Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KERAJINAN IX/2: MATERI-2 JENIS DAN KARAKTERISTIK SERTA PRODUK DAN PROSES KERAJINAN BERBASIS MEDIA CAMPURAN

 MATERI-2 JENIS DAN KARAKTERISTIK SERTA PRODUK DAN PROSES KERAJINAN BERBASIS MEDIA CAMPURAN


A. Jenis dan Karakteristik Kerajinan Berbasis Media Campuran
Setiap bahan memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda, oleh karena itu sebelum menggunakan bahan tersebut sebagai media campuran kerajinan, maka harus dipelajari karakteristik dan sifat bahan tersebut, untuk menentukan jenis bahan yang sesuai sebagai paduannya serta penanganan yang tepat dalam proses pembuatannya.  
Contoh 1: logam yang memiliki sifat mudah berkarat, digunakan sebagai kerangka kerajinan anyaman bahan serat alam yang dalam prosesnya perlu pencelupan pada bahan pemutih kimia yang berakibat besi menjadi berkarat. Supaya bahan besi tersebut terlindungi dari bahan kimia pemutih, maka sebelum digunakan besi tersebut ditutup dengan plester dari bahan plastik yang sifatnya kedap air.
Contoh 2 : bahan alam tanah liat yang memiliki sifat mudah pecah, maka dalam proses pembuatannya dapat dilapisi semen, untuk bahan gypsum yang harganya cukup mahal dapat dicampur media tanah liat yang harganya lebih murah.

B. Produk dan Proses Kerajinan Berbasis Media Campuran
Selanjutnya dalam proses produksi suatu kerajinan, proses pertama adalah pembuatan rancangan kerajinan. Rancangan merupakan suatu gambar rencana atau gambar sketsa yang harus diikuti dalam proses membuat karya nantinya.  Gambar rencana ini berfungsi agar kita dalam membuat karya terarah sesuai rencananya. Apabila ditemui kendala pada waktu proses pengerjaannya, maka rancangan dapat diubah sebagai solusi, sehingga pekerjaan dapat dilanjutkan kembali. Sketsa rancangan merupakan bagian dari karya seni, sehingga apabila bagus, karya rancangan tersebut dapat dibingkai dan dipamerkan atau dipasarkan.

Untuk lebih jelasnya tentang  MATERI-2 JENIS DAN KARAKTERISTIK SERTA PRODUK DAN PROSES KERAJINAN BERBASIS MEDIA CAMPURAN silakan kalian simak dan pelajari lebih lanjut video pembelajaran berikut ini ....!!


TUGAS-2 KERAJINAN
1. Pada pertemuan hari ini masih sama seperti minggu sebelumnya atau sama dengan tugas yang ada di Materi-5 Kerajinan Berbasis Media Campuran, yaitu :
Setelah kalian simak dan pelajari video pembelajaran tersebut, silakan materi tersebut ditulis kembali pada buku catatan dalam bentuk resume atau rangkuman. 
2. Selanjutnya resume atau rangkuman tersebut (Materi-1 dan Materi-2 Kerajianan) yang telah selesai kalian kerjakan, difoto lalu kirim ke link berikut ini :


3. Materi dalam tayangan video tersebut di atas dapat kalian kaji/gali lagi dengan mempelajari Prakarya Kerajinan Berbasis  Media Campuran yang ada di Buku Paket Prakarya Kelas IX dan Modul Pendamping Prakarya Kelas IX (LKS)

selamat belajar, semoga sukses....!!

Posting Komentar untuk "KERAJINAN IX/2: MATERI-2 JENIS DAN KARAKTERISTIK SERTA PRODUK DAN PROSES KERAJINAN BERBASIS MEDIA CAMPURAN"