Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


 SEMESTER  2 DARING

 Selamat berjumpa kembali anak anak di semester genap / 2 . semoga kalian sehat dan tetap semangat belajar . untuk semester 2 bab yg akan kita pelajari meliputi :

1. BAB IV  Keberagaman masyarakat Indonesia dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika

2. BAB V Harmoni keberagaman masyarakat Indonesia

3. BAB VI Bela Negara dalam konteks NKRI

 Bab IV  KEBERAGAMAN MASYARAKAT DALAM BINGKAI BHINNEKA TUNGGAL IKA

Bangsa Indonesia adalalah bangsa yang majemuk, memiliki keanekaragaman suku bangsa , agama,ras, golongan golongan di masyarakat.keberangaman bangsa Indonesia tidak menjadi menghalanguntuk kemajuan bangsa.Sembyang bangsa Indonesia berbeda beda tetapi tetap satu jua. BHINIKA TUNGGAL IKA.

A. Makna Persatuan dalam kebangsaan

Sampai dengan hari ini, bangsa Indonesia yang beragam masih bersatu dan kuat. Oleh karena itu, kita harus kembangkan rasa hormat kepada segenap komponen bangsa yang peduli merawat keberagaman  menjadi kehidupan bersama yang indah, aman dan damai. Salah satu komponen merawat keberagaman adalah mempererat persatuan.

Persatuan berasal dari kata satu, yang berarti utuh atau tidak terpecah belah. Persatuan mengandung arti bersatunya macam macam corak yang beraneka ragam , menjadi atau perkumpulan yang menjadi satu dan utuh.

Persatuan bangsa berarti gabungan suku suku bangsa yang sudah bersatu.Dalam hal ini, masing masing suku bangsa merupakan kelompok masyarakatyang memiliki ciri-ciri tertentu yang bersatu. Penggabungan dalam persatuan bangsa, masing masing bangsa tetap memiliki ciri-ciri dan adat istiadat semula. Dalam persatuan bangsa, satu suku bangsa menjadi lebih besar dari sekedar satu suku bangsa yang bersangkutan, karena dapat mengatas namakan bangsa secara keseluruhan.kesatuan bangsa bangsa indonesia, berarti keadaan yang merupakan satu kesatuan sebagai bangsa Indonesia. Sedangkan kesatuan bertanah air merupakan satu keutuhan di dalam wilayah yang di huni secara turun temurun oleh bangsa Indonesia.

B. Prinsip persatuan dalam keberagaman 

a. Prinsip Bhinneka Tunggal Ika

b. Prinsip Nasionalisme Indonesia

c. Prinsip Kebebasan yang bertanggung jawab 

d. Prinsip Wawasan Nusantara

e. Prinsip persatuan pembangunan untuk mewujudkan cita cita reformasi


Pelajari lebih lanjut di buku teks PKN klas 9 jika ada pertanyaan silahkan melalui wa  ke bu guru .sekian terimakasih .jangan lupa protokol kesehatan di taati.


Posting Komentar untuk " "