Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

POSISI TITIK PADA BIDANG CARTESIUS KELAS 8


Asalamu ‘ alaikum anak – anak…apa kabar ? Semoga hari ini kalian semua dalam keadaan sehat dan baik – baik saja aamiin… Pertemuan kemarin kalian sudah mempelajari Sistem Koordinat ya…sudah paham kan ? Hari ini  kita akan mempelajari materi tentang Posisi Titik Dalam Bidang Koordinat Cartesius  . Ada 2 Posisi Dalam BIdang Cartesius yaitu Posisi Titik Terhadap Titik Asal ( 0,0 ) dan Posisi Titik Terhadap Titik Acuan Tertentu (a,b). Yuk kita mulai ….
1. Posisi Titik Terhadap Titik Asal ( 0,0 )

Perhatikan gamabar di bawah ini anak – anak ya…
Dari gambar di atas Posisi Titik Terhadap Titik Asal ( 0, 0 ) adalah..sebagai berikut

Mudah Kan ? Hayoo, dimana susahnya coba? Nah untuk menambah pemahaman ,kalian bisa coba simak contoh  Latihan soal  berikut ini…

Contoh : Tentukan Posisi Titik A,B,C,dan D dari gambar di bawah ini


Nah, pasti tidak ada satu menit kalian sudah pada tahu kan jawabannya?

Titik A (5,7), titik B (7,5), titik C (5,3), dan titik D (3,5)

Oke, sekarang kita lanjut ke Posisi Titik Terhadap Titik Acuan Tertentu ( a,b )

 

1.     Posisi Titik Terhadap Titik Tertentu ( a,b )

Untuk lebih memahaminya coba kalian perhatikan contoh berikut ya…

Contoh :

Jika titik A memiliki koordinat (4,5) maka berapakah koordinat titik tersebut dari titik acuan (1,2)?

Penyelesaian:

Sebetulnya cara menentukan posisi titik terhadap titik acuan tertentu hampir sama aja dengan cara menentukan posisi titik terhadap titik acuan (0,0) Cuma bedanya, kalau pada titik acuan (0,0) itu sumbu-y dan sumbu-x nya berpotongan di koordinat (0,0). Nah, kalo pada titik acuan tertentu, kita membuat lagi sumbu-y dan sumbu-x yang baru yang berpotongan di titik acuan tersebut. Lebih jelasnya, kita sama-sama lihat gambar di bawah yuk..



Misalnya titik acuan yang diminta adalah (1,2) maka kita perlu membuat sumbu-x dan sumbu-y yang baru yang berpotongan tepat di titik acuan (1,2) tersebut. Seperti pada gambar diatas, saya membuat sumbu-x dan sumbu-y yang baru yang berpotongan dengan titik acuan (1,2). Biar beda, sumbu-x dan sumbu-y barunya saya beri warna kuning ya…Kalau ada soal lain yang meminta titik acuannya (10,100) maka kita harus membuat sumbu-x dan sumbu-yangberpotongan tepat di titik (10,100).. Begitu saja sie…, pokoknya sumbu-sumbu barunya dibuat disesuaikan dengan titik acuan yang diminta. 

Demikian materi hari ini,semoga bermanfaat….Wasalamu'alaikum Wr Wb....

 



Posting Komentar untuk " POSISI TITIK PADA BIDANG CARTESIUS KELAS 8"