Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prakarya Kerajinan VIII/I : MATERI-3 BAHAN, PERALATAN, DAN PROSEDUR PEMBUATAN KERAJINAN BAHAN LUNAK ALAMI


Kerajinan Bahan Lunak adalah suatu kerajinan yang bahan dasar pembuatannya bersifat lunak baik alami maupun buatan. Benda kerajinan merupakan bagian dari karya seni rupa yang dibuat dengan keterampilan manual. 

Ada dua bentuk kerajinan yaitu dua dan tiga dimensi. Kerajinan Dua Dimensi hanya dapat dilihat dari satu arah dan biasanya tidak memiliki volume sedangkan Kerajinan Tiga Dimensi yaitu kerajinan yang dapat dilihat dari berbagai arah dan biasanya memiliki volume. Dari segi fungsi kerajinan bahan lunak dibagi menjadi dua fungsi yaitu fungsi pakai dan fungsi hias.

A. TAHAP PEMBUATAN KERAJINAN BAHAN LUNAK 

a. Membuat rancangan

Rancangan adalah hal awal yang kita lakukan setelah mendapat ide untuk membuat suatu kerajinan dari bahan lunak, rancangan yang bagus biasanya akan menghasilkan yang bagus. Rancangan biasanya dibuat di suatu kertas lalu kita menggambarnya.

b. Menyiapkan alat dan bahan

Setelah rancangan dibuat tahap selanjutnya adalah menyiapkan alat dan bahan. Alat dan bahan di utamakan memiliki kualitas yang bagus sehingga akan mendapat hasil yang baik.

c. Membuat benda sesuai rancangan

Setelah semua siap kita mulai dengan proses pembuatan, buatlah sebuah bagian dasar terlebih dari suatu kerajinan sehingga akan mudah dibentuk dan mempercepat proses pembuatan.

d. Tahap penyelesaian

Tahap akhir setelah kita membuat suatu kerajinan adalah salah satunya dengan merapikan atau memberi hiasan atau beberapa tambahan lain sehingga meningkatkan kualitas kerajinan tersebut.

B. KERAJINAN GERABAH

Contoh Kerajinan Gerabah

Gerabah merupakan produk yang terbuat dari tanah liat yang dibentuk kemudian dibakar untuk kemudian dijadikan alat-alat yang berguna membantu kehidupan manusia. Proses pembakaran gerabah juga tidak memerlukan suhu yang tidak terlalu tinggi. Proses pembuatan dan pembakaran gerabah ini hampir sama dengan proses pembuatan atau pembakaran batu bata dan genteng.


C. KERAJINAN ADONAN TEPUNG (FLOUR CLAY)

Flour clay adalah sejenis bahan tepung yang dibuat menjadi adonan. Adonan dibuat sedemikian rupa hingga kalis dan lunak sehingga mudah dibentuk. Adonan tepung semacam ini disebut juga dengan playdough. Flour clay lebih banyak mencerminkan kegiatan pengisi waktu luang di rumah, karena bahan yang digunakan pun berasal dari rumah, yaitu bahan yang biasa dipakai untuk mengolah panganan sehari-hari.


TUGAS
Pada pembahasan Materi-3 ini tugasnya adalah kalian segera menyelesaikan tugas-tugas yang ada di Materi-1 dan Materi-2 pada pertemuan minggu lalu, segera kirim ke link yang sudah ditentukan dan tersedia di bagian bawah masing-masing materi. Tidak ada tugas yang terkirim dari kalian berarti tidak ada nilai dan tidak ada raport yang bisa dibagikan ke kalian.

SELAMAT BELAJAR....!


Posting Komentar untuk "Prakarya Kerajinan VIII/I : MATERI-3 BAHAN, PERALATAN, DAN PROSEDUR PEMBUATAN KERAJINAN BAHAN LUNAK ALAMI"