Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puisi Rakyat Kelas 7

 PUISI RAKYAT



Apa itu yang di maksud dengan Puisi Rakyat dan apa saja jenisnya ?Pada kesempatan ini kita akan membahas apa saja itu Puisi Rakyat dan hal-hal lain tentangnya.Mari kita simak bersama pembahasannya di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Puisi adalah karya sastra yang didalamnya terdapat beberapa jenis bait dan baris. Dengan menggunakan kata-kata yang indah yang diambil dari suatu tema yang dibahas oleh penilis puisi. Dan salah satu contoh puisi tersebut adalah puisi rakyat.

Puisi Rakyat adalah kesusastraan rakyat yang sudah tertentu bentuknya. Umumnya puisi rakyat terdiri dari beberapa deret kalimat, ada yang berdasarkan mantra, ada yang berdasarkan panjang pendek suku kata, lemah tekanan suara, atau hanya berdasarkan irama.


Jenis-jenis Puisi  Rakyat

Jenis-jenis puisi rakyat diantaranya adalah pantun, syair, gurindam, atau puisi rakyat yang berkembang di daerah tertentu. Pada acara-acara di televisi, kepiawaian membuat pantun masih menjadi andalan untuk melucu. Pada lagu-lagu juga masih ditemukan pantun. Sementara untuk gurindam, syair, dan sastra lama yang lain agak kurang lagi didengar.

Dalam dunia kesastraan kita memiliki warisan turun-temurun berupa cerita rakyat atau puisi rakyat yang tidak diketahui siapa pengarangnya. Karena merupakan hasil turun-temurun dan tidak diketahui siapa pengarangnya, puisi lama biasanya disampaikan dari mulut-kemulut.

Puisi lama terlihat kaku karena terikat oleh aturan-aturan seperti jumlah kata dalam tiap baris, jumlah baris dalam tiap bait dan juga pengulangan kata yang bisa di awal maupun di akhir sajak atau kita kenal dengan sebutan rima. Pada bagian ini puisi lama yang akan dibahas adalah pantun, syair dan gurindam.

Contoh Puisi Rakyat Gurindam :


Ketika hendak mencari ilmu

Haruslah sungguh-sungguh selalu


Jika bermalas-malas selalu

Ilmu tak akan bisa kau ampu


Jikalau engkau tidak berilmu

Maka hidupmu sesat selalu


Contoh Puisi Rakyat Pantun :


Pintu mu akan dibukakan

Aku menyebut namamu

Di saat kamu ksesepian

Aku akan menemanimu


Contoh puisi rakyat syair :


Jauhi semua perbuatan jahat

Jauhi pula pebuatan maksiat

Mari kita segera bertaubat

Supaya kita selamat dunia akhirat

Posting Komentar untuk "Puisi Rakyat Kelas 7"