Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BANGUN RUANG SISI DATAR (KUBUS)

 Assalamualaikum wr. wb.

Bagaimana kabar kalian, semoga dalam keadaan yang sehat dan bahagia yaa. Jangan lupa berdoa dulu sebelum belajar.

Untuk pembelajaran hari Sabtu, 13 maret 2021, kalian akan mempelajari materi baru yaitu Bangun Ruang Sisi Datar. Bangun yang akan kita bahas adalah kubus, balok, prisma dan limas. Kali ini kita akan membahas pengertian dan unsur-unsur kubus terlebih dahulu. Silahkan pahami materi berikut.

Sumber: publicdomainvectors.org


Kubus merupakan salah satu bangun ruang yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali benda yang mengadopsi bentuk kubus, baik secara sendiri atau digabungkan dengan bentuk lain. Dadu merupakan salah satu benda sehari-hari yang mengadopsi bentuk kubus.

A. PENGERTIAN KUBUS

Kubus adalah suatu bangun ruang yang dibatasi enam sisi berbentuk persegi yang kongruen. Kubus memiliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Selain itu, kubus merupakan bentuk prisma segi empat. Pemberian nama pada kubus dapat dilakukan dengan cara menyebutkan titik-titik sudutnya. Misalkan titik-titik sudut pada bilang alas suatu kubus berturut-turut A, B, C, dan D, sedangkan titik sudut pada bidang atas berturut-turut E, F, G, dan H, maka kubus tersebut dinamakan kubus ABCD.EFGH.

B. UNSUR-UNSUR KUBUS

1. Sisi Kubus

Sisi kubus adalah bidang berbentuk persegi yang membatasi kubus. Kubus mempunyai sisi, yaitu sisi ABCD, sisi ABFE, sisi CDHG, sisi BCGF, sisi ADHE, dan sisi EFGH.

2. Rusuk Kubus

Rusuk kubus adalah ruas garis yang merupakan perpotongan dua sisi pada kubus. Kubus mempunyai 12 rusuk, yaitu AB, BC, CD, AD, AE, BF, CG, DH, EF, FG, GH, EH.

3. Titik Sudut

Titik sudut kubus adalah titik potong antara tiga rusuk. Kubus mempunyai 8 titik sudut yaitu, A, B, C, D, E, F, G, dan H

4. Diagonal Bidang atau Diagonal Sisi

Dalam pembahasan ini, yang dimaksud diagonal bidang adalah diagonal bidang sisi. Perhatikan gambar kubus ABCD.EFGH dengan panjang rusuk s di samping. Jika kita menginginkan menarik garis pada masing-masing sudut yang berhadapan pada setiap bidang atau sisi, kita akan mendapatkan garis yang akan membentuk segitiga sama kaki. Garis tersebut disebut diagonal bidang atau diagonal sisi. Pada kubus ABCD.EFGH memiliki 12 diagonal bidang atau diagonal sisi, yaitu AF, BE, CF,BG, CH,DG,AH, DE, AC, ED, EG, dan FH.

Panjang diagonal sisi kubus:


5. DIagonal Ruang

Diagonal ruang adalah garis yang menghubungkan dua titik sudut yang saling berhadapan dalam satu ruang. Pada kubus ABCD.EFGH di samping terdapat 4 diagonal ruang, yaitu garis AG, BH, CE, dan DF.

Panjang diagonal ruang kubus:

6. Bidang Diagonal

Bidang diagonal adalah bidang yang dibentuk dari dua garis diagonal bidang dan dua rusuk kubus yang sejajar pada kubus ABCD.EFGH di samping memiliki 6 bidang diagonal, yaitu bidang diagonal ACGE, BDHF, ABGH, CDEF, ADGF dan BCHE.

Luas bidang diagonal kubus:

C. JARING-JARING DAN KERANGKA KUBUS

Apabila kardus berbentuk kubus diiris dan direbahkan seperti pada gambar berikut, akan diperoleh jaring-jaring kubus tersebut. Dalam matematika bentuk itu dikenal dengan jaring-jaring kardus. Dalam matematika bentuk itu dikenal dengan jaring-jaring kubus.

Rusuk-rusuk yang menyusun kubus adalah kerangka rusuk, panjang total kerangka kubus dengan panjang rusuk s dapat dihitung dengan rumus berikut.


CONTOH SOAL:

Perhatikan gambar kubus di samping.

1. Tulislah nama kubus tersebut.

2. Tulislah bidang alas, bidang atas, dan sisi tegaknya.

3. Tuliskan rusuk yang sejajar dengan QR.

4. Tentukan diagonal bidang (sisi) pada PQRS.

5. Tentukan diagonal ruang di titik sudut T.

6. Tentukan bidang diagonal yang melalui rusuk PS.

7. Jika panjang rusuknya adalah 5 cm, hitunglah panjang kerangka kubus.

PEMBAHASAN:

1. Nama kubus di atas adalah PQRS.TUVW

2. Bidang alas = PQRS

    Bidang atas = TUVW

    Sisi tegak = PQUT, QRVU, RSWV, dan PSWT

3. Rusuk yang sejajar dengan QR adalah UV, TW, dan PS

4. Pada sisi PQRS diagonal bidangnya adalah PR dan QS

5. Diagonal ruang di titik sudut T adalah TR.

6. Bidang diagonal yang melalui rusuk PS adalah PSVU.

7. Panjang kerangka kubus = 12 x s = 12 x 5 = 60

Jadi panjang kerangka kubus PQRS.TUVW adalah 60 cm.

 Demikian materi pengertian dan unsur-unsur kubus. Sampai jumpa pada pertemuan berikutnya dengan materi luas permukaan dan volume kubus ya... 

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Wassalaamu 'alaikum Wr Wb

Posting Komentar untuk "BANGUN RUANG SISI DATAR (KUBUS)"