Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IPS MATERI KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARRUANG

Selamat pagi anak-anak . . kita jumpa lagi pelajaran IPS di semester genap.

Materi yg akan kita bahas yaitu   :  

BAB 1

KEUNGULAN DAN KETERBATASAN ANTARRUANG SERTA PERAN PELAKU EKONOM I DALAM SUATU PEREKONOMIAN.

A. Indikator.

B. Tujuan Pembelajaran. 

C. URAIAN MATERI.

1. Keunggulandan keterbatasan antar ruang dalam Permintaan, Penawaran, dan Teknologi. 

2. Persebaran  Sumber Daya Alam.

3. Peran Pelaku Ekonomi dalam Perekonomian.

     a. Rumah Tangga Keluarga.

     b. Pemerintah. 

     c. Masyarakat. 

     d. Koprasi. 

4. Pengaruh Interaksi Antarruang terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya dan Politik terhadap kehidupan di ASEAN.

C. Uraian Materi. 

1 .Keunggulan dan Keterbatasan antar ruang dalam Permintaan, Penawaran, dan Teknologi. 

    Ruang yg ada di permukaan bumi dalam bentuk kecil dapat di bedakan menjadi daerah, pulau hingga negara, yg mana ruang ruang tersebut memiliki karateristik masing masing sesuai potensi sumber daya alam yg dimiliki. Ruang atau lokasi suatu wilayah berpengaruh pada kemampuan suatu wilayah menghasilkan suatu produk. Adanya perbedaan potensi yg muncul antara masing masing ruang ini akan berpengaruh besar terhadap aktifitas manusia terutama aktifitas manusia yg berkaitan langsung dengan upaya pemenuhan kebutuhan untuk menunjang keberlangsungan hidup mereka . Keunggulan  suatu daerah danketerbatasan daerah lain dapat menimbulkan adanya interaksi. Misal wilaya Kab  Pbg wilayah dataran tinggi penhasil Pertanian, sedangkan Kab. Cilacap sebagai wilayah pesisir pantai memiliki keunggulan memproduksi hasil laut. Kedua wilayah ini akan saling melengkapi dalam proses saling melengkapi kebutuhan masing masing wilayah inilah terjadi adanya interaksi antarruang.

    Interaksi antarruang dapat berupa pergerakan orang, barang, informasi dari daerah asal menuju daerah tujuan. Menurut Bintarto (1987) interaksi merupakan suatu proses yg sifatnya timbal balik dan mempunyai pengaruh terhadap tingkah laku, baik melalui kontak langsung maupun tidak langsung .Interaksi melalui kontak langsung terjadi ketika seseorang datang ke tempat tujuan. Interaksi tidak langsung terjadi melalui berbagai cara misalnya dengan membaca berita,melihat tayangan di televisi dan lain lain. Pada proses interaksi antar ruang ini akan muncul adanya permintaan dan penawaran guna memenuhi kebutuhan yang muncul karena adanya keunggulan pada suatu daerah dan keterbatasan pada daerah lainnya.

a. Keungulandan Keterbatasan Ruang terhadap Permintaan. 

    Kebutuhan adalah segala sesuatu yg perlu di penuhi manusia dalam hidupnya. Pemenuhan kebutuhan dapat di lakukan dengan cara memiliki atau menikmati suatu barang atau jasa. Kebutuhan manusia ber beda beda, kebutuhan yg saling berbeda ini menciptakan adanya permintaan,. Permintaan adalah ke inginan yg di sertai oleh kemampuan untuk membeli barang atau jasa pada tingkat harga dan waktu tertentu. Kebutuhan dan permintaan dapat tercipta berdasarkan ruang, lokasi di mana seseorang berada dapat menciptakan kebutuhan dan permintaan yg berbeda . Masyarakat kota dan masya rakat desa misalnya, memiliki kebutuhan dan permintaan yg berbeda. 

Bagi masyarakat kota, aplikasi sarana traspotasi seperti Gojek, Grab, Gocar atau bahkan Gofood merupakan suatu kebutuhan yg penting di masa sekarang ini, mengingat gaya hidup, waktu dan kondisi yg ada dalam ke seharian masyarakat kota. Adapun  bagi masyarakat desa aplikasi telepon tersebut mungkin belum menjadi kebutuhan yg penting mengingat kondisi dan keseharian kehidupan masyarakat pedesaan. 

    Lebih spesifik Permintaan adalah sejumlah barang dan jasa yg dibeli atau diminta pada tingkat harga dan waktu ter tentu. Artinya orang akan cenderung membelanjakan uangnya dengan melihat harga dari suatu barang atau jasa . Itu sebabnya permintaan terhadap barang akan melonjak tajam apa bila barang tersebut murah, apalagi jika kwalitas barang tersebut bagus. Dan sebaliknya jika harga barang tinggi dan tidak bisa terjangkau oleh daya beli maka permintaan terhadap barang tersebut akan rendah atau turun . 

"Ruang yg berbeda dapat menciptakan kebutuhan dan permintaan yg berbeda. 

Faktor faktor yg mempengaruhi Permintaan. 

1. Harga barang yg bersangkutan ....Permintaan di pengaruhi oleh harga barang itu sendiri . Jika harga naik permintaan rendah dan jika harga turun maka permintan akan naik 

2. Harga barang pengganti .....Contoh bolpoin dapat di gantikan pensil.

3. Harga barang pelengkap .....contoh Gula dengan kopi.

4. Pendapatan masyarakat ...Apabila pendapatan naik permintaan akan barang dan jasa naik , sebaliknya pendapatan rendah permintaan terhadap barang dan jasa ikut turun.

5. Intensitas kebutuhan ....Jika kebutuhan akan barang sifat nya  mendesak  untuk dipenuhi ,maka permintaan akan barang bertambah.

6. Selera.....

7. Perubahan peradaban .....Semakin maju peradaban maka permintaan terhadap barang akan naik .contoh kemajuan sarana prasarana telekomunikasi  Hp ,menyebabkan permintaan Hp pun meningkat. 

8. Jumlah penduduk .......

9. Ramalan masa yg akan datang .....JIka di ramalkan tingkat harga di masa yg akan datang naik, maka konsumen cenderung meningkatkan permintaan (membeli) suatu barang atau jasa pada masa kini karena takut harganya semakin tinggi . Kalau barang dan jasa di ramalkan di masa yg akan datang murah konsumenpun akan cenderung menunggu sampai barang tersebut turun , akibatnya jumlah permintaan pun menjadi turun. 

    Materi yg ibu berikan kamu pelajari ya, sehingga kalau ada tugas sudah siap. 

(tambah pelajari yg ada di buku cetak) hal 137 KAMU BACA !!.


Posting Komentar untuk "IPS MATERI KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARRUANG"