Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGOLAHAN IX/2: MATERI-1 BAHAN PANGAN SETENGAH JADI DARI HASIL PETERNAKAN DAN PERIKANAN

BAHAN PANGAN SETENGAH JADI HASIL PETERNAKAN DAN PERIKANAN





 Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi tentang Pengolahan, peserta didik diharapkan mampu :

  1. 1. Menyampaikan pendapat tentang pengertian, jenis dan manfaat dari bahan pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan sebagai ungkapan rasa bangga dan wujud rasa syukur kepada Tuhan serta bangsa Indonesia; dan
  2. 2. Mengidentifikasi bahan, alat, metode dan proses pengolahan yang digunakan pada pembuatan produk bahan pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan menjadi makanan dan di wilayah setempat berdasarkan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan.
  3. 3.  Merancang pembuatan produk olahan makanan dari bahan pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan menjadi makanan berdasarkan orisinalitas ide dan cita rasa estetis diri sendiri.
  4. 4.  Membuat, menguji, dan mempresentasikan produk pangan siap konsumsi khas wilayah setempat dari bahan pangan setengah jadi dan bahan hasil samping dari hasil perikanan dan peternakan berdasarkan teknik dan prosedur yang tepat dengan disiplin dan tanggung jawab.

 Peta Konsep

Peta konsep Prakarya Kelas 9 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk materi Pengolahan Semester-2 tampak pada skema berikut.

Rincian Materi

A. Makanan dari Bahan Pangan Setengah Jadi

Bahan pangan setengah jadi adalah bahan pangan mentah yang telah mengalami pengolahan dengan cara pengawetan.

Bahan pangan setengah jadi dari hasil perikanan dan peternakan tidak semuanya siap konsumsi, tetapi masih perlu pengolahan lebih lanjut untuk menjadi makanan siap saji atau siap konsumsi.

Olahan pangan setengah jadi berbahan baku daging sapi dan daging unggas saat ini banyak di minati masyarakat modern, terutama yang memiliki aktivitas bekerja yang padat, karena pengolahan bahan setengah jadi di simpan lama dalam kondisi beku seperti; baso, sosis, nugget atau dapat juga disimpan dalam kondisi kering seperti; dendeng, telur asin dan abon, dengan demikian dapat digunakan kapan saja.

Keuntungan bahan pangan yang diolah menjadi bahan pangan setengah jadi adalah :

1.      Menjadi bahan baku yang fleksibel untuk industri pengolahan lanjutan

2.      Dapat diperjualbelikan antar daerah dan sebagai komoditas ekspor.

3.      Aman dalam distribusi dari satu tempat ke tempat lainnya.

4.      Dapat dikemas lebih ringkas

5.      Menghemat ruangan dalam penyimpanan.

6.      Mengurangi biaya dalam penyimpanan.

7.   Tahan lama dan lebih kuat di cuaca dingin atau panas

Kalian pasti pernah dan sering mengkonsumsi bahan pangan setengah jadi dari hasil peternakan maupun perikanan. Nah, tugas kalian untuk kali ini adalah :

TUGAS-1:

Identifikasi makanan setengah jadi hasil peternakan dan atau perikanan yang pernah kalian makan/konsumsi (minimal 5 produk yang berbeda), lalu sebutkan dari bahan apa makanan tersebut  dibuat. Jika  bisa menyebutkan lebih dari 5 produk, maka kalian akan mendapatkan nilai plus. Silakan kalian kerjakan di buku catatan dengan tulisan yang rapi, lalu hasilnya difoto dan kirim pada link yang tersedia di bawah ini! Tugas kalian harus dikirim paling lambat hari Sabtu, 8 Januari pukul 20.00 WIB. Ingat tugas harus dikerjakan dan dikirim tepat waktu agar saat penerimaan raport di semester 2 juga tepat waktu....!! SELAMAT BELAJAR

Link Tugas Materi-1 dan pengamatan gambar 4.1

https://forms.gle/H9oS4DG4VSMcB11A9

Posting Komentar untuk "PENGOLAHAN IX/2: MATERI-1 BAHAN PANGAN SETENGAH JADI DARI HASIL PETERNAKAN DAN PERIKANAN"