Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BAHASA INDONESIA MATERI MENGENALI UNSUR-UNSUR TEKS EKSPOSISI



MENGENALI UNSUR-UNSUR TEKS EKSPOSISI

Semangat pagi para siswa spensaka. Apakah kalian pernah membaca teks eksposisi? Unsur-unsur dari teks ini berisi informasi, fakta, dan gagasan. Biasanya, berita-berita yang kalian temukan di koran, majalah, maupun internet termasuk ke dalam jenis teks ini.

Teks eksposisi sendiri berisi gagasan dan fakta yang berbentuk singkat, padat, dan jelas. Teks ini juga memuat pernyataan yang bersifat nonfiksi. Dalam koran atau majalah, teks semacam ini dapat ditemukan pada halaman editorial yang menyajikan pandangan dan argumen mengenai peristiwa tertentu.

Nah, bicara soal unsur teks eksposisi, sejatinya terdapat gagasan dan fakta serta pola pengembangan teks.

Gagasan dan Fakta dalam Teks Eksposisi

Dua unsur utama dalam teks eksposisi adalah gagasan dan fakta. Gagasan disebut juga sebagai ide atau pendapat. Isinya merupakan pernyataan yang dapat berbentuk komentar, penilaian, saran, dorongan, dan bujukan kepada pembaca mengenai subjek tertentu.

Sementara itu, fakta adalah kejadian atau peristiwa nyata yang benar-benar ada atau terjadi. Dalam teks eksposisi, fakta digunakan untuk menegaskan kembali dan memperkuat gagasan agar lebih meyakinkan pembaca. Fakta dapat berupa bukti, data, dan kejadian nyata.

Pola-Pola Pengembangan pada Teks Eksposisi

Pola pengembangan pada teks eksposisi berupa sebab-akibat, artinya tiap kalimat dan paragraf saling mendukung dan berkaitan satu sama lain. Ada 4 pola pengembangan teks eksposisi, yaitu umum-khusus, khusus-umum, ilustrasi, dan perbandingan.

Pola pengembangan umum-khusus disebut juga sebagai paragraf deduktif. Dalam pola ini, ide pokok diletakkan di awal teks, kemudian diikuti dengan kalimat-kalimat pendukung.

Pola selanjutnya adalah khusus-umum atau paragraf induktif. Ide pokok dari teks eksposisi diletakkan di akhir teks dan didahului dengan kalimat-kalimat penjelas yang bersifat spesifik atau khusus.

Dalam pola ilustrasi, teks eksposisi memuat gagasan umum yang disertai dengan contoh atau ilustrasi dari pengalaman seseorang. Ilustrasi atau kejadian nyata tersebut digunakan untuk meyakinkan pembaca terhadap gagasan yang disajikan dalam teks.

Pola pengembangan yang terakhir adalah pola perbandingan. Dalam pola ini, teks eksposisi memberikan perbandingan dari suatu gagasan dengan gagasan lain untuk memperkuat ide tersebut.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan Mata Beserta Strukturnya

TESIS

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting dan mudah rusak apabila kita tidak menjaga kesehatannya. Salah satu cara menjaga kesehatan mata adalah mengkonsumsi wortel. Wortel mengandung berbagai nutrisi yang berguna bagi kesehatan mata seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B1, karbohidrat, protein, mineral, kalsium, zat besi dan kandungan lainnya.

ARGUMENTASI

Manfaat yang terkandung dalam wortel itu bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi wortel secara langsung, diolah menjadi makanan, atau membuat jus dari wortel. Selain baik bagi kesehatan mata, wortel juga bermanfaat untuk mencegah kanker, rabun senja dan manfaat lainnya.

PENEGASAN ULANG (REITERATION)

Bisa kita simpulkan bahwa manfaat yang terdapat dalam wortel tersebut mudah kita dapatkan, kita bisa menkonsumsinya dengan harga yang cukup murah. Jadi apabila kita ingin menjalankan hidup sehat, kita bisa memulainya dengan hal-hal kecil dan tidak perlu mahal.

CONTOH TEKS EKSPOSISI BESERTA STRUKTURNYA TENTANG KESEHATAN

TESIS

Olahraga merupakan kegiatan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Dengan melakukan olahraga, kita bisa mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar serta terhindar dari berbagai macam penyakit. Berbeda dengan orang yang jarang melakukan olahraga, mereka akan lebih mudah terserang penyakit karena daya tahan tubuh mereka rendah.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat kita melakukan olahraga, salah satunya adalah memperhatikan apakah kita memiliki penyakit riwayat jantung atau tidak. Karena seseorang yang memiliki penyakit riwayat jantung, akan lebih rentan jika melakukan aktivitas olahraga, khususnya olahraga yang berat.

ARGUMENTASI

Olahraga memiliki banyak jenis dan macam yang bisa anda jadikan pilihan. Seperti olahraga lari, push  up, sit up atau jenis olahraga lainnya. Sehingga kita tidak akan bosan karena bisa melakukan berbagai macam olahraga tidak hanya satu saja. Selain itu, manfaat lain olahraga adalah suasana hati seseorang menjadi lebih senang. Karena pada saat kita berolahraga, beban pikiran kita akan menjadi lepas.

Olahraga sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi. Karena dengan berolahraga pembuluh darah yang tadinya menyempit dan membuat aliran darah tidak lancar, bisa menjadi lancar dengan melakukan aktivitas olahraga secara teratur. Selain itu kesehatan jantung juga akan terjaga, namun harus diperhatikan apakah jantung anda dalam kondisi yang baik untuk berolahraga.

PENEGASAN ULANG (REITERATION)

Olahraga memang memiliki sejuta manfaat, tetapi kita juga harus tau bagaimana kondisi tubuh kita. apakah kita mampu berolahraga atau tidak. Manfaat dari olahraga juga beragam seperti bisa meningkatkan mood seseorang menjadi baik hingga bisa menghindarkan seseorang dari terserang berbagai macam penyakit.

 

Posting Komentar untuk "BAHASA INDONESIA MATERI MENGENALI UNSUR-UNSUR TEKS EKSPOSISI"