Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IPA 8. SISTEM PERNAPASAN

Assalamualaikum anak sholeh dan solekhah....... selamat bertemu kembali dengan mapel IPA.......

Semoga kita senantiasa sehat dan dalam lindungan Allah SWT, Aamiin.....

“ Lagi ngapain?”

“Lagi napas.”

Hayo, siapa yang suka menjawab pertanyaan demikian dengan jawaban-jawaban ‘receh’ seperti itu? Tapi, jawaban itu nggak 100% salah sih, guys. Pasalnya, kita memang selalu melakukan kegiatan itu setiap detik, tanpa henti, 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Nah, kalau kamu ditanya lebih lanjut setelah menjawab “napas”, gimana? Misalnya:

“Lagi napas? Udaranya masuk lewat mana? Kapan melewati bronkus?”

atau

“Kamu napasnya dengan mekanisme pernapasan dada atau pernapasan perut?”

Wah! Daripada kamu bingung, yuk simak pembahasan Blog tentang saluran dan mekanisme dalam SISTEM PERNAPASAN berikut ini.


 Saluran dalam Sistem Pernapasan

Kamu tentu saja tahu bahwa alat pernapasan manusia adalah paru-paru. Tapi, bagaimana dengan saluran pernapasan? Kamu hapal nggak, nih? Saluran pernapasan dimulai dari hidung, faring, laring, trakea, bronkus, bronkiolus, alveolus, dan paru-paru.


1. Rongga hidung

 


Organ pertama yang membantu proses pernapasan kita adalah rongga hidung. Rongga hidung merupakan rongga tempat masuknya udara untuk kita bernafas. Pada rongga hidung terdapat rambut hidung yang berfungsi menyaring udara yang masuk ke rongga hidung. Tidak hanya itu, di rongga hidung juga terdapat ujung-ujung saraf pembau. Nah, saraf ini berguna untuk membedakan bau-bau yang masuk ke hidung. Nah, dari saraf ini kamu dapat membedakan mana bau parfum, bau sampah, hingga bau ayam goreng yang bikin laper.

Jadi, secara keseluruhan fungsi rongga hidung kita adalah:

Tempat masuknya udara.

Penyaring udara melalui rambut-rambut halus dan lendir di dalam hidung.

Sebagai indra penciuman.


2. Pangkal tenggorokan (laring)



Selanjutnya, organ yang kedua adalah laring. Laring atau yang biasa disebut pangkal tenggorokan, berfungsi sebagai tempat melekatnya selaput atau pita suara. Nah, pada laring lah suara kita dapat dihasilkan. Laring dapat terkena infeksi loh, yang biasa dikenal dengan penyakit laringitis. Penyebab infeksi ini adalah karena adanya peradangan akibat sering teriak, iritasi, atau infeksi. Jadi kamu harus menjaga pita suara kamu ya Squad! Dengan cara minum air putih dan istirahat yang cukup ya.

3. Trakea (batang tenggorokan)

Organ yang ketiga adalah trakea. Trakea terletak di depan kerongkongan dan terdiri dari tulang-tulang rawan berbentuk cincin. Pada trakea ini, ada katup yang berfungsi untuk membuka dan menutup saluran pernafasan. Berikut ini adalah sistem kerja trakea:

Ketika sedang berbicara, katup menutup, saluran makanan tertutup dan saluran pernapasan terbuka.

Ketika sedang menelan, katup membuka, saluran makanan terbuka dan saluran pernapasan tertutup.

4. Bronkus (cabang batang tenggorokan)

Selanjutnya organ dalam sistem pernapasan manusia yang keempat adalah bronkus. Bronkus merupakan cabang batang tenggorokan yang menyambungkan antara trakea dan paru-paru. Hampir mirip dengan trakea, bronkus tersusun atas tulang-tulang rawan yang berbentuk cincin. Namun, bronkus terdiri dari dua cabang, yang di masing-masing cabang menyambungkan ke paru-paru kanan dan paru-paru kiri.

5. Bronkiolus (anak cabang batang tenggorokan)

 


Bronkiolus merupakan percabangan bronkus yang terdapat dalam paru-paru. Jumlah cabang pada bronkiolus sesuai dengan jumlah lobus (gelambir) pada paru-paru. Pembagiannya adalah pada paru-paru sebelah kanan terdapat 3 lobus dan paru-paru kiri terdapat 2 lobus.

6. Paru-paru (pulmo)

 


Organ yang terakhir adalah paru-paru. Paru-paru terletak di dalam rongga dada dan terdiri dari 3 gelambir pada paru-paru kanan dan 2 gelambir pada paru-paru kiri. Paru-paru dibungkus oleh dua selaput yang tipis, disebut pleura. Selaput bagian dalam yang langsung menyelaputi paru-paru disebut pleura dalam (pleura visceralis) dan selaput yang menyelaputi rongga dada yang bersebelahan dengan tulang rusuk disebut pleura luar (pleura parietalis). Di dalam paru-paru inilah terjadi pertukaran udara kotor yang mengandung karbon dioksida (CO2) dengan udara bersih yang mengandung oksigen (O2). Pertukaran udara ini tepatnya terjadi dalam gelembung paru-paru (alveolus) yang bersentuhan dengan bronkiolus.



B. Mekanisme Pernapasan

Ada dua mekanisme pernapasan yang terjadi secara bersamaan, yaitu:

 1. Pernapasan Dada

 Pernapasan dada dimulai dari kontraksi yang terjadi pada otot antar tulang rusuk yang menyebabkan dada terangkat dan rongga dada membesar. Karena rongga dada membesar, tekanan udara di dalam dada lebih kecil daripada tekanan udara luar, sehingga udara luar masuk ke dalam rongga dada dan diteruskan menuju paru-paru. Oksigen dalam udara tersebut akan diikat oleh hemoglobin darah yang banyak terdapat di alveolus paru-paru, sehingga terjadi inspirasi.

Setelahnya, relaksasi terjadi pada otot antar tulang rusuk yang menyebabkan tulang-tulang rusuk turun sehingga rongga dada mengecil. Karena mengecilnya rongga dada, volume paru-paru juga mengecil sehingga tekanannya menjadi lebih besar daripada tekanan udara luar. Karena itu, udara pun keluar dari paru-paru pada proses ekspirasi.

 2. Pernapasan Perut

 Pernapasan perut terjadi karena adanya kontraksi dan relaksasi pada diafragma. Diafragma mendatar saat ototnya mengalami kontraksi. Hal ini menyebabkan rongga dada membesar dan tekanannya lebih kecil daripada tekanan udara luar. Pada saat ini, terjadi inspirasi.

Kemudian, diafragma akan naik saat ototnya mengalami relaksasi. Hal ini berpengaruh pada mengecilnya rongga dada dan paru-paru yang menyebabkan tekanan menjadi lebih besar daripada tekanan udara luar. Pada saat ini, terjadi ekspirasi.

 


Nah, sekarang pertanyaan ‘receh’ lanjutan itu sudah bisa kamu tebas, kan? Semoga pembahasan mengenai sistem pernapasan di atas ini dapat membantu ujian biologi kalian. 

Jangan lupa baca juga materi sistep pernapasan yang ada di buku paket dan buku pendamping ....

Kerjakan juga soal-soal yang ada untuk latihan....

Selalu semangat dalam belajar, ya......

Wassalamualaikum wrwb

 

Posting Komentar untuk "IPA 8. SISTEM PERNAPASAN"