Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LEMBAGA SOSIAL

 LEMBAGA SOSIAL 

Lembaga Sosial adalah kelompok sosial yang terbentuk adanya nilai , kepribadian ,adat istiadat,norma, dan unsur lainnya yang berkembang dalam ruang lingkup masyarakat .

Jenis -Jenis lembaga Sosial.

1.Lembaga Keluarga,( kelompok sosial yang terdiri atas 2 orang atau lebih yang mempunyai ikatan darah,perkawinan,atau adopsi.

Keluarga terbentuk atas satuan sosial yang terbatas.,yaitu 2 orang (laki-laki dan wanita) yang mengadakan ikatan tertentu yang disebut perkawinan. 

2.Lembaga Agama (mengarahkan manusia sesuai nilai kebenaran yang sangat berguna bagi kehidupan seseorang dan dapat menuntun kehidupan yang hakiki di akherat).

Dalam ajaran agama terkandung 2 macam dimensi yaitu vertikal dan horisontal , secara vertikal agama mengatur hubungan manusia dengan Tuhan, dan dimensi horisontal mengajarkan manusia selalu berbuat baik kepada sesamanya.

3.Lembaga Ekonomi ( lembaga yang menangani masalah pemenuhan kebutuhan manusia material yakni mengatur kegiatan produksi,konsumsi dan distribusi.)

Berdasarkan pasal 33 UUD 1945 terdapat 3 lembaga perekonomian yang ada di Indonesia yaitu

-BUMN

-BUMS.

-KOPERASI 


4.Lembaga Pendidikan ( lembaga atau tempat berlangsungnya proses pendidikan yang dilakukan dengan tujuan mengubah tingkah laku individu ke arah yang lebih baik.)

Jenis -jinis lembaga pendidkan :

-Pendidikan Informal (proses yang berlangsung sepanajng usia )

-Pendidikan Non Formal 

-Pendidkan Formal.

5.Lembaga Budaya.(lembaga publik dalam suatu negara yang berperan dalam pengembangan budaya ,ilmu pengetahuan ,seni,dan pendidikan pada masyarakat yang ada pada suatu daerah atau negara)

6.Lembaga Politik (memusatkan perhatian pada sekelompok masalah yang menyangkut perjuangan untuk memperoleh kekuasaan )

Lembaga politik yang ada di Indonesia ;

-MPR

-DPR.

-MA.

-MK.

-DPD

-KPU

-BPK.

7.Lembaga Hukum(lembaga yang memiliki sekumpulan peraturan yang di buat oleh pihak-pihak yang berwenang demi mewujudkan ketentraman bersama..

Pilar lembaga hukum di Indonesia antara lain;

-Polisi.yang bertugas sebagai penyidik dengan mencari barang bukti.

-Jaksa yaitu seseorang yang menyampaikan dakwaan dalam proses peradilan.

-Hakim yaitu berwenang memberikan keadilan dan memutusakn perkara tertentu yang sedang dipersengketaan dalam proses peradilan.


Posting Komentar untuk " LEMBAGA SOSIAL"