Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IPA 8 : Struktur Jaringan Tumbuhan Beserta Fungsinya (Pertemuan 2)

 Pertemuan ke 2

Pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai bagian pada tumbuhan dan jaringan pembentuknya pada akar dan batang, masih ingatkan bagaimana struktur dan fungsinya?

Nah pada pertemuan kali ini kita akan membahas bagian tanaman berupa daun .

Bagaimanakah struktur dan fungsi daun? Yuk kita pelajari bersama.

Struktur dan Fungsi Daun.

 

Coba perhatikan daun mangga tersebut ! apakah bentuk dan fungsinya  sama dengan akar atau batang? Dimanakah kalian akan dapati daun pada tanaman? Ya menempel  di bagian batang dan umumnya berada di atas permukaan tanah selalu mencari sinar matahari mengapa demikian? Adakah hubungan dengan fungsi daun?

Daun merupakan organ terpenting bagi tumbuhan dalam melangsungkan hidupnya. Daun juga mempunyai  bagian-bagian yang berperan penting untuk membantu proses pertumbuhan pada tumbuhan.Daun sering kita temukan dalam bentuk  helaian yang tipis ,berwarna hijau karena mengandung klorofil  dan selalu terpapar cahaya.

Apabila kita iris bagian daun dan menelitinya dengan mikroskop maka kita akan dapatkan bagian sebagai berikut 

 


Daun yang terlihat tipis namun ketika kita teliti dengan mikroskop ada bagian jaringan yang menyusunnya.

Struktur jaringan dalam daun umumnya tersusun atas :

1. Epidermis merupakan lapisan terluar yang menutup permukaan atas dan bawah daun. Fungsinga adalah untuk melindungi jaringan daun yang ada dibawahnya. Epidermis juga dilapisi lapisan lilin atau kutikula yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penguapan yang lebih besar, bagaian tertentu  beberapa sel  epdirmis berupa menjadi stomata atau mulut daun yang berfungsi untuk pertukaran gas. Untuk daun yang tumbuh mendatar stomata biasanya terdapat banyak di bagian  bawah permukaan daun, sedangkan untuk daun yang  posisinya tegak stomata terdapat pada bagian kedua sisi daun dan untuk tumbuhan air stomata banyak ditemukan pada bagian atas permukaan daun.

2. Jaringan parenkim jaringan ini terdiri dari jaringan palisade atau jaringan tiang dan jaringan bunga karang atau spon. Kedua jaringan tadi merupakan jaringan mesofil atau daging daun. Pada jaringan ini pula terdapat klorofil yang sangat penting untuk proses fotosintesis.

3. Jaringan Pengangkut ,jaringan ini terdapat pada tulang daun, jaringan pengangkut ini berupa jaringan floem dan xylem yang merupakan kelanjutan dari jaringan pengangkut pada akar, batang kemudian berakhir pada ujung atau tepi daun, yang berfungsi sebagai alat transport dan sebagai penguat daun.

4. Jaringan tambahan daun, jaringan tambahan meliputi sel-sel khusus yang umumnya terdapat pada mesofil daun, misalnya sel-sel kristal dan kelenjar.

Secara morfologi dan anatomi daun merupakan organ tumbuhan yang paling beragam. Sistem tulang daun menunjukkan cara tulang daun tersusun dalam helaian daun. Menurut susunan tulang daunnya dikenal:




 



1. Bertulang melengkung  (curvinervis) Jika di bagian atas ujung daun tulang tulang menyatu.

2. Bertulang menjari ( palminervis) , cabang tulang daun terpencar dari satu titik pada pangkal ibu tulang.

3. Bertulang lurus ( rectinervis)  biasanya ditemukan pada daun rumput rumputan

4. Bertulang menyirip ( penninervis ) cabang keluar di sepanjang ibu tulang daun.

Dapatkah kalian memberi contoh daun yang memiliki bentuk tulang daun melengkung,menjari, sejajar dan menyirip….?


Proses Fotosintesis Pada Daun

Proses fotosintesis adalah salah satu ciri dan kegiatan penting yang dilakukan oleh tumbuhan.

Tumbuhan, berbeda dengan jenis organisme lainnya, mereka bisa menghasilkan makanan sendiri lewat proses fotosintesis tersebut.Namun fotosintesis tidak akan terjadi apabila semua syaratnya belum terpenuhi.

Nah, karena tumbuhan sangat bermanfaat untuk manusia, tidak ada salahnya apabila kita mulai mengenal bagaimana cara tumbuhan bertahan hidup.

Mulai dari bagaimana mereka bisa menghasilkan makanan sendiri, sampai apa saja syarat terjadinya fotosintesis.

 








Adapun Reaksi kimia pada fotosintesis sebagai berikut:


 

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Proses Fotosintesis

Fotositesis sendiri tidak akan terjadi apabila tumbuhan hijau tidak memenuhi 4 faktor dibawah ini.

1. Klorofil

Untuk bisa melakukan proses fotosintesis dengan sempurna, tumbuhan harus memiliki klorofil atau zat hijau daun untuk bisa menghasilkan makanan sendiri. Klorofil sendiri adalah zat hijau tumbuhan yang paling penting dalam proses fotosintesis.

 



2. Cahaya Matahari

Ini merupakan faktor terpenting kedua, yang menentukan proses fotosintesis bisa terjadi atau tidak. Bisa dibilang, tumbuhan tidak akan bisa melakukan fotosintesis jika tidak ada cahaya matahari.Itulah mengapa, fotosintesis selalu terjadi pada siang hari. Tepat dimana cahaya matahari sedang terik-teriknya.Semakin tinggi intensitas cahaya matahari, maka semakin cepat mekanisme fotosintesis yang terjadi. Dan semakin banyak pula zat makanan yang dihasilkan.


3. Air atau H2O

Air juga sangat penting untuk tumbuhan melakukan fotosintesis. Namun jika sekiranya tumbuhan tidak mendapatkan air yang cukup dari hujan, setidaknya masih ada akar yang bisa menyerap sisa-sisa air di tanah. Kemudian, jika tumbuhan mengalami kekeringan, maka jaringan stomata pada daun akan tertutup. Dan hal itu akan membuat fotosintesis tidak berjalan dengan sempurna.


4. Karbondioksida (CO2)

Komposisi untuk fotosintesis akan lengkap jika kebutuhan karbondioksida sudah terpenuhi. Dimana karbondioksida yang digunakan adalah hasil sisa respirasi dan manusia dan juga hewan. Jadi semakin banyak karbondioksida yang diserap oleh jaringan stomata tumbuhan, maka semakin sering tumbuhan melakukan fotosintesis.


Bagaimana Proses Fotosintesis Terjadi?


Jika sebelumnya kamu belum tau, bagaimana sih proses fotosintesis yang sebenarnya? Berikut penjabaran secara lengkapnya


1) Karbondioksida yang ada disekitar tumbuhan, langsung diserap melalui jaringan stomata yang ada di daun

2) Air yang ada disekitar tanaman, langsung diserap melalui akar dan di teruskan ke daun melalui batang-batang tumbuhan

3) Tepat disiang hari, intensitas cahaya yang turun langsung ditangkap oleh klorofil untuk proses fotosintesis

4) Energi sinar matahari yang sudah ditangkap tadi, langsung akan mengubah air menjadi oksigen dan hydrogen

5) Terakhir, hidrogen yang sudah dihasilkan tadi akan langsung digabungkan dengan karbondioksida untuk menghasilkan zat makanan untuk kebutuhan tumbuhan tersebut. Sisanya, oksigen akan langsung dilepaskan ke udara melalui stomata.

Oleh karena itu, penting sekali menjaga dan memelihara tumbuhan untuk terus hidup. Karena tumbuhan mampu menjaga tingkat oksigen yang tersebar di udara dan mampu menghasilkan bahan makanan yang diperlukan manusia dan hewan.



Fungi Daun

1. Daun merupakan organ tanaman yang berfungsi untuk fotosintesis.

2.  Penguapan (transpirasi)

3. Transportasi  

4. Beberapa jenis tumbuhan daun berisi cadangan makanan.


Demikian materi pada pertemuan kedua ini.  Selanjutnya silahkan anak-anak membuat rangkuman di buku catatan kalian yaaa.......


Selamat belajar.....

Jaga kesehatan....

dan tetap semangat.......

Posting Komentar untuk "IPA 8 : Struktur Jaringan Tumbuhan Beserta Fungsinya (Pertemuan 2)"