Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MATERI BAHASA INDONESIA KELAS VIII : Menelaah Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi

 


C. Menelaah Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi

Semangat pagi para siswa SMP N 1 Kalimanah. Apa kabarmu? Semoga baik baik saja. Oke kita lanjutkan pembelajaran yang kemarin. Teks eksposisi bersifat riil, nyata, dan ilmiah atau dapat dikatakan sebagai teks nonfiksi. 

eksposisi memiliki tujuan memberikan informasi dengan sejelas-jelasnya dari penulis kepada pembaca.

1.    Struktur Teks Eksposisi

Ragam teks eksposisi sering digunakan dalam konteks komunikasi sehari-hari secara lisan maupun tulisan. Eksposisi dapat disebut sebagai paparan proses. Teks eksposisi juga memiliki struktur yang membangunnya. Adapun struktur teks eksposisi meliputi hal-hal berikut.

a.    Tesis, yaitu pengenalan isu, masalah ataupun pandangan penulis secara umum tentang topik yang akan dibahas. Tesis ini berisikan pendapat penulis yang secara pribadi terkait pada topik yang akan dibahas dari paragraf tersebut. Bagian tesis sering juga disebut sebagai bagian dari pembukaan sebuah teks tersebut.

b.    Rangkaian argumen, pendapat atau argumen penulis berguna sebagai penjelasan dari tesis yang dijelaskan sebelumnya. Biasanya berisi fakta-fakta untuk memperkuat argumen- argumen penulis. Terdapat pada paragraf kedua dan paragraf ketiga. Pada paragraf ketiga terdapat juga fakta-fakta yang mendukung tesis/pendapat. Pada paragraf kedua merupakan pendapat dari penulis mengenai tesis.

c. Penegasan ulang, perumusan kembali secara ringkas. Biasanya bagian ini disebut dengan penutup atau simpulan. Terdapat pada paragraf terakhir, yang mengulang tesis tetapi tidak secara langsung yaitu pada kalimat.

2.    Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi

Teks eksposisi sama seperti teks lain, memiliki kaidah kebahasaan. Adapun kaidah kebahasaan teks eksposisi yang digunakan dalam pembuatan teks eksposisi antara lain sebagai berikut.

a.    Kata Leksikal

1) Nomina (kata benda) merupakan kata yang mengacu pada benda, baik nyata maupun abstrak. Contoh nomina dasar, yaitu kata-kata yang memiliki kata dasar, seperti gambar, pisau, rumah, dan lain-lain. Adapun nomina turunan, seperti perbuatan, pembelian, kekuatan, dan lain-lain.

2) Verba (kata kerja) merupakan kata yang mengandung makna dasar perbuatan, dan proses atau keadaan yang bukan sifat, seperti mandi, pergi, tinggal, tiba, dan lain-lain.

3)    Adjektiva (kata sifat) yang digunakan sebagai ungkapan sifat atau keadaan orang, benda dan binatang seperti, cantik, gagah, indah, menawan, berlebihan, dan lain sebagainya.

4)    Adverbia (kata keterangan) yang memberikan informasi berupa keterangan waktu, tempat, suasana, alat, cara dan lain-lain contohnya, di-, ke-, sini, sana, mana, saat, ketika, dan lain-lain.

b.   Konjungsi

Konjungsi dapat digunakan dalam teks eksposisi untuk memperkuat argumentasi. Suatu jenis konjungsi dapat digunakan dengan menggabungkannya dengan konjungsi yang sejenis dalam suatu kalimat yang saling berhubungan sehingga membentuk keterkaitan makna antarkalimat. Dapat pula mengombinasikan beberapa jenis konjungsi dalam suatu teks, sehingga tercipta keharmonisan makna maupun struktur.

c.    Pronomina

Pronomina merupakan jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina.

Pronomina dapat diklasifikasikan menjadi dua macam, yaitu sebagai berikut.

1) Pronomina persona (kata ganti orang), yaitu persona tunggal, misalnya seperti ia, dia, anda, kamu, aku, saudara, -nya, -mu, -ku, dan si-; serta persona jamak, misalnya kita, kami, kalian, mereka, hadirin, dan para.

2)    Pronomina nonpersona (kata ganti bukan orang), yaitu pronomina penunjuk seperti

ini, itu, sini, situ, dan sana; serta pronominal penanya, seperti apa, mana, dan siapa.



Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini di buku tugasmu !

1. Tuliskan struktur teks eksposisi!

Jawab:.......................................................................................................................................

2. Jelaskan tentang struktur rangkaian argumen dalam teks eksposisi!

Jawab:.......................................................................................................................................

3. Sebutkan kaidah kebahasaan teks eksposisi!

Jawab:......................................................................................................................................

4. Bacalah teks berikut!

Globalisasi memberikan dampak berupa perubahan pada pasar internasional. Salah satunya

adalah liberalisasi perdagangan yang dipandang sebagai suatu upaya untuk meningkatkan

daya saing ekonomi.

Sebutkan struktur yang membangun teks eksposisi tersebut!

Jawab:.....................................................................................................................................

5.      Bacalah teks berikut!

        World Trade Organization (WTO) atau Organisasi Perdagangan Dunia merupakan satu-                            satunya badan internasional yang secara khusus mengatur masalah perdagangan antarnegara.                 Sistem perdagangan multilateral WTO diatur melalui suatu persetujuan yang berisi aturan-                    aturan dasar perdagangan internasional sebagai hasil perundingan yang telah ditandatangani                    oleh negara-negara anggota.

Sebutkan konjungsi yang terdapat teks eksposisi tersebut!

Jawab:.....................................................................................................................................


Posting Komentar untuk "MATERI BAHASA INDONESIA KELAS VIII : Menelaah Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi"