Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Bahasa Indonesia kelas 8 MENJELASKAN KEMBALI TEKS ULASAN



 MENJELASKAN KEMBALI TEKS ULASAN

Salam jumpa, sobat kreatif Spensaka. Semoga kalian dalam keadaan sehat dan tetap semangat. Kali ini kita masih melanjutkan materi tentang teks ulasan. Ayo, kita simak bersama!

Kalian pasti tidak asing dengan film laskar pelangi yang box office pada tahun 2008 lalu dan masih tetap hits sampai saat ini. Siapa yang tidak tahu bahwa film tersebut diadaptasi dari novel dengan judul yang sama, dan setelah tayangnya film tersebut banyak bermunculan ulasan-ulasan yang membandingkan antara alur film dengan novelnya.

Ulasan yang mereview alur film dan novelnya tersebut dengan menceritakan segala kelebihan dan kekurangan disebut dengan menjelaskan kembali teks ulasan. Pada pembahasan materi sebelumnya telah dipaparkan pengertian dari teks ini, yaitu teks yang berisi tentang penilaian, atau review mengenai sebuah karya baik film, drama, novel maupun karya seni lainnya.

Sedangkan menjelaskan kembali teks ulasan merupakan memaparkan kembali ulasan-ulasan tentang suatu karya sastra seperti novel, cerpen, film, puisi dan sebagainya baik dilakukan secara lisan maupun tertulis. Hal ini bertujuan untuk menyampaikan kembali isi teks dengan menggunakan bahasa atau kata-kata sendiri.

Kegiatan tersebut berfungsi untuk menambah pengetahuan, meningkatkan pemahaman, memunculkan sikap apresiatif, dan memperkuat sikap kritis. Dalam mengulas sebuah karya dibutuhkan sikap analitis dan kritis, sehingga bisa menghasilkan sebuah teks ulasan yang berkualitas.

Disamping itu, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada dalam menjelaskan kembali teks ulasan yang dalam bentuk lisan maupun tertulis tersebut. Adapun, kelebihannya antara lain membantu pembaca lain memahami isi dari sebuah bacaan, menarik minat masyarakat terhadap hal yang diulas, adanya rating atau keunggulan hal yang diulas, memberikan gambaran kepada pembaca mengenai suatu karya dan mempengaruhi mereka atas karya tersebut, serta bagi para profesional, mengulas bisa menghasilkan imbalan berupa uang.

Selain itu ada juga kekurangan yang ditonjolkan dalam menjelaskan kembali teks tersebut, diantaranya review yang dibuat akan lebih bersifat subjektif, jika yang diulas adalah kekurangannya maka biasanya yang diulas akan mendapat pandangan negatif para pembaca tersebut; kekurangan imajinasi dan pemilihan pengulas dapat berdampak buruk pada pemahaman pembaca ulasan; serta terkadang sering dijumpai perbedaan pendapat antar penulis ulasan.



Identitas Film :

Judul : Langit Biru

Bintang : Ratnakanya Anissa Pinandita,Jeje Soekarno,Beby Natalie,Cody McClendon,Patton Otlivio Latupeirissa,Jonathan Prasetyo,Samuel Nathanael Carol,Ari Wibowo,Donna Harun,Hermann Josis,Mokalu,Tika Panggabean,Becky Tumewu,Brandon De Angelo,Ayushita dan Saykoji.

Sutradara : Lasja Fauzia Susatyo

Produser : Nia Dinata dan Hanna Carol

Skenario : Melissa Karim

Produksi : Blue Caterpillar Films & Kalyana Shira Films

Tanggal rilis : 17 November 2011

Durasi : 1 jam 28 menit

Orientasi :

Langit Biru merupakan sebuah drama musikal yang dirilis pada tanggal 17 November 2011 yang disutradarai oleh Lasja Fauzia Susatyo. Film ini dibintangi oleh Ratnakanya Anissa Pinandita,Beby Natalie dan Jeje Soekarno  sebagai peran utamanya.

Sinopsis :

Biru adalah gadis yang sedikit tomboy. Bersama dengan Amanda dan Tomtim mereka menjalani masa-masa sekolah dengan indah,sekelas bersama hingga berangkat dan pulang sekolah pun bersama. Bruno,Jason,Samuel,dan Erlangga adalah teman sekelas Biru,mereka segerombolan anak laki-laki yang suka membully anak lainnya terutama Tomtim dan tidak suka akan persahabatan Biru,Amanda dan Tomtim.

Suatu ketika ibu guru memberi tugas kelompok kepada muridnya untuk membuat untuk membuat presentasi. Biru,Amanda dan Tomtim sekelompok. Karena jengah akan perilaku Bruno di sekolah mereka pun memutuskan untuk membuat presentasi tentang Bruno.Pengintaian dilakukan hari demi hari. Mulai dari kebiasaan Bruno di sekolah,kejahilannya pada teman-temannya,kehebatannya menari,serta kebiasaannya dirumah. Dalam pengintaian tersebut Biru,Amanda dan Tomtim menemukan rumah Bruno dan mengetahui bahwa Bruno adalah anak yatim,yang tinggal dengan ibu dan adiknya (Holly) yang mempunyai keterbatasan mental/mengidap Down Syndrome. Bruno juga sangat sayang terhadap keluarga kecilnya.

Tugas presentasi tersebut juga akan ditunjukan kepada orangtua. Kelompok Bruno dan kawan-kawannya,membuat presentasi yang yang berjudul "How to be a macho man" . Pada saat presentasi kelompok Biru,Bruno terkejut karena dijadikan bahan utama dalam presentasi kelompok Biru. Yang mengakibatkan Bruno malu dan kabur. 

Karena merasa bersalah akhirnya Biru pun meminta maaf melalui ibu Bruno dengan memberikan kaset yang berisikan presentasi kelompok Biru tentang Bruno untuk disampaikan kepada Bruno. Setelah menonton isi kaset yang diberikan Biru tadi Bruno tersadar bahwa selama ini dia salah kemudian dia meminta maaf kepada Tomtim dan berjanji akan berubah.

Evaluasi :

Film ini memiliki nilai moral yang dibutuhkan oleh remaja yaitu tentang persahabatan. Kelebihan dari film ini adalah kisahnya yang seru,adanya musik membuat kesan bosan hilang,dan juga akting pemain juga sangat bagus sedangkan kekurangan dari film ini adalah alur ceritanya yang  agak membingungkan karena terdapat bagian yang masih belum jelas.

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks ulasan film langit biru di buku tugasmu!

1. Apakah unsur-unsur pada struktur teks tersebut sudah lengkap?

2 Tuliskan identitas karya yang diulas tersebut!

3. Apa yang dimaksud sinopsis?

4. Tunjukan kelebihan karya yang diulas tersebut!

5. Tulislah kelemahan karya yang diulas tersebut!

Posting Komentar untuk "Materi Bahasa Indonesia kelas 8 MENJELASKAN KEMBALI TEKS ULASAN"