Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benua Australia

Gambar Peta Benua Australia

Letak dan Luas Benua Australia 
Luas Australia mencapai ±7.682.300 km² atau hanya sekitar 5,2% wilayah daratan dunia. Secara astronomis, Benua Australia terletak di antara garis lintang 10°41’LS-43°39’LS dan garis bujur 113°09’ BT-53°39’BT. Berdasarkan letak astronomisnya, dapat disimpulkan bahwa seluruh wilayah Benua Australia terletak di belahan bumi selatan. Benua Australia memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut.

a.  Sebelah utara berbatasan dengan Indonesia (Benua Asia).
b.  Sebelah selatan berbatasan dengan Lautan Selatan (Southern Ocean).
c.  Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik.
d.  Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia.

Bentuk pemerintahan dari Australia ialah monarki konstitusional dengan kepala negara Ratu Inggris yang diwakili oleh gubernur jenderal dan kepala pemerintahan adalah perdana menteri.

a.  Pembagian Wilayah Benua Australia

Pada dasarnya Benua Australia dapat dibagi berdasarkan negara-negara bagiannya. Berikut pembagian negara-negara bagian di Benua Australia dan ibu kotanya.

1)  Australia Selatan dengan ibu kota Adelaide.
2)  New South Wales dengan ibu kota Sydney.
3)  Australia Barat dengan ibu kota Perth.
4)  Tasmania dengan ibu kota Hobart.
5)  Queensland dengan ibu kota Brisbane.
6)  Victoria dengan ibu kota Melbourne.
7)  Daerah khusus ibu kota Australia (Canberra).
8)  Australia Utara dengan ibu kota Darwin.

b.  Bentuk Muka Bumi dan Keadaan Geologi Benua Australia

Kenampakan alam di Benua Australia dapat dilihat dari berbagai daerahnya. Berikut kenampakan alam pada Benua Australia.

1)  Australia bagian utara

Daerahnya mempunyai relief yang agak kasar berupa dataran tinggi dan pegunungan, seperti Dataran Tinggi Dampier dan Dataran Tinggi Arnhem. Terdapat sebuah teluk besar yang menghadap ke utara yang terkenal dengan Teluk Carpentaria dan Jazirah Besar York. Di lepas pantai Australia Timur Laut terdapat sebuah pegunungan karang yang terkenal dengan nama The Great Barrier Reef atau Karang Penghalang Besar.

2)  Australia bagian selatan

Daerahnya berupa dataran rendah membujur sepanjang pantai selatan Australia. Di sebelah selatan Australia terdapat Pulau Tasmania yang dipisahkan oleh Selat Bass.

3)  Australia bagian tengah

Daerahnya terdiri atas dataran rendah yang terbentang sampai ke pantai selatan. Dataran ini disebut sungai Murray Darling. Dari sungai-sungai inilah dibuat saluran-saluran irigasi. Mata air sungai tersebut berasal dari mencairnya salju di Pegunungan Alpen Australia. Di Australia bagian tengah terdapat Pegunungan Mac Donnel, Pegunungan Flinders, Danau Fyre, Torrent, dan Danau Gairdner.

4)  Australia bagian barat

Daerah ini umumnya kering dan tandus. Di sini terdapat Dataran Tinggi Australia Barat yang reliefnya kasar. Sebelah timurnya dikelilingi oleh gurun-gurun pasir Great Sandy Desert, Gibson Desert, dan Great Victoria Desert. Sebelah barat Dataran Tinggi Australia Barat terdapat dataran rendah yang sempit di sepanjang pantai.

5)  Australia bagian timur

Daerahnya berbentuk pegunungan dengan dataran tinggi yang membentang sepanjang Pantai Timur dengan arah utara-selatan. Pegunungan ini disebut Great Dividing Range atau Pegunungan Biru. Bagian selatan pada umumnya reliefnya lebih kasar. Di Australia terdapat Pegunungan Alpen Australia dengan puncak yang tertinggi Gunung Kosciusko (2.234 m). Dataran rendahnya sempit, terletak di pantai-pantai.

Bentang alam Australia sebagian besar berupa dataran dengan beberapa gunung dan pegunungan yang tidak terlalu tinggi. Beberapa gunung yang ada di Australia antara lain Gunung Brockman (1.114 m), Gunung Bruce (1.235 m), Gunung Ziel (1.510 m), Gunung Kosciusko (2.230 m), dan Gunung Round (1.615 m). Pegunungan di Australia antara lain Pegunungan Pemisah Besar (Great Dividing) yang membujur di Australia, bagian timur, Pegunungan Hamersley di Australia Barat, dan Pegunungan Mac Donnel di Australia Utara. Di Australia juga terdapat beberapa gurun besar, di antaranya Gurun Gibson di Australia Barat, Gurun Victoria yang membentang dari Australia Barat hingga Australia Selatan, Gurun Tanami di Australia Utara, dan Gurun Pasir Besar di Australia Barat.

Sungai-sungai yang ada di Australia, antara lain Sungai Dawson di Queensland, Sungai Darling di New South Wales, Sungai Fritzroy di Australia Barat, dan Sungai Victoria di Australia Utara. Selain sungai, di Benua Australia juga terdapat beberapa danau yang cukup besar. Danau-danau yang ada di Australia antara lain Danau Eyre, Gairdner, dan Torrons di Australia Selatan, Danau Carnegic dan Danau Barlec di Australia Barat, serta Danau Mackay di perbatasan Australia Barat dan Australia Utara.

c.  Kondisi Iklim di Benua Australia

Berdasarkan letak lintangnya, seluruh Australia dikelompokkan ke dalam tiga daerah iklim, yaitu sebagai berikut.

1)  Australia bagian utara (antara 10 LS-23 ½ LS) beriklim tropis.
2)  Australia bagian selatan (antara 23 ½ LS-40 LS) beriklim subtropis.
3)  Pulau Tasmania (antara 40 LS-44 LS) beriklim sedang.

Australia Bagian Timur adalah daerah yang paling banyak hujannya. Hal itu disebabkan karena angin pasat tenggara yang banyak membawa uap air itu terbentuk oleh Pegunungan Alpen Australia, sehingga angin naik dan menjatuhkan hujan di pantai-pantai timur tenggara. Australia Bagian Barat daerahnya kering, sehingga banyak dijumpai padang rumput dan padang pasir. Adapun iklimnya kontinental.

Iklim di Australia juga dipengaruhi oleh arus samudra, jarak dari laut, dan bentang alam. Di sekitar pantai utara, barat, dan timur suhunya relatif hangat karena pengaruh mengalirnya arus panas. Adapun di sepanjang pantai selatan dan Tasmania suhu udara relatif dingin akibat mengalirnya arus dingin. Daerah-daerah yang terletak dekat pantai udaranya lembab, sedangkan wilayah tengah Australia, karena letaknya jauh dari laut, dan wilayahnya berupa gurun, udaranya sangat kering.

d.  Keragaman Flora dan Fauna di Benua Australia
 
Gambar Kanguru yang mendiami Benua Australia

Iklim di Benua Australia berpengaruh terhadap persebaran flora dan fauna. Persebaran flora di Benua Australia adalah sebagai berikut.

1) Australia bagian utara beriklim tropis dan banyak hujan, yang ditumbuhi hutan tropis seperti halnya di Indonesia.
2) Australia bagian timur, tenggara, dan lereng barat Pegunungan Alpen Australia terdapat hutan pinus, ekalipta(pohon raksasa), akasia, dan kayu putih.
3) Australia bagian tengah hujannya sedikit, sehingga banyak terdapat sabana (padang rumput dengan semak-semak) yang terdiri atas pohon kaktus, scrub(semak belukar yang berduri), dan spinifex, yaitu rumput panjang berduri dan berdaun jarum.
4) Australia bagian barat yang daerahnya kering tidak banyak tumbuh-tumbuhan dan hanya terdapat padang pasir dengan padang rumput di sana-sini.
5) Dataran rendah bagian selatan dan Tasmania hujannya cukup sehingga dapat diusahakan untuk tanaman pertanian.

Hewan-hewan yang ada di Benua Australia, antara lain jenis binatang berkantung (kanguru), burung nuri, dingo, angsa hitam, bangau, burung unta, kasuari, cenderawasih, binatang berparuh, biri-biri, domba, marino, dan lembu.

e.  Penyebaran Sumber Daya Alam di Benua Australia

Benua Australia adalah benua terkecil di dunia. Kondisi iklim subtropis mempengaruhi kondisi perekonomian penduduk Benua Australia. Pertanian, perkebunan, dan perikanan menjadi salah satu sumber pemasukan devisa Australia. Berikut merupakan penyebaran sumber daya alam di Benua Australia.

1)  Pertanian

Gambar Pertanian Gandum di Australia

Hasil pertanian utama, yaitu gandum dan gula tebu. Gandum diusahakan di Sungai Swan dan Lembah Murray Darling. Tanaman tebu diusahakan di Queensland. Luas hutan Australia kurang lebih 42 juta ha produktif dan 98% hutan alam yang menghasilkan kayu ekaliptus.

2)  Peternakan

Peternakan sapi dan domba di Australia menghasilkan daging dan wol. Benua Australia merupakan negara penghasil dan pengekspor terbesar wol dan daging. Ekspor daging sapi dan domba terutama ke Amerika Serikat dan Jepang. Peternakan sapi potong diusahakan di daerah padang rumput, pada kota atau daerah Queensland dan New South Wales. Peternakan domba di Queensland dan New South Wales, Victoria dan Australia Selatan. Ekspor peternakan, yang lain yaitu susu kering dan dikalengkan, mentega, serta keju.
Gambar Peternakan sapi di Benua Australia

Benua Australia merupakan negara benua dengan daratan yang sangat luas. Keadaan alam Benua Australia diantaranya mempunyai padang rumput yang luas. Padang rumput ini memungkinkan untuk pengembangan untuk bidang peternakan. Dengan demikian, kemajuan peternakan Australia didukung faktor-faktor, sebagai berikut.

a) Adanya padang rumput yang luas sebagai lahan penggembalaan.
b) Mempergunakan teknologi peternakan modern seperti pemilihan bibit unggul, pemeliharaan ternak yang sehat, pengawetan daging, alat pemerah susu, dan alat pencukur bulu domba.
c) Hasil perikanan yang diekspor, yaitu ikan tuna, ikan salem, udang pancet, dan udang kering. Daerah tanaman bunga liar terletak di Australia Barat dan yang paling indah disebut cakar kanguru.

4)  Pertambangan
Gambar Pertambangan di Australia

Tambang emas di Australia terdapat di Kalgoorlie dan Coolgardie di Australia Barat. Hasil tambang lainnya untuk diekspor, yaitu batubara, bijih besi, alumunium, timah hitam, tembaga, nikel, dan seng. Tambang batubara terdapat di Lembah Latrobe (Victoria) yang kualitasnya sangat baik. Tambang bijih besi terbesar di dunia terdapat di Hamersley Range yang letaknya di Australia Barat. Sedangkan tambang minyak bumi terdapat di Kepulauan Barrow yang terletak di Australia Barat juga.

Posting Komentar untuk "Benua Australia"