Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas 7 D04

 Materi PAKat Kls 7 D04

Sekolah : SMP N1 Kalimanah

Kelas dan Semester : 7/ Semester Gasal

Pokok Bahasan : Bab II B Aku diciptakan sebagai Perempuan atau Laki-Laki

Kompetensi Dasar

1.3.Bersyukur atas dirinya telah diciptakan sebagai laki-laki atau perempuan yang sederajat. 

2.3.Santun terhadap perempuan dan laki-laki sebagai ciptaan Tuhan yang sederajat. 

3.3.Memahami sikap dan pandangan masyarakat tentang kesederajatan perempuan dan laki-laki. 

4.3.Melakukan aktivitas (misalnya menyusun doa/ puisi/ refleksi/ kliping) tentang kesederajatan perempuan dan laki-laki dalam hidup sehari-hari.

Indikator

Peserta didik mampu 

1.Menjelaskan hal-hal yang patut dibanggakan sebagai perempuan atau lakilaki. 

2.Menjelaskan perilaku atau kebiasaan yang perlu dikembangkan agar menjadi pribadi perempuan atau laki-laki yang membanggakan. 

3.Menjelaskan pandangan Gereja tentang perempuan atau laki-laki seperti yang diinspirasikan dalam Kejadian 1: 26–27; 2: 18, 21–23. dan Katekismus Gereja Katolik artikel 2333 dan 2334. 

4.Menyusun surat yang mengungkapkan kekaguman terhadap orang tua.

Jadwal/ Waktu :  Selasa, Pkl. 10.00 – 12.00

Sumber Literasi :

1.Kejadian 1: 26–27; 2: 18, 21–23.

2.Komkat KWI, Membangun Komunitas Murid Yesus, Buku Teks Pendidikan Agama Katolik untuk SMP Kelas VII, Yogyakarta, Kanisius, 2010. 

3.Gambar foto tentang penciptaan dan manusia.

        

                       Gambar 1                                            Gambar 2

https://www.google.com/search?q=penciptaan+laki+laki+dan+perempuan&sxsrf=ALeKk02ZnRSafxTf3NG204bJrXSEZkOENw:1597724472983&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwiayKS986PrAhXLT30KHSjFCmAQ_AUoAXoECAwQAw&biw=1366&bih=608

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

A.Doa Pembukaan : (Ciptakan suasana hening untuk berdoa. diawali dan ditutup dengan tanda salib).

Allah, Bapa Maha Pencipta, kami bersyukur karena Engkau telah menciptakan kami perempuan dan laki-laki seturut citra-Mu, dan Engkau mengaruniakan kepada kami masing-masing dengan keindahan dan kekhasan, supaya saling mengagumi dan saling memperkembangkan, demi keluhuran ciptaan-Mu dan demi kemuliaan nama-Mu. Amin.

C.PEMBAHASAN MATERI

1.Pengantar

Umumnya, remaja mempunyai kebanggaan terhadap keberadaan dirinya sebagai perempuan atau laki-laki. Tetapi kebanggaan tersebut sering disertai sikap terlalu membanggakan diri yang mengakibatkan tumbuhnya pandangan negatif tentang lawan jenis. Remaja laki-laki memandang bahwa perempuan itu cengeng, lemah. Sebaliknya, remaja perempuan sering memandang laki-laki sebagai keras dan kasar. Dengan demikian, kebanggaan yang terlalu besar terhadap keberadaan dirinya itu menutup diri mereka untuk mampu melihat hal-hal yang baik dan indah pada lawan jenisnya. Di lain pihak, ada juga sebagian kecil remaja yang merasa menyesal dilahirkan sebagai laki-laki atau sebagai perempuan. Rasa penyesalan tersebut biasanya muncul dalam berbagai ungkapan. Ada yang mengeluh terus, ada yang ingin melakukan operasi jenis kelamin, ada yang berupaya mengubah penampilan dirinya sebagai perempuan ataupun sebagai laki-laki, menyalahkan diri sendiri dan orang lain misalnya: orang tuanya atau lingkungan masyarakatnya. Bila hal tersebut sudah terjadi, maka sangat sulit baginya untuk mensyukuri hidup ini sebagai suatu anugerah Tuhan. 58 Buku Guru Kelas VII SMP Kitab Kej. 1: 26-28, mengisahkan tentang Allah menciptakan manusia sebagai perempuan dan laki-laki. Allah memberkati keduanya. Setiap orang diciptakan dengan keindahan sendiri-sendiri. Allah mempunyai maksud khusus menciptakan manusia sebagai laki-laki atau perempuan, yakni agar saling melengkapi dan saling mengembangkan satu sama lain. Oleh karena itu, mereka dibutuhkan dan membutuhkan lawan jenisnya (lih. Kej. 2: 18-25). Dengan cara itulah, manusia saling menyempurnakan sebagaimana yang diharapkan Allah sejak semula. Melalui penemuan akan nilai-nilai positif dari keberadaan mereka sebagai lakilaki atau perempuan, peserta didik diharapkan dapat menerima dirinya menjadi perempuan atau laki-laki sebagai anugerah Allah yang patut disyukuri, serta terpanggil untuk mengembangkan diri sebagai laki-laki atau perempuan menuju kesempurnaan sebagai citra Allah. Para peserta didik juga diharapkan tumbuh dalam penghargaan dan penghormatan kepada kaum perempuan dan laki-laki.

2.Uraian Materi

Mendalami Pandangan Kitab Suci tentang Perempuan dan Laki-Laki 

(Silakan peserta didik untuk membaca dan merenungkan teks Kitab Suci berikut ini.) 

Kejadian 1: 26–27; 2: 18, 21–23. 1:26 

Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.” 27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. 2:18 Tuhan Allah berfirman: “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.” 21 Lalu Tuhan Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, Tuhan Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging. 22 Dan dari rusuk yang diambil Tuhan Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu. 23 Lalu berkatalah manusia itu: “Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki.

3.Gagasan Pokok

1.Allah menciptakan manusia laki-laki dan perempuan dan kepadanya masing-masing dilengkapi dengan kebaikan dan keindahan. Semua itu, baik adanya. Allah memberkati dan mengasihi keduanya, mereka begitu berharga di mata Allah.

2.Kita patut bersyukur karena Allah mempunyai maksud khusus dengan menciptakan kita sebagai laki-laki atau perempuan, yakni supaya melengkapi dan mengembangkan satu terhadap yang lain. Dengan kata lain, laki-laki dan perempuan bersifat komplementer (lih. Kejadian 2: 18-25). Mereka saling membutuhkan dan saling bergantung satu sama lain. Lakilaki tidak dapat hidup tanpa perempuan, dan sebaliknya perempuan tidak dapat hidup tanpa laki-laki. 

3.Kita patut bangga terhadap anugerah yang melekat pada diri kita dan mensyukurinya.

D.Refleksi

Duduklah dalam keadaan hening dan memejamkan mata, untuk merenungkan refleksi berikut.banyak orang dikagumi dan dibanggakan bukan semata-mata karena kecantikan atau kegantengannya, melainkan karena sikap dan karakter serta perbuatan baiknya. Kalian tentu sudah mengetahui hal tersebut dari pengalaman kalian bukan? Coba saja amati!Sekalipun ia cantik atau ganteng melebihi bintang film, tetapi bila ia pribadi yang sombong dan suka memfitnah, siapa yang akan menyukai dia ?

Sekalipun ia cantik atau ganteng tetapi bila dia sering berbohong; siapa yang akan menyukainya?  Tetapi sebaliknya, Sekalipun ia berwajah biasa-biasa saja, tetapi ia sopan dan senang menolong;  pastilah ia disukai banyak orang Sekalipun ia tidak terlalu pandai, tetapi jujur dan taat beribadat, pastilah banyak orang menyukainya  Bila demikian. mau menjadi perempuan atau laki-laki yang seperti apa agar kalian dapat menjadi kebanggaan teman-teman, guru, dan orang tua ?

Doa Penutup

Ya Allah, Bapa yang mahabaik, terima kasih atas perlindungan-Mu sepanjang malam tadi. Terima kasih pula karena Yesus yang Kau utus menjadi sahabat anak-anak; Dia selalu menemani aku. Terima kasih juga atas Roh Kudus yang Kau utus untuk membimbing aku. Semoga hari ini aku setia mendengarkan bisikan-Nya. Bapa, berkatilah orang tuaku, pengasuh, pendidik, sanak-saudaraku, dan teman-temanku. Bantulah juga mereka yang bersusah hati, sakit, dan menderita. Semoga mereka merasakan penghiburan dari-Mu. Aku mohon bimbingan-Mu, ya Bapa, supaya hari ini aku selalu berlaku sopan dan melaksanakan tugas tugas ku dengan baik; rajin membantu dirumah dan ramah kepada teman -teman.  Ya Bapa, utuslah santo/a pelindungku, para malaikat pelindung, dan Bunda Maria sendiri, supaya mendampingi aku sepanjang hari ini. Ini semua aku mohon dengan pengantaraan Yesus, Tuhanku.

https://pendalamanimankatolik.com/doa-pagi/


Posting Komentar untuk "Materi Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas 7 D04"