Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer



 KIAT SUKSES BERPRESTASI DI SEKOLAH

        Prestasi membutuhkan motivasi untuk mencapai kesuksesannya. Motivasi berprestasi merupakan keinginan untuk menyelesaikan sesuatu, mencapai suatu standar kesuksesan, dan berusaha untuk mencapai kesuksesan tersebut. Prestasi kita di masa depan ditentukan oleh apa yang kita lakukan saat ini. Oleh kerena itu, jadilah remaja yang berprestasi, jadilah remaja yang suskes di sekolah di bidang yang kamu sukai.

       Sebagai generasi penerus bangsa, kita harus berupaya semaksimal mungkin untuk meraih prestasi, khususnya prestasi belajar. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan agar kita dapat berprestasi dalam belajar. Mulai dari persiapan diri dalam menghadapi pelajaran, menciptakan pusat belajar di rumah, pengaturan waktu, sampai pada kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan dalam belajar.

Kalau kita mau sukses berprestasi di sekolah, kita harus menyiapkan diri sebaik-baiknya dalam menghadapi pelajaran, baik persiapan yang dilakukan di rumah maupun di sekolah. Menurut Pamela Espeland dalam buku Pintar remaja gaul, ada beberapa langkah yang dapat kita jalankan untuk persiapan menghadapi pelajaran. 

Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut :

1. Di rumah. Sebelum berangkat sekolah, periksa dulu barang-barang yang kita butuhkan hari itu !              Apakah  semuanya  sudah  lengkap untuk  di bawa ?

2. Di Lokermu (bila sekolahmu menyediakan loker untuk setiap siswa) sebalum masuk kelas, periksa dulu loker Anda! Pastikan semua yang kita butuhkan sudah tersedia !

3. Di Kelas. Sebelum ke luar kelas, catat tugas-tugas yang diberikan dan apa yang harus kita lakukan! Kalau kita perlu bertanya atau memastikan petunjuk yang sudah diberika guru, lakukan sebelum Anda ke luar kelas !

4. Kembali ke rumah. Periksalah jadwal harianmu ! cobalah berpegang teguh pada jadwal itu !            Tetapilah komitmen belajar kita ! jika memungkinkan, kerjakan PR pada jam yang sama setiap hari !

5. Di rumah, Sebelum tidur, letakkan tas, alat tulis, buku, PR, tugas sekolah yang sudah ditandatangani, tugas-tugas khusus, dan apa saja yang kita butuhkan esok paginya di satu tempat. Lebih baik, kita meletakannya di tempat yang sama tiap malam.


Berikut ini tips-tips agar kita bisa belajar dengan lebih baik, diantaranya sebagai berikut :

a. Tempat, 

Berusahalah menemukan tempat yang tenang dan bebas dari gangguan (suara telepon, TV, Radio, video games, dan lain sebagainya). Pilihlah tempat yang bukan tempat kita melakukan hal lain. Misalnya, kalau kita belajar di atas tempat tidur, kita akan mulai berpikir tentang tidur.

b. Pencahayaan, 

Sebagian siswa menyukai cahaya terang, sementara yang lain memilih cahaya yang lebih redup. Cahaya alami matahari adalah cahaya yang paling bagus untuk kita. Akan tetapi, cahaya seperti apapun yang kita gunakan, haruslah cahaya yang memadai, agar mata kita tidak rusak apabila membaca atau bekerja.

c. Tempat duduk, 

Boleh meringkuk di sofa empuk ketika membaca cerita. Akan tetapi, kita perlu berkonsentrasi. Oleh karena itu, cobalah duduk di kursi berpunggung di depan meja

d. Keributan, 

Carilah tempat yang jauh dari pusat keramaian. Tempelkan tanda DO NOT DISTURB, SEDANG BELAJAR, atau JANGAN GANGGU, agar orang lain tahu bahwa kamu sedanga belajar atau bekerja.

e. Alat tulis, 

Banyak yang membuang waktu yang berharga untuk mencari alat tulis. Kamu bisa lebih efisien dalam memanfaatkan waktu. Siapkan alat tulis selengkap mungkin, seperti pensil, pulpen, karet penghapus, penggaris, rautan, dan lain sebagainya di meja belajar Anda. Letakkan barang-barang tersebut dalam sebuat tempat/kotak. Dengan begitu, emosi dan semangat Anda tidak terganggu karena lelah mencari alat tulis.

f. Komputer, 

Jika kamu memiliki komputer di rumah yang diletakkan bukan di tempat belajar, melainkan di tempat umum yang bisa digunakan bersama anggota keluarga lain, Anda harus membuat jadwal untuk menggunakan komputer tersebut.

g. Tempat menyimpan tugas berjangka panjang. 

Sebagian tugas dari sekolah bisa menghabiskan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk diselesaikan. Dalam merencanakan tugas berjangka panjang, pikirkan pula cara menata bahan-bahan yang dibutuhkan untuk tugas tersebut. Mungkin Anda perlu tempat penyimpanan, bisa berupa keranjang plastik atau kardus untuk meletakkan barang-barang.

h. Rujukan, 

Buatlah perpustakaan kecil yang berisi kamus, ensiklopedia, buku-buku pelajaran yang sudah lalau, biografi tokoh, dan lain sebagainya

i. Papan tempel, 

(mading = majalah dinding). Gunakan papan tempel (bisa dari gabus, karton atau triplek) untuk menempelkan kalender, catatan penting maupun petunjuk untuk mengerjakan tugas khusus. 



Posting Komentar untuk " "