Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mobilitas Sosial

D. Saluran-saluran mobilitas sosial .

    Menurut Pitirin A. Sorokin, Mobilitas sosial yg vertikal mempunyai beberapa saluran dalam masyarakat. Proses mobilitas sosial vertikal melalui saluran-saluran itu disebut Social Circulation. Adapun saluran-saluran yg terpenting terpenting tersebut adalah angkatan bersenjata, Lembaga-lembaga keagamaan, sekolah-sekolah, organisasi politik, ekonomi dan keahlian. 

a. Angkatan bersenjata 

    Angkatan bersenjata memainkan peranan penting dalam masyarakat-masyarakat dengan sistem militerisme, atau yg berada dalam keaadaan perang, baik perang melawan musuh dari luar maupun perang saudara. Contoh dalam keadaan perang misalnya, suatu negara tentu akan menghendaki dan berusaha agar keluar sebagai pemenang. Jasa seorang prajurit, tanpa memperhitungkan kedudukannya (status) akan di hargai tinggi oleh masyarakat. Seorang prajurit yg berasal dari kedudukan yg rendah, karena jasa-jasannya dapat menanjak kekedudukan yg lebih tinggi. 

b. Lembaga lembaga Keagamaan 

    Lembaga-lembaga keagamaan merupakan suatu saluran yg penting dalam mobilitas sosial yg vertikal. Setiap ajaran agama menganggap bahwa manusia mempunyai kedudukan yg sederajat untuk mencapai tujuan tersebut. Pemuka-pemuka agama bekerja keras untuk menaikan kedudukan orang-orang dari lapisan rendah dalam masyarakat. Contoh di dalam sejarah dikenal Paus Gregorius berjasa besar mengembangkan agama Katolik. Beliau putra dari seorang tukang kayu. Ajaran agama islam membawa pengaruh yg besar terhadap Nabi Muhammad SAW, Sidarta Gautama Budha dan lain sebagainya.

c. Lembaga lembaga Pendidikan 

    Lembaga-lembaga pendidikan seperti umpamanya sekolah, pada umunya saluran kongkrit dari mobilitas sosial dan bahkan sekolah-sekolah dapat dianggap sebagai social elevator yg bergerak dari kedudukan yg paling rendah ke kedudukan yg paling tinggi, dalam masyarakat. Contoh Pendidikan formal dalam hubungan dengan mobilitas sosial vertikal adalah membekali individu dengan ketrampilan-ketrampilan yg diperlukan untuk memasuki pasaran kerja. Tingkat pendidikan yg memadai akan menempatkan seseorang pada posisi yg menguntungkan, bila mana iya harus bersaing dg orang orang lain untuk sesuatu jabatan tertentu. 

d. OrganisasiPolitik 

    Organisasi Politik seperti misalnya partai politik, dapat memberi peluang besar bagi anggota-anggota untuk naik dalam pertangaan kedudukan. Misal jadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat mewakili partainya.

e. Organisasi Ekonomi 

    Organisasi ekonomi misalnya  perusahaan-perusahaan, biro jasa dan sebagainya pemegang peranan penting sebagai saluran mobilitas sosial yg vertikal. Karena organisasi ekonomi memberi kesempatan yg seluas luasnya pada seseorang untuk menduduki tingkat yg lebih tinggi yg sifat nya relatif lebih terbuka biasanya orang orang yg kaya akan kebendaan menduduki lapisan yg tinggi. Gejala ini juga di jumpai pada masyarakat tradisional misal pada upacara-upacara adat yg harus dilakukan, yg membutuhkan biaya yg besar dan yg sanggup hanyalah orang-orang yg mampu. Dan bahkan hal ini  merupakan status simbul dari yg bersangkutan. 

f. Organisasi keahlian 

    Organisasi-organisasi keahlian misalnya himpunan sarjana-sarjana ilmu pengetahuan tertentu, persatuan satrawan, organisasi para pelukis dan seterusnya, merupakan wadah yg dapat menampung individu-individu dengan masing-masing keahlian untuk diperkenalkan pada masyarakat. Hal ini dapat mengakibatkan seseorang misalnya pelukis, mendapat nama dan di anggap menduduki lapisan atas di dalam masyarakat. 

g. Perkawinan

    Mobilitas sosial juga di peroleh melalui perkawinan dg seseorang yg berasal dari lapisan sosial yg lebih tinggi, akan dapat ikut naik kedudukannya. Begitu juga usia saat menikah merupakan faktor penting dalam menentukan kemungkinan terjadinya mobilitas sosial, telah di sebutkan bahwa semakin kecil dan muda usia seseorang saat menikah, semakin kecil kemungkinan untuk memperoleh mobilitas sosial. 

Bacalah  materi Mobilitas Sosial Pertemuan yg lalu  pada hari saptu tanggal 22 Agustus 2020 dari A, B, C,  sampai dengan D (materi hari ini). Setelah itu kerjakan soal di bawah ini !

Soal

1. Cobalah buat contoh, Menggambarkan Mobilitas Sosial vertikal naik dan Mobilitas sosial vertikal  turun  (masing-masing satu  saja) !

2. Mengapa pendidikan menjadi saluran mobilitas sosial yg penting di masyarakat ?

3. Mengapa demografi menjadi salah satu faktor mobilitas sosial dalam sebuah masyarakat ?

 

Setelah selesai, jangan lupa kirim ke GC (google classroom), dan tulis nama, kelas dan nomor urut absen ! 

SELAMAT BELAJAR. 


Posting Komentar untuk "Mobilitas Sosial"