Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENILAIAN PRAKTEK OLAHAN HASIL SAMPING SAYURAN ( 7==>2 : 5 )

 PENILAIAN PRAKTEK



    Assalamu’alaikum…..slamat pagi semuanya….masih semangat pembelajaran daring khan…..untuk pertemuan kali ini. Tugas kalian adalah MEMBUAT PERENCANAAN PRAKTEK . Bentuk olahan yang bisa kalian praktekan bebas yang terpenting dalam olahan tersebut menggunakan HASIL SAMPING SAYURAN. Sedikit pak guru beri contoh olahan hasil samping sayuran’

1. SAYUR OSENG/TUMIS

    Bahan dasar sayurnya bisa kalian pilih sendiri yang terpenting dalam sayur oseng ini adalah dalam menggunakan bumbu terutama bawang merah maupun bawang putih, kulit bawang tersebut JANGAN DIBUANG namun bisa kalian ikut sertakan pada saat mengolahnya/menumisnya. Baru nanti kalau sudah siap saji dalam mengkonsumsi sayur ini, dipilih kulit bawangnya.

2. BROKOLI CRISPY

    Bahan dasar jelas menggunakan sayuran brokoli, hanya saja yang diolah tidak hanya bunga brokoli saja, namun batang brokolinya juga ikut di masukkan ke tepung siap saji kemudian di goring dalam minyak yang banyak. Tentu saja batang brokolinya kalian pilih yang tidak terlalu keras yang untuk di olah nanti.

3. SAYUR KENTANG

    Olahan sayur kentang ini juga bisa bermacam-macam jenisnya, yang penting dalam mengolah kentang, kentangnya jangan dikupas. Kentang cukup dicuci bersih dari tanah yang masih menempel, kemudian kalian bisa langsung memotong sesuai selera kemudian kalian masak. Dalam hal ini kulit kentang akan dimasak bersama kentangnya.

4. OLAHAN DAUN TALAS

    Daun talas bisa diolah menjadi masakan timis atau bisa juga diolah menjadi buntil. Kalian bisa pilih salah satu untuk mempraktekkannya.

5. OLAHAN KULIT MLINJO

    Kulit mlinjo biasanya hanya diolah menjadi masakan beupa oseng kulit mlinjo, atau ada yang menyebut sayur jaket. Kini kulit minjo bisa di olah menjadi camilan gurih, dimana kulit mlinjo di rebus kemudian di beri bumbu lalu digoreng atau ada yang suka sebelum digoreng di balur dengan tepung bumbu baru digoreng.

    Nah dari contoh di atas silahkan kalian pilih yang sekiranya kalian bisa praktekkan. Namun apabila kalian mempunyai ide sendiri dalam membuat olahan dari hasil samping sayuran, juga tidak apa apa. Silahkan kalian buat PERENCANAANNYA DULU. Apabila ada yang menginginkan nilai BONUS, silahkan kalian buat PERENCANAAN olahan dari batang daun wortel. Apabila ada yang sanggup, nanti ada tambahan nilai.

    Format  tugas ini bisa kalian lihat pada baris di bawah ini :


JUDUL OLAHAN

( misalnya BROKOLI CRISPY )


                ALAT :                                                                    BAHAN :

(sebutkan semua alat yang digunakan)            (sebutkan semua bahan yang digunakan)



    CARA KERJA :

                                -

                                -    

                                - 

                                (sebutkan langkah kerja dalam mengolah bahan secara lengkap sampai disajikan)

Tugas ini kalian buat dibuku catatan masing2, boleh kelompok maksimal 2 anak anggotanya. Boleh membuat lebih dari satu TUGAS PERENCANAAN, otomatis ada tambahan point nilai. tugas akan dinilai PEKAN DEPAN.

Maksimalkan kesempatan ini, ingat Tugas ini merupakan PENILAIAN PRAKTEK YANG PERTAMA jadi mempunyai bobot nilai yang tinggi………


Posting Komentar untuk "PENILAIAN PRAKTEK OLAHAN HASIL SAMPING SAYURAN ( 7==>2 : 5 )"