Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor Penyebab dan Penghambat Perubahan Sosial Budaya

Selain faktor penyebab dan penghambat perubahan sosial budaya kita juga harus memahami mengenai teori perubahan sosial budaya, akibat adanya perubahan sosial budaya, tipe masyarakat dalam menyikapi perubahan sosial budaya, dan juga pengaruh atau dampak dari adanya perubahan sosial budaya terhadap perilaku masyarakat yang ada di Indonesia.

Berikut faktor penyebab dan penghambat perubahan sosial budaya.

1)  Faktor-Faktor Penyebab Perubahan Sosial Budaya
Berikut faktor penyebab perubahan sosial budaya.
a)  Sistem terbuka masyarakat

Sistem terbuka memungkinkan adanya gerak sosial vertikal atau horizontal yang lebih luas kepada anggota masyarakat. Masyarakat tidak lagi mempermasalahkan status sosial dalam menjalin hubungan dengan sesamanya. Hal ini membuka kesempatan kepada para individu untuk dapat mengembangkan kemampuan dirinya.

Foto Pemilihan umum sebagai representasi demokrasi merupakan sistem terbuka yang memungkinkan seseorang menduduki sebuah jabatan publik

b)  Heterogenitas penduduk

Di dalam masyarakat heterogen yang mempunyai latar belakang budaya, ras, dan ideologi yang berbeda akan mudah terjadi pertentangan yang dapat menimbulkan kegoncangan sosial. Keadaan demikian merupakan pendorong terjadinya perubahan-perubahan baru masyarakat dalam upayanya untuk mencapai keselarasan sosial.

c)   Orientasi ke masa depan

Pemikiran yang selalu berorientasi ke masa depan akan membuat masyarakat selalu berpikir maju dan mendorong terciptanya penemuan-penemuan baru yang disesuaikan dengan perkembangan dan tuntutan zaman.

d)   Ketidakpuasan masyarakat terhadap bidang-bidang tertentu

Ketidakpuasan yang berlangsung lama di kehidupan masyarakat dapat menimbulkan reaksi, berupa perlawanan, pertentangan, dan gerakan revolusi untuk mengubahnya.

e)  Nilai bahwa manusia harus senantiasa berikhtiar untuk memperbaiki hidupnya

Ikhtiar harus selalu dilakukan manusia dalam upaya memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas dengan menggunakan sumber daya yang terbatas.

f)  Adanya kontak dengan kebudayaan lain

Kontak dengan kebudayaan lain dapat menyebabkan manusia saling berinteraksi dan mampu menghimpun penemuan-penemuan baru yang telah dihasilkan. Penemuan-penemuan baru tersebut dapat berasal dari kebudayaan asing atau merupakan perpaduan antara budaya asing dengan budaya sendiri. Proses tersebut dapat mendorong pertumbuhan suatu kebudayaan dan memperkaya kebudayaan yang ada.

g)   Sistem pendidikan formal yang maju

Pendidikan memberikan nilai-nilai tertentu bagi manusia, terutama membuka pikiran dan membiasakan berpola pikir ilmiah, rasional, dan objektif. Hal ini akan memberikan kemampuan manusia untuk menilai apakah kebudayaan masyarakatnya dapat memenuhi perkembangan zaman atau tidak.

 

Foto Sekolah sebagai salah satu saluran yang dapat merubah status dan peranan seseorang di masyarakat

 
h)  Sikap menghargai hasil karya orang lain

Penghargaan terhadap hasil karya seseorang akan mendorong seseorang untuk berkarya lebih baik lagi, sehingga masyarakat akan semakin terpacu untuk menghasilkan karya-karya lain.

i)   Toleransi terhadap perbuatan yang menyimpang

Penyimpangan sosial sejauh tidak melanggar hukum atau merupakan tindak pidana, dapat merupakan cikal bakal terjadinya perubahan sosial budaya. Oleh karena itu, toleransi dapat diberikan agar makin tercipta hal-hal baru yang kreatif.


2)  Faktor-Faktor Penghambat Perubahan Sosial Budaya
Berikut faktor penghambat perubahan sosial budaya.
a)  Kurangnya hubungan dengan masyarakat lain

Kehidupan terasing menyebabkan suatu masyarakat tidak mengetahui perkembangan-perkembangan yang telah terjadi. Hal ini menyebabkan pola-pola pemikiran dan kehidupan masyarakat menjadi statis.

b)   Terlambatnya perkembangan ilmu pengetahuan

Kondisi ini dapat dikarenakan kehidupan masyarakat yang terasing dan tertutup, contohnya masyarakat pedalaman. Tapi mungkin juga karena masyarakat itu telah lama berada di bawah pengaruh masyarakat lain (terjajah).

c)  Sikap masyarakat yang masih sangat tradisional

Sikap yang mengagung-agungkan tradisi dan masa lampau dapat membuat terlena dan sulit menerima kemajuan dan perubahan zaman. Lebih parah lagi jika masyarakat yang bersangkutan didominasi oleh golongan konservatif (kolot).

d)   Rasa takut terjadinya kegoyahan pada integritas kebudayaan

Integrasi kebudayaan seringkali berjalan tidak sempurna, kondisi seperti ini dikhawatirkan akan menggoyahkan pola kehidupan atau kebudayaan yang telah ada. Beberapa golongan masyarakat berupaya menghindari risiko ini dan tetap mempertahankan diri pada pola kehidupan atau kebudayaan yang telah ada.

e)  Adanya kepentingan-kepentingan yang telah tertanam dengan kuat (vested interest interest)

Organisasi sosial yang mengenal sistem lapisan strata akan menghambat terjadinya perubahan. Golongan masyarakat yang mempunyai kedudukan lebih tinggi tentunya akan mempertahankan statusnya tersebut. Kondisi inilah yang menyebabkan terhambatnya proses perubahan.

f)  Adanya sikap tertutup dan prasangka terhadap hal baru (asing)

Sikap yang demikian banyak dijumpai dalam masyarakat yang pernah dijajah oleh bangsa lain, misalnya oleh bangsa Barat. Mereka mencurigai semua hal yang berasal dari Barat karena belum bisa melupakan pengalaman pahit selama masa penjajahan, sehingga mereka cenderung menutup diri dari pengaruh-pengaruh asing.

Foto Suku Baduy sebagai salah satu suku yang masih menutup diri dari pengaruh modern, sehingga adat istiadat mereka masih lestari hingga kini

g)   Hambatan-hambatan yang bersifat ideologis

Setiap usaha perubahan pada unsur-unsur kebudayaan rohaniah, biasanya diartikan sebagai usaha yang berlawanan dengan ideologi masyarakat yang sudah menjadi dasar integrasi masyarakat tersebut.

h)   Adat atau kebiasaan yang telah mengakar

Adat atau kebiasaan merupakan pola-pola perilaku bagi anggota masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Ada kalanya adat dan kebiasaan begitu kuatnya sehingga sulit untuk diubah. Hal ini merupakan bentuk halangan terhadap perkembangan dan perubahan kebudayaan. Misalnya, memotong padi dengan mesin dapat mempercepat proses pemanenan, namun karena adat dan kebiasaan masyarakat masih banyak yang menggunakan sabit atau ani-ani, maka mesin pemotong padi tidak akan digunakan.

i)  Pandangan pesimistis

Nilai bahwa hidup ini pada hakikatnya buruk dan tidak mungkin diperbaiki pandangan tersebut adalah pandangan pesimistis. Masyarakat cenderung menerima kehidupan apa adanya dengan dalih suatu kehidupan telah diatur oleh Yang Maha kuasa. Pola pikir semacam ini tentu saja tidak akan memacu perkembangan kehidupan manusia.


Posting Komentar untuk "Faktor Penyebab dan Penghambat Perubahan Sosial Budaya"