Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pluralitas Masyarakat Indonesia.

Pluralitas Masyarakat Indonesia. 

    Negara Indonesia merupakan negara kepulauan yg terbentang dari Sabang sampai Merauke .Dim daana setiap pulau memiliki suku bangsa nya masing masing . Suku bangsa tersebut memiliki kebudayaan dan adat istiadat sendiri . Oleh karena itu , Indonesia memiliki keragaman sosial yg banyak.

1. Pengertian pluralitas dan multi kultural .

    Masyarakat Indonesia mendiami setiap pulau dengan kekayaan dan keanekaragaman suku, agama, ras, pekerjaan  dan lain lain.  Pengertian pluralitas dan multi kultural. 

a. Pluralitas.

    Kata pluralitas berasal dari bahasa Inggris plural artinya "jamak", sedangkan pluralitas berarti kemajemukan. Pluralitas masyarakat Indonesia memiliki arti yang sama dengan kemajemukan masyarakat Indonesia. (Selengkapnya baca di buku pendmping)

b. Multikultural

    Selain istilah plurlitas, juga terdapat istilah lain yang berubungan dengan keragaman yakni, mltikultural. Multikultural berasal dari kata multi yang berarti banyak atau lebih dari dua, dan culture artinya kebudayaan. Secara umum, masyarakat multikultural adalah masyarakat yang memiliki lebih dari dua kebudayaan. (selengkapnya baca di buku pendamping)

2. Faktor penyebab kemajemukan bangsa Indonesia

    Keragaman yang dimiliki Indonesia dapat dilihat dalam berbagai hal, mulai dari masyarakat hingga kebudayaannya. Keragaman dalam kehidupan masyarakat dipengaruhi oleh berbagai faktor. 

Faktor yang mempengaruhi perbedaan atau kemajemukan dalam masyarakat Indonesia:

a. Faktor Sejarah

    Masuknya bangsa Yunan selatan ke Indonesia tidak terjadi secara sekaligus, melainkan terjadi secara bergelombang. 

1. Gelombang pertama proto melayu.

2. Gelombang kedua deutero melayu atau neo melayu.

(Baca selengkapnya di buku pendsmping).

b. Faktor Geografis

    Indonesia merupakan negara yang sangat luas yang terdiri atas kepulauan. Setiap Pulau dibatasi oleh lautan. Disamping itu, Indonesia juga merupakan negara vulkanik dengan banyak pegunungan. Karena kedua faktor tadi, maka Indonesia terjadi isolasi geografi. (Baca selengkapnya di buku pendsmping).

c. Faktor Iklim

    Brdasarkan pembagian iklim matahari, iklim di Indonesia secara umum adalah berupa iklim tropis yang panas. Faktor iklim dapat menyebabkan perbedaan tata cara hidup masyarakat. Hal ini mempengaruhi pula perilaku masyarakatnya. (Baca selengkapnya di buku pendsmping).


Jawablah Soal berikut ;

1. Bedakan pengertian Pluralitas dengan Multikultural !

2. Coba bedakan faktor yang mempengaruhi perbedaan atau kemajemukan dalam masyarakat Indonesia dari

a. Faktor Sejarah

b. Faktor geografis

c. faktor Iklim

Kerjakan di GC, Tulis nama, Kelas dan No Absen

Posting Komentar untuk "Pluralitas Masyarakat Indonesia. "