Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benua Afrika


Peta Benua Afrika

Letak dan Luas Benua Afrika
Secara astronomis, wilayah Benua Afrika terletak diantara 37°LU-35°LS dan 18°BB-51°BT. Luas wilayah Benua Afrika mencapai ± 29.800.540 km² atau hampir seperlima dari luas wilayah daratan dunia. Wilayah Benua Afrika membentang dari utara hingga ke selatan memanjang sejauh 8.000 km, yaitu mulai Tanjung Bon di Tunisia sampai Tanjung Agulhans Afrika Selatan. Jika direntangkan dari timur ke barat melebar sejauh 7.400 km, yaitu mulai dari Cope Verde, Afrika Barat sampai Tanjung Guadafui di Somalia. Batas-batas Benua Afrika, yaitu sebagai berikut.

a.  Sebelah utara berbatasan dengan Laut Tengah dan Benua Eropa.
b.  Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia dan Basin Agulhans.
c.  Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Hindia.
d.  Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Atlantik.

Benua Afrika merupakan benua terbesar ketiga setelah Asia dan Amerika. Benua Afrika mendapat julukan Benua Hitam karena sebagian besar penduduk Benua Afrika adalah berkulit hitam. Bahasa yang paling banyak digunakan di Afrika adalah Bahasa Swahili sekaligus sebagai bahasa pemersatu penduduk Afrika. Kemudian disusul oleh bahasa Arab yang dipakai oleh hampir seluruh penduduk Afrika Utara.

Pembagian wilayah Benua Afrika
Benua Afrika menduduki urutan ketiga setelah Asia dan Amerika. Benua Afrika terdiri atas lima kawasan atau wilayah dan setiap wilayah terdiri atas beberapa negara. Negara-negara di kawasan Benua Afrika sebagian besar merupakan negara-negara miskin dan negara berkembang. Selanjutnya, akan kita pelajari negara-negara pada setiap kawasan yang terdapat di Benua Afrika.

1)  Afrika Timur


Afrika Timur

Wilayah Afrika Timur meliputi negara Ethiopia, Somalia, Kenya, Uganda, Rwanda, Tanzania, Mozambik, dan Malagasi. Sedangkan dataran tinggi di pedalaman Afrika Timur, antara lain. Dataran Tinggi Abesinia dengan puncak tertingginya Gunung Dasyan (6.402 m). Daerah dataran tinggi itu kering dan banyak dijumpai stepa dan sabana. Afrika Timur terdiri dari Eritrea, Ethiopia, Somalia, Uganda, Kenya, Djibouti, Reunion, Seychelles, Tanzania, Rwanda, Komoro, Burundi, Malagasi, Mozambik, Mauritius, Zambia, dan Zimbabwe.

2)  Afrika Barat


Afrika Barat

Afrika Barat yang wilayahnya membentang dari Senegal hingga perbatasan Chad dan Kamerun merupakan bagian wilayah Afrika yang paling padat penduduknya. Kawasan yang jumlah penduduknya hampir sepertiga dari penduduk Benua Afrika ini memiliki letak, faktor-faktor lingkungan alam (geologi, variasi iklim, mineral, dan tumbuhan) yang cukup menguntungkan hingga telah memungkinkan proses pengembangan wilayah dan penduduknya sejak masa lampau. Ada beberapa negara yang berada di kawasan Afrika Barat. Afrika Barat, terdiri dari Senegal, Cape Verde, Guinea, Guenia Bissau, Gambia, Senegal, Sierra Lone, Liberia, Pantai Gading, Ghana, Togo, Benin, Nigeria, Mauritania, Mali, Burkina Faso, dan Niger.


3)  Afrika Utara


Afrika Utara

Daerah Afrika Utara meliputi Mesir, Tunisia, Libya, dan Maroko. Di Afrika Utara terdapat daerah Atlas, yaitu dataran tinggi yang dikelilingi pegunungan. Di bagian tengah banyak dijumpai danau air asin. Sepanjang pantai utara terdapat Dataran Rendah Tel yang subur. Afrika Utara terdiri dari Maroko, Sahara Barat, Aljazair, Tunisia, Mesir, dan Sudan.

4)  Afrika Selatan


Afrika Selatan

Wilayah Afrika Selatan terletak di sebelah selatan Angola, Kongo, dan Tanganyika. Daerah Afrika Selatan membentang dari Gurun Kalahari hingga Tanjung Harapan. Di bagian timur Afrika Selatan membujur dari utara keselatan Pegunungan Naga dan beberapa lembah yang merupakan daerah aliran Sungai Orange, Sungai Vaal, dan Sungai Limpopo. Afrika Selatan terdiri dari Namibia, Botswana, Afrika Selatan, Lesotho, dan Swaziland.

5)  Afrika Tengah


Afrika Tengah

Wilayah Afrika Tengah meliputi Sudan, Guinea, Kongo, Niger, Senegal, Gambia, Liberia, Ghana, Togo, Nigeria, Gabon, Angola, dan Zambia. Di Afrika Tengah terdapat Gurun Sahara yang luas (dari sebelah utara khatulistiwa sampai wilayah Sudan, sebelah barat sampai ke Guinea, dan ke timur sampai Pegunungan Abesinia (Ethiopia). Di daerah bagian barat Afrika Tengah banyak turun hujan. Afrika Bagian Tengah kering berupa stepa dan sabana, sedangkan bagian timur merupakan pegunungan tinggi dan daerah aliran sungai, yaitu Sungai Nil Putih dan Nil Biru. Afrika Tengah terdiri dari Chad, Afrika Tengah, Guinea Equatorial, Gabon, Kongo, Sao Tome, Principle, Zaire (Rep. Demokrasi Kongo), dan Angola.

Kondisi iklim di Benua Afrika
Afrika merupakan benua terpanas di dunia. Suhu rata-rata di Afrika 30° C. Suhu tertinggi 45°C terutama terjadi di daerah Gurun Sahara sebelah utara Sudan. Benua Afrika memiliki berbagai macam iklim, yaitu sebagai berikut.

1)  Iklim tropis terjadi di Afrika Tengah dan sekitar khatulistiwa.
2)  Iklim subtropis terjadi di daerah sekitar Laut Tengah.
3)  Iklim gurun terjadi di Afrika Utara bagian tengah. Di daerah ini jarang turun hujan karena daerahnya berada di daerah bayangan hujan.

Pada bulan Mei-Oktober di Afrika banyak turun hujan terutama di daerah sepanjang Teluk Guinea. Hal itu terjadi karena pengaruh angin monsun barat daya. Curah hujan Afrika mencapai 4.000 mm per tahun. Daerah Afrika yang terletak di sekitar khatulistiwa umumnya beriklim tropis. Oleh karena itu, hujan terjadi sepanjang tahun. Angin pasat tenggara yang bertiup dari Samudra Hindia menyebabkan turunnya hujan di Pantai Tenggara Afrika sehingga daerah tersebut beriklim tropis basah.

Bentuk muka bumi dan keadaan geologi Benua Afrika
Afrika merupakan benua terbesar dari ketiga benua di belahan selatan bumi dan yang terbesar kedua setelah Asia dari semua benua. Luasnya kurang lebih 30.244.050 km² (11.677.240 mil²) termasuk kepulauan di sekitarnya, meliputi 20,3% dari total daratan di bumi dan didiami lebih dari 800 juta manusia atau sekitar sepertujuh populasi manusia di bumi. Dipisahkan dari Eropa oleh Laut Tengah, Afrika menyatu dengan Asia di ujung timur lautnya melalui Terusan Suez yang memiliki lebar 130 km. Panjang garis pantainya 26.000 km (sebagai perbandingan, Eropa yang memiliki luas 9.700.000 km² dan memiliki garis pantai 32.000 km).


Gunung Kenya

1)  Pegunungan

Pegunungan di Benua Afrika dapat dibagi menjadi dua kawasan, yaitu Pegunungan Atlas di utara dan Pegunungan Drakens di selatan. Gunung tertinggi di Afrika Gunung Kilimanjaro dengan ketinggian ±6.010 m yang terdapat di Tanzania. Selain itu terdapat Gunung Kenya, Gunung Marrah, Gunung Ruwenzori, dan Gunung Elgon.

2)  Plato

Plato yang terdiri atas Plato Faufa Jallon di bagian barat, serta Plato Jos, Adamous, Banga, Kata, Tibesi, dan Kamerun.


Plato Kata

3)  Gurun

Hampir sebagian besar daerah di Benua Afrika wilayah gurun. Gurun pasir di Afrika terdapat di bagian utara dan bagian selatan. Di Afrika bagian utara terdapat Gurun Sahara dan Gurun Libya, sedangkan di bagian selatan terdapat Gurun Kalahari dan Gurun Namib.


Gurun Sahara

4)  Sungai

Sungai-sungai besar yang mengalir di wilayah Afrika, antara lain Sungai Nil yang merupakan sungai terpanjang di dunia yaitu dengan panjang 6.690 km, Sungai Kongo, Sungai Niger, Sungai Limpopo, Sungai Zambezi, dan Sungai Orange. Danau-danaunya, antara lain Danau Victoria, Danau Tanganyika, Danau Nyasa, Danau Chad, dan Danau Nasser. Selain sungai-sungai di Afrika, ada juga Great Rift Valley (Lembah Retak Besar) yang memanjang dari Anatolia hingga ke Danau Malawi melewati Lembah Yordan, Laut Mati, Danau Turkana, dan Danau Victoria.



Laut Mati

Keragaman flora dan fauna di Benua Afrika
Tumbuh-tumbuhan di Benua Afrika dapat dikelompokkan menjadi tumbuhan dataran tinggi, hutan hujan tropis, dan padang rumput (berupa stepa dan sabana). Beberapa jenis tumbuhan khas yang ada di Afrika, antara lain papyrus, akasia, kurma, keluarga uphorbiacea, sidar hutan, dan lain sebagainya. Jenis fauna yang terdapat di Afrika pun beragam. Fauna Afrika yang cukup populer, antara lain gajah, jerapah, kera ekor panjang, burung kasuari, dan hyena, okapi, zebra, badak bercula, trenggiling, binatang bersisik, dan lain sebagainya. Ada pula jenis binatang air menarik yang ada di Benua Afrika, yakni, longvis (ikan bersirip serabut) kulakan, ikan gabus, kura-kura, dan sebagainya.


Ikan Longvis

Penyebaran sumber daya alam di Afrika
Hampir semua negara di Benua Afrika masuk ke dalam golongan negara miskin. Daerahnya berupa gurun sangat sulit untuk mengembangkan pertanian dan perkebunan. Sedangkan hasil tambang hanya ada di beberapa negara saja. Berikut ini disajikan penyebaran sumber daya alam di Benua Afrika.

1)  Pertanian dan kehutanan


Pertanian di Afrika

Pertanian di Benua Afrika terdapat pada lembah sungai besar, seperti lembah Sungai Oranye yang terdapat di Negara Afrika Selatan. Lembah Sungai Zambesi terdapat di Negara Zambia dan Mozambik. Lembah Sungai Niger terdapat di Negara Nigeria. Lembah Sungai Kongo terdapat di Negara Zaire. Hasil-hasil pertanian di lembah sungai tersebut, antara lain buah-buahan, jagung, kacang, ubi jalar dan padi. Kapas, jagung, dan kopi terdapat di Negara Ethiopia dan Sudan.

Pengelolaan pohon dan vegetasi lainnya di hutan merupakan kegiatan ekonomi yang penting di Afrika. Rata-rata, hasil hutan mencapai 6 persen dari Produk Domestik Bruto Afrika (PDB). Hasil hutan Afrika sangat berlimpah Afrika, dengan 0,8 hektar (2 hektar) per orang, dibandingkan dengan 0,6 hektar (1,5 hektar) secara global. Di tengah dan barat Afrika, hasil hutan menjadi penyumbang PDB paling besar.

Hasil hutan yang paling besar terdapat pada pohon mahoni dan okoume. Hutan ini sebagian besar ditemukan di Negara-negara Kongo Basin-Kamerun, Republik Afrika Tengah, Republik Kongo, Republik Demokratik Kongo, Gabon, dan Guinea. Hasil hutan ini biasanya diekspor ke Jepang, Israel, dan Uni Eropa. Mahoni dan okoume digunakan untuk membuat bangunan dari rumah, alat musik, dan pesawat ringan.

2)  Pertambangan


Berlian dari Benua Afrika

Sebagian Besar daerah di Benua Afrika berupa dataran tinggi yang keras dan luas. Namun, daerah ini mempunyai kekayaan tambang alam yang besar. Barang-barang tambangnya, antara lain tembaga, emas, uranium, dan timah yang terdapat di Negara Zaire. Mangan, krom, minyak bumi, tembaga, gas alam, dan emas terdapat di Negara Sudan. Emas, tembaga, mangan, dan platina terdapat di Negara Ethiopia. Minyak bumi, batu bara, timah, bijih besi, batu pualam, dan batu kapur terdapat di Negara Nigeria.

Benua Afrika adalah produsen utama dari penting logam dan mineral. Logam diekspor oleh Negara-negara Afrika termasuk uranium, yang digunakan untuk menghasilkan energi nuklir seperti platinum, yang digunakan dalam perhiasan dan aplikasi industri. Nikel, yang digunakan dalam stainless steel, magnet, koin, dan baterai isi ulang. Bauksit, aluminium utama bijih, dan kobalt, yang digunakan dalam pigmen warna.

Dua sumber daya yang paling menguntungkan mineral Afrika adalah emas dan berlian. Pada tahun 2008, Afrika memproduksi sekitar 483 ton emas, atau 22 persen dari total produksi dunia. Afrika Selatan menyumbang hampir setengah dari produksi emas Afrika. Ghana, Guinea, Mali, dan Tanzania adalah produsen utama emas lainnya. Afrika mendominasi pasar berlian global. Pada tahun 2008, benua yang dihasilkan 55 persen dari berlian di dunia. Botswana, Angola, Afrika Selatan, Republik Demokratik Kongo, dan Namibia adalah produsen terbesar Afrika yaitu berlian.

3)  Perikanan dan peternakan

Industri perikanan Afrika memberikan pendapatan lebih dari 10 juta orang dan memiliki nilai ekspor tahunan sebesar $ 2,7 miliar. Afrika memiliki perikanan pada semua yang laut pantai, serta pedalaman. The Great Lakesdan Sungai Nil misalnya, mendukung besar air tawar perikanan.


Sungai Nil di Benua Afrika

Afrika Barat adalah salah satu zona penangkapan ikan yang paling penting secara ekonomi di dunia, memproduksi 4,5 juta ton ikan pada tahun 2000. Namibia dan Afrika Selatan merupakan negara pengekspor ikan laut terbesar di Benua Afrika. Ikan kecil seperti ikan haring dan sarden merupakan hasil tangkapan yang paling umum di pantai Afrika. Afrika Great Lakes atau Danau Victoria adalah air tawar yang paling produktif perikanan di dunia. Di tempat tersebut memproduksi lebih dari 500.000 ton ikan. Usaha peternakan banyak diusahakan penduduk. Jenis hewan yang diternak adalah lembu, biri-biri, kambing, dan babi. Hasil peternakan Afrika Selatan terutama untuk mencukupi kebutuhan protein dalam negeri.


Domba Afrika

1 komentar untuk "Benua Afrika"

  1. Materi yang disampaikan memudahkan peserta didik untuk belajar dan mudah dipahami

    BalasHapus