Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME KUBUS

Assalamualaikum wr. wb.

Bagaimana kabar kalian, semoga dalam keadaan yang sehat dan bahagia yaa. Jangan lupa berdoa dulu sebelum belajar.

Untuk pembelajaran hari Selasa, 15 maret 2021, kalian akan mempelajari materi luas permukaan dan volume kubus, setelah minggu lalu kalian terlebih dahulu mempelajari pengertian dan unsur-unsur kubus. 

Sumber: Bukalapak.com

Karyawan perusahaan farmasi sedang memasukkan kemasan obat berbentuk kubus dalam beberapa kardus yang ukurannya lebih besar. Terdapat dua kardus dengan ukuran yang berbeda, yaitu 48 cm dan 64 cm. Adapun kemasan obat tersebut berbentuk kubus dengan ukuran rusuk 8 cm. Karyawan tersebut berencana memasukkan kemasan obat ke salah satu kardus. Untuk menentukan biaya yang paling ekonomis, tentunya perbandingan banyak kemasan dan harga kardus perlu dipertimbangkan.

Materi tentang luas permukaan dan volume kubus sangat diperlukan dalam menyelesaikan masalah ini. Pada subbab ini, kamu akan mempelajari tentang luas permukaan, dan volume kubus.

 

A. Luas Permukaan Kubus

Luas permukaan suatu bangun ruang adalah jumlah luas seluruh permukaan (bidang) bangun ruang tersebut. Berdasarkan pengertian itu, maka untuk menetukan luas permukaan bangun ruang, perlu diketahui terlebih dahulu bentuk dari masing-masing bidang yang membatasi bangun ruang dan banyaknya bidang.

Secara umum, cara menentukan luas permukaan bangun ruang adalah sebagai berikut.

a. Membuat jaring-jaring dari bangun ruang itu.

b. Menghitung luas jaring-jaring bangun ruang itu.


Untuk menentukan rumus luas permukaan kubus, perhatikan gambar di bawah. Diketahui kubus dengan panjang rusuk = r




Dari jaring-jaring kubus terlihat bahwa kubus itu memiliki enam buah bidang dengan tiap bidangnya berbentuk persegi.  Maka,

Jadi, rumus luas permukaan kubus adalah 


Dengan

L = luas permukaan kubus

s = panjang rusuk kubus

 Contoh Soal:

Panjang rusuk-rusuk suatu kubus adalah 7 cm. Hitunglah luas permukaan kubus tersebut.

Pembahasan:

Diketahui panjang rusuk, r = 7 cm, maka:





B. Volume Kubus

Volume bangun ruang menyatakan ukuran atau kemampuan bangun itu untuk menampung benda yang tepat untuk memenuhi seluruh ruangannya. Benda yang tepat memenuhi ruang suatu bangun adalah benda cair, sehingga volume bangun ruang menyatakan kemampuannya menampung suatu benda cair. Misalnya, volume bak air yang berbentuk kubus tanpa tutup adalah 100 liter, artinya apabila bak itu diisi air sampai penuh dapat menampung 100 liter air.

Volume bangun ruang ditentukan dengan membandingkannya terhadap satuan pokok volume, seperti m3, dm3, cm3, mm3, dan sebagainya.


Jadi, volume kubus dengan panjang rusuk = r dirumuskan sebagai berikut.

 


 Dengan:

V = volume kubus

r = panjang rusuk kubus

Posting Komentar untuk "LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME KUBUS"