Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengaruh Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang di Asia dan Benua Lainnya

Interaksi antar ruang ini merupakan salah satu interaksi yang penting. Pentingnya interaksi antar ruang ini tidak hanya dirasakan oleh antarmanusia, tapi juga oleh bidang-bidang lain,seperti ekonomi, sosial budaya, politik, dan pendidikan. Ruang adalah tempat di permukaan bumi yang bisa dimanfaatkan makhluk hidup untuk tinggal, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian. Sedangkan interaksi adalah suatu proses yang sifatnya timbal balik dan mempunyai pengaruh terhadap tingkah laku. Interaksi ini bisa terjadi baik secara langsung maupun tidak langsung. Interaksi antar ruang adalah cara mengelola ruang-ruang berdasarkan potensi dan permasalahannya serta keterkaitan suatu ruang dengan ruang-ruang yang ada di sekitarnya. Jenis-jenisnya antara lain berupa pergerakan orang, barang, dan informasi. Berikut penjelasannya.

Gambar Alat Transportasi yang Membantu Pergerakan Barang dan Orang

Interaksi dapat terjadi dalam bentuk perjalanan menuju tempat kerja, migrasi, perjalanan wisata, pemanfaatan fasilitas umum, pengiriman informasi atau modal, perdagangan internasional, dan lain-lain. Interaksi dalam bentuk pergerakan manusia disebut mobilitas penduduk, interaksi melalui perpindahan gagasan dan informasi disebut komunikasi, sedangkan interaksi melalui perpindahan barang atau energi disebut transportasi.

Interaksi tersebut terjadi jika ongkos untuk melakukan interaksi antardaerah asal dan tujuan lebih rendah dari keuntungan yang diperoleh. Contohnya, seorang yang pergi tempat kerja karena penghasilannya mampu menutupi ongkos yang dikeluarkannya. Ada beberapa kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi keruangan, yaitu saling melengkapi (complementarity), kesempatan antara (intervening opportunity), dan keadaan dapat diserahkan/dipindahkan (transferability)

1. Pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan ekonomi
Ada berapa aspek yang berpengaruh sih dalam suatu interaksi antar ruang, khususnya dibidang ekonomi. Ada 5 aspek yang berpengaruh, Kelima aspek tersebut adalah aspek produksi, aspek pembiayaan, aspek tenaga kerja, aspek jaringan informasi, dan aspek perdagangan.
a. Pada aspek produksi, fokusnya adalah bagaimana suatu perusahaan bisa melakukan produksi di berbagai negara supaya biaya produksinya menjadi lebih rendah.
b. Sedangkan aspek pembiayaan bertujuan supaya sebuah perusahaan, khususnya perusahaan global, memiliki akses untuk memperoleh pinjaman atau melakukan investasi di berbagai negara.

Gambar Salah Satu Perusahaan Manufaktur Kendaraan Bermotor di Pusat Industri

 
c. Aspek tenaga kerja menitikberatkan pada kemampuan suatu perusahaan untuk memanfaatkan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhannya. Tenaga kerjanya ini tidak hanya tenaga kerja lokal. Tapi juga tenaga kerja asing dari berbagai negara yang berbeda-beda.
d. Aspek jaringan informasi ini lebih menekankan pada kemudahan untuk mendapatkan informasi dari negara-negara lain di seluruh dunia karena sudah adanya kemajuan teknologi. Dengan semakin meluasnya jaringan informasi ini, kegiatan perekonomian antar negara juga bisa menjadi semakin mudah.
e. Aspek terakhir ini namanya aspek perdagangan. Aspek perdagangan ini melakukan penurunan dan penyeragaman tarif, serta mencoba menghapus berbagai hambatan non tarif yang bisa membuat kegiatan perekonomian tersendat.

Interaksi ruang antarnegara membawa dampak positif dan negatif.
a. Dampak Positif
Berikut dampak positif dari adanya perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan ekonomi.
1) Akses modal dari luar negeri semakin mudah
2) Pasar terbuka untuk produk-produk ekspor.
3) Kesempatan kerja di dalam maupun luar negeri
4) Akses investasi ke luar maupun ke dalam negeri semakin mudah.
5) Mudah mendapatkan barang yang belum diproduksi di Indonesia.
6) Kegiatan pariwisata akan meningkat

b. Dampak Negatif
Berikut dampak negatif dari adanya perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan ekonomi.
1) Rusaknya alam Indonesia karena peningkatan produksi yang tidak ramah lingkungan.
2) Hilangnya pasar produk Indonesia karena kalah bersaing
3) Usaha-usaha di Indonesia bangkrut karena banyak produk impor.
4) Masuknya tenaga kerja asing.

2. Pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan sosial
Berikut adalah dampak perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan sosial.
a. Dampak Positif
Pengaruh positif dan interaksi antarruang terhadap kegiatan sosial antarnegara antara lain sebagai berikut.
1) Terciptanya solidaritas antarnegara. Hal ini akan meningkatkan kerja sama dalam berbagai bidang antarnegara di dunia.
2) Terdapat upaya mendorong isu-isu kebijakan yang terkait dengan upaya pencapaian kesejahteraan sosial dan pembangunan antarnegara negara di dunia.

b. Dampak Negatif
Pengaruh negatif dari interaksi antarruang terhadap kegiatan sosial antarnegara antara lain sebagai berikut.
1) Penanaman modal dari negara-negara di berbagai daerah jangan sampai bertentangan dengan kehidupan sosial masyarakat daerah-daerah tersebut. Justru kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat daerah perlu diperbaiki dan ditingkatkan.
2) Dapat muncul sikap negatif seperti konsumerisme dan hedonisme menghadapi masuknya berbagai produk menarik dari negara-negara di Asia. Produk-produk yang dibeli bisa jadi belum tentu dibutuhkan, namun tetap dibeli demi kepuasan pribadi atau agar dianggap positif oleh orang lain.

3. Pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan budaya
Berikut adalah dampak adanya perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan kebudayaan.
a. Dampak Positif
Pengaruh positif dari interaksi antarruang terhadap kegiatan budaya antarnegara antara lain sebagai berikut.
1) Kekayaan budaya antarnegara di dunia ditampilkan melalui berbagai kegiatan. Hal ini dapat meningkatkan ketertarikan dan kepedulian warga negara di dunia terhadap budaya Negara-negara Asia.
2) Kekayaan budaya negara-negara Asia diketahui warga negara-negara dunia. Hal ini dapat mendorong kedatangan turis, baik dari Negara-negara Asia maupun dari negara-negara di luar Asia.

b. Dampak Negatif
Pengaruh negatif dari interaksi antarruang terhadap kegiatan budaya antarnegara antara lain sebagai berikut.
1) Masyarakat khususnya di Asia dapat melihat berbagai budaya di negara-negara luar Asia. Dikhawatirkan ada budaya asli setiap Negara Asia yang tersisihkan, kalah bersaing dengan budaya dari Negara Asia atau luar Asia lain,
2) Pengaruh budaya dari negara-negara luar Asia masuk ke Asia. Dikhawatirkan ada budaya asing yang kurang sesuai dengan budaya Asia. Maka setiap budaya asing harus disaring dengan baik dan tidak boleh diterima bulat-bulat.

Gambar Turis Asing yang Berada di Bali

3) Sebagian kebudayaan daerah dipromosikan agar disaksikan dan dinikmati turis asing, termasuk dari Negara-negara Asia. Kebudayaan daerah tersebut dikhawatirkan berubah dari aslinya dan lebih mengikuti selera para turis asing. Agar hal ini tidak terjadi, kebudayaan daerah harus terus kita rawat dan jaga dengan baik.

4. Pengaruh Perubahan dan Interaksi Ruang Antarnegara terhadap Kehidupan Politik
Berikut adalah dampak adanya perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan politik.
a. Dapat menjalin suatu hubungan kerja sama antar negara di dunia.
b. Membentuk suatu relasi yang positif.
c. Terjadi hubungan mutualisme yang saling bermanfaat bagi negara anggota.

5. Pengaruh Perubahan dan Interaksi Ruang Antarnegara terhadap Pendidikan
Berikut adalah dampak adanya perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan pendidikan.
a. Adanya pertukaran pelajar yang dilakukan oleh antar bangsa.
b. Saling bekerja sama untuk meningkatkan kualitas pendidikan antar-negara, saling membantu mencerdaskan bangsa, serta saling bertukar pendapat untuk memajukan bidang pendidikan.
c. Peningkatan kualitas sumber daya manusia negara agar mampu bersaing baik di tingkat regional maupun internasional

3 komentar untuk " Pengaruh Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang di Asia dan Benua Lainnya"