Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kerajinan IX/1: Materi-2 KERAJINAN BAHAN KERAS ALAM DAN BUATAN

KERAJINAN BAHAN KERAS ALAM DAN BUATAN
 

A.   Kerajinan Bahan Keras Alam


Bahan keras alam adalah  bahan untuk karya kerajinan yang diperoleh dari alam sekitar dan  merupakan  sumber daya alam baik hutan, bumi, maupun perairan Indonesia.
1. Kerajinan Bahan Kayu

Kerajinan ukir kayu sangat terkenal di Indonesia, terutama untuk daerah Jepara, Yogyakarta, Cirebon, Toraja, Palembang, Kalimantan, dll. Setiap motif ukir memiliki nilai keindahan dan keunikan serta makna simbolis yang penuh perlambang dan nasihat
Contoh ragam hias ukir kayu Jepara


Contoh ragam hias ukir kayu Toraja


Contoh ragam hias ukir kayu Cirebon


2.  Kerajinan Bahan Bambu


Produk kerajinan bambu saat ini tampil dengan desain menarik dan artistik. Bahan dasar bambu banyak digunakan untuk aneka kerajinan anyaman seperti keranjang, tirai, dinding, sangkar, dll. Suling Bambu dan Angklung jenis alat musik dari jenis kerajinan bambu yang hanya ada di Indonesia.
3.     Kerajinan Bahan Rotan

Rotan adalah sejenis kelompok palma yang hidup memanjat atau merambat. Teknik pengolahan rotan menjadi sebuah bentuk kerajinan cukup rumit. Dimulai dari proses penggorengan, pengeringan, pelurusan, pemutihan hingga pengawetan. Kesemuanya dilakukan agar rotan bisa digunakan sebagi bahan baku kerajinan. Kerajinan anyaman rotan dilihat dari teknik menganyamnya cukup ribet, karena bahan baku rotannya tidak boleh patah. 

B.  Kerajinan Bahan Keras Buatan


1.      Kerajinan Kaca
Kaca merupakan materi bening dan transparan (tembus pandang) yang dihasilkan dari campuran silikon. Kerajinan lukis kaca adalah jenis kerajinan yang menampilkan gaya lukisan  di atas media kaca dengan gaya lukisan dekoratif dan dibuat dengan banyak elemen hiasan pada setiap ornamen yang digunakan. Selain luis kaca ada juga kaca patri. Perbedaanya kalau lukis kaca dibuat dengan cara melukis kaca seuai pola yang diletakan di bawahnya, sedangkan kaca patri menggunakan teknik mematri pada bagian sambungan kaca. Pada lukis kaca maupun kaca patri terdapat garis luar (out line) yang dibuat dengan warna yang tegas, seperti hitam, emas dan perak.
Contoh Gambar Lukisan Kaca


           Contoh Gambar Kaca Patri


            Contoh Glass Painting (lukisan pada gelas)




2.     Kerajinan Logam
Bahan kerajinan kategori logam banyak macamnya, seperti emas, perak, perunggu, kuningan, besi, stailess, tembaga, dll. Daerah penghasil kerajinan emas, antara lain Kalimantan Selatan dan Jawa. Kerajinan perak didaerah Kota Gedhe (Yogyakarta), Sumatra Barat, Celuk (Bali). Logam banyak dibuat sebagai perhiasan atau aksesories, benda hias dan fungsionak lainnya, seperti teko, piala, peralatan rumah tangga dan dapur. Sifat logam yang keras sehingga dalam pembuatannya memerlukan teknik yang tidak mudah, seperti teknik bakar/pemanasan dan juga tempa.
            Contoh  Kerajinan Besi


              Contoh Kerajinan Perak

               
               Contoh kerajianan perunggu



                 Contoh Kerajinan Kuningan



Catatan :
Pelajari dengan baik materi Kerajinan Bahan Keras Alam dan Buatan, tunggu perintah selanjutnya dipertemuan berikutnya ! Sekarang kerjakan dan segera kirim ke link yang telah ditentukan  Tugas-1 dan Lembar Kerja-1 yang ada di Matri-1 ( https://www.guruspensaka.com/2020/09/materi-1-prakarya-kerajinan-kelas-9.html ) terlebih dahulu.

Selamat Belajar !!

Posting Komentar untuk " Kerajinan IX/1: Materi-2 KERAJINAN BAHAN KERAS ALAM DAN BUATAN"