau gagasan pokok merupakan gagasan yang menjadi dasar pengembangan suatu paragraf.  Sementara itu, gagasan khusus atau gagasan penjelas adalah penjelasan detail dari gagasan umum/gagasan pokok.

Untuk mengetahui gagasan pokok, umumnya kita harus membaca teks itu secara keseluruhan. Namun, tidak sedikit pula paragraf yang menempatkan gagasan umumnya itu pada kalimat pertama atau justru di kalimat terakhir dari suatu paragraf.

Perhatikan Contoh Teks Eksposisi Di bawah ini

(1)Kebiasaan masyarakat dalam membuang sampah sembarangan merupakan penyebab rusaknya jalan dan timbulnya banjir. (2) Secarik kertas dibuang oleh seorang pelajar, sebuah kantong plastik dilemparkan oleh seorang ibu sepulang dari pasar, dan selembar bungkus rokok dihempaskan seorang bapak, kemudian berkolaborasi dengan sampah-sampah dari ribuan warga lainnya. (3) Sampah-sampah itu bergabung dari berbagai tempat; memacetkan saluran-saluran air; meluap dan banjir. (4) Warga masyarakat mengeluh setiap hari melalui media cetak dan elektronik.

Penjelasan Contoh:

Kalimat kesatu (1) adalah gagasan umum. Sementara itu, sisa kalimat yang ada, yakni 2-4 adalah gambaran khusus. Cara yang paling mudah untuk menyimpulkan isi teks adalah dengan menemukan gagasan umumnya. Tentunya, tidak semua gagasan umum ditempatkan di awal paragraf. Terkait hal tersebut, terdapat tiga jenis paragraf berdasarkan letak gagasan umumnya, yakni:

Jenis Paragraf

  1. Paragraf deduktif, yaitu paragraf yang letak gagasan umumnya berada di awal paragraf atau kalimat pertama.
  2. Paragraf induktif, yaitu paragraf yang letak gagasan umumnya berada di akhir paragraf.
  3. Paragraf campuran, merupakan paragraf yang letak gagasan umumnya berada di awal dan akhir paragraf (diulang).

Posting Komentar untuk "Bahasa Indonesia Materi Menyimpulkan Isi Teks Eksposisi"