Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Bahasa Indonesia kelas 9 MENYIMPULKAN TEKS DISKUSI



 MENYIMPULKAN TEKS DISKUSI

Hai, Sobat kreatif Spensaka. Semoga pada hari ini kalian dalam kondisi sehat, semangat dan selalu taat menjalankan protokol kesehatan. Kali ini kalian akan belajar tentang menyimpulkan teks diskusi. Ayo kalian baca dan cermati materi berikut ini!

Menyimpulkan isi teks diskusi, tentunya diperlukan untuk lebih memahami teks diskusi secara keseluruhan, memahami intisarinya atau bisa dibilang rangkuman isi teks diskusi. Dengan menyimpulkan isi teks diskusi, maka kalian akan lebih cepat memahami isi teks diskusi yang disampaikan oleh para pengisi acara. Untuk bisa menimpulkan atau merangkum isi teks diskusi langkah apa saja yang harus diperhatikan?

Perlunya menyimpulkan isi teks diskusi ini dengan tujuan untuk lebih memahami teks. Dimana, hal yang perlu diketahu dalam menyimpulkan teks diskusi adalah pokok pikiran yang ada pada setiap paragrafnya. Selain itu, juga harus tetap berpacuan pada struktur teks, diantaranya adalah pendahuluan, isi, dan penutup.

Guna memudahkan pembaca dalam menyimpulkan isi teks diskusi ada beberapa langkah yang diperlukan, yaitu membaca teks diskusi, menentukan kalimat utama teks diskusi, dan membuat simpulan teks diskusi.

  • Membaca Teks Diskusi

Tujuan membaca teks diskusi untuk mengetahui kesan umum dalam teks tersebut. Dengan begitu, kita bisa paham apa yang dimaksudkan oleh penulis atau pengarang. Selain itu, perlu juga mencari kata kunci pada setiap kalimat di dalam paragraph teks diskusi.

  • Menentukan Kalimat Utama Teks Diskusi

Seperti yang diketahui, bahwa kalimat utama merupakan kalimat yang mengandung gagasan utama pada suatu paragraf. Biasanya kalimat tersebut terletak di awal kalimat maupun akhir kalimat. Dengan menentukan kalimat utama ini, maka akan lebih mudah dalam menyimpulkan isi teks.

  • Membuat Simpulan Teks Diskusi

Dengan membuat simpulan, kalimat yang akan dibuat menjadi lebih baik dan benar. Selain itu, juga akan mudah dimengerti. Adapun, syarat dalam membuat simpulan antara lain : simpulan merupakan hasil analisis teks diskusi, simpulan melukiskan isi dan paragraf, dan simpulan berisi hal-hal penting di paragraf.

a. Teknik analogi

Merangkai kesimpulan dengan teknik analogi adalah cara yang digunakan dengan membandingkan dua hal yang berbeda serta diperhatikan sisi kesamaannya. Untuk memperjelas, perhatikan contoh paragraf dengan penarikan kesimpulan menggunakan tekhnik analogi dibawah ini:
Mencapai puncak gunung kemudian menancapkan bendera diatasnya tentu bukan hal yang mudah. Banyak hal yang perlu dikorbankan, seperti tenaga, waktu,  mental, bahkan nyawa. Sama halnya dengan meraih cita-cita yang didambakan. Banyak yang harus di korbankan dalam setiap perjuangan, meski mungkin meraih cita-cita tidak seperti mendaki gunung yang mengancam nyawa. Namun, meraih kesuksesan dengan mencapai puncak gunung yang memerlukan persiapan fisik, waktu dan mental, sama hanya dengan meraih cita-cita yang juga memerlukan persiapan yang matang baik dari pembelajaran ataupun pengetahuan.
Kesimpulan: “meraih kesuksesan dengan mencapai puncak gunung yang memerlukan persiapan fisik, waktu dan mental, sama hanya dengan meraih cita-cita yang juga memerlukan persiapan yang matang baik dari pembelajaran ataupun pengetahuan”.


b. Teknik generalisasi

Cara menarik kesimpulan dengan menggunakan teknik generalisasi ini merupakan cara penarikan kesimpulan dengan mengambil pernyataan secara umum dari kalimat atau fakta serta penjelasan detail sebelumnya. Teknik generalisasi ini memiliki ciri khas yakni menggunakan kata “dengan demikian” pada penarikan kesimpulan sehingga lebih memudahkan pembaca atau pendengar untuk menentukan bagian mana yang merupakan kesimpulan. Untuk memperjelas, perhatikan contoh paragraf penarikan kesimpulan dengan menggunakan teknik generalisasi dibawah  ini:
Try out ke 1 untuk kelas 12 yang dilaksanakan seminggu yang lalu ternyata mendapatkan hasil yang kurang memuaskan. Banyak siswa yang masih dinyatakan tidak lulus pada try out pertama ini. Padahal pihak sekolah sudah memperpanjang jam pemantapan baggi setiap kelas 12. Namun tidak sedikit pula dari siswa kelas 12 justru malah kabur di saat seharusnya siswa kelas 12 mengikuti pemantapan. Dengan demikian, agar nilai mengalami kenaikan di try out berikutnya, diharapkan siswa kelas 12 lebih serius lagi dalam kegiatan pembelajaran dan mengikuti pemantapan dengan rutin. 



Jawablah pertanyaan dibawah ini di buku tugasmu!

1. Simak kutipan teks berikut!
Hari valentine atau Valentine Day agaknya tidak asing lagi di kalangan remaja. Bahkan tidak sedikit di antara mereka yang menunggu-nunggu kedatangannya. Bagi mereka, Valentine Day adalah momentum mencurahkan kasih sayang kepada orang yang dicintai. Jutaan orang bertukar kartu cinta, kado spesial, hingga pesan cinta sebagai simbol perayaan Valentine yang diyakini jatuh pada tanggal 14 Februari tersebut. Adanya publikasi di media terutama televisi yang mengumbar peringatan Valentine membuat hari itu menjadi seakan spesial. Namun, di negara kita, peringatan Valentine mengundang kontroversi.
Kutipan teks tersebut merupakan bagian ....

2. Simak kutipan teks berikut!
Banyak yang mendukung keputusan pemerintah itu, namun banyak juga yang menentang. Mereka yang mendukung beralasan penerbangan murah itu yang membuat masyarakat Indonesia lebih cenderung bertamasya ke negara tetangga. Padahal banyak obyek wisata indah di Indonesia, hanya memang masih kurang dipromosikan oleh pemerintah.
Kutipan teks tersebut merupakan bagian ....

3. Simak kutipan teks berikut!
Facebook adalah pintu gerbang dunia maya. Segala sesuatu, baik hal-hal yang baik maupun yang buruk dapat terhubung ke akun Facebook anak. Sering kali bukan teman anak yang memberi pengaruh buruk, melainkan teman-teman dari temannya.
Hasil studi Profesor Larry D. Rosen dari California State University juga mengungkap beberapa efek buruk dari Facebook, termasuk narsisme yang sering menghinggapi anak yang memakai situs jejaring sosial tersebut, perilaku antisosial, kecenderungan berperilaku agresif, dan mudah marah.
Studi yang disebutkan oleh Rosen menyatakan bahwa murid sekolah dan kuliahan yang membuka Facebook setidaknya 15 menit ketika sedang belajar, cenderung mendapatkan nilai yang rendah.
Kutipan teks tersebut merupakan bagian ....


4. Perhatikan kutipan teks diskusi berikut!
(1) Namun komentar yang dikeluarkan bisa saja menyinggung orang lain.
(2) Melarang anak memiliki akun Facebook bukanlah cara yang bijak karena bisa saja anak lari ke rumah temannya atau warnet yang bertebaran dan membuat akun sendiri. Apapun keputusan orangtua tentang Facebook, cobalah untuk membuat keputusan dan kesepakatan bersama anak sebelum membuat akun.
(3) Kenyataannya, Facebook memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan saat orangtua hendak membolehkan atau melarang anak membuat akun jejaring sosial ini.
(4) Yang tak kalah pentingnya, sebagian besar anak menggunakan jejaring sosial untuk membahas pekerjaan sekolah.
(5) Jejaring sosial yang bertebaran, misalnya Facebook, memberi stimulus bagi anak untuk tak mau lepas dari gadget itu.
(6) Negatifnya, jejaring sosial memberikan kebebasan atau ruang untuk mengekspresikan diri dengan berkomentar.
(7) Hasil studi Profesor Larry D. Rosen dari California State University juga mengungkap beberapa efek buruk dari Facebook, termasuk narsisme yang sering menghinggapi anak yang memakai situs jejaring sosial tersebut, perilaku antisosial, kecenderungan berperilaku agresif, dan mudah marah.
(8) Positifnya, mengelola halaman Facebook mengajarkan anak dapat menguasai keterampilan media sosial yang nantinya akan semakin penting ketika usia mereka bertambah.
Susunan teks diskusi yang sesuai dengan struktur teks !

5. Bacalah teks berikut!
Remaja saat ini tumbuh di zaman internet. Tetapi apakah hal ini akan berdampak ketika mereka dewasa nanti? Lewat jejaring sosial, orang dapat saling berkomunikasi walaupun jaraknya jauh. Mereka dapat memberikan data privasi, nomor telepon, alamt, bahkan data keluarga serta hal lain yang seharusnya tidak diekspos. Siapa saja langsung dapat berkenalan meskipun tanpa mengetahui latar belakangnya. Celakanya lagi, berbagai pemahaman dapat dengan mudah masuk ke remaja bila tidak ada pengawasan yang ketat di kehidupan remaja tersebut.
Apa Inti paragraf teks diskusi tersebut?

Posting Komentar untuk "Materi Bahasa Indonesia kelas 9 MENYIMPULKAN TEKS DISKUSI"