Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TERAMPIL MENELAAH STRUKTUR KEBAHASAAN, DAN MENULIS TEKS DESKRIPSI (2)

 Struktur teks tanggapan deskriptif mencakup: identifikasi, deskripsi bagian, simpulan. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada bagan berikut.

Struktur Teks Deskripsi

1.    Identifikasi/ gambaran umum , Berisi nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya, makna nama, pernyataan umum tentang objek.

2.    Deskripsi bagian ,Berisi perincian bagian objek tetapi diperinci berdasarkan tanggapan subjektif penulis.

a.    Perincian dapat berisi apa yang dilihat (bagian-bagiannya, komposisi warna, seperti apa objek yang dilihat menurut kesan penulis).

b.    Perincian juga dapat berisi perincian apa yang didengar (mendengar suara apa saja, seperti apa suara-suara itu/ penulis membandingkan dengan apa).

c.   Perincian juga dapat berisi apa yang dirasakan penulis dengan mengamati objeks.

Jenis Pengembangan Deskripsi Bagian

1. Deskripsi bagian berdasarkan ruang , Berisi perincian bagian-bagian ruang objek yang dideskripsikan. Misalnya, penulis mendeskripsikan bagian pintu masuk, bagian tengah, bagian belakang). Perincian ruang juga dapat menyebut nama ruangruang dan ciri-cirinya.

2.  Deskripsi bagian berdasarkan anggota bagian- bagian objek , Berisi perincian bagian-bagian yang dideskripsikan (pantai digambarkan bawah lautnya, bibir pantai, ombak dan pasirnya, pemandangan tumbuhan dan hewan pantai).

3.  Deskripsi bagian berdasarkan proses sesuatu berlangsung. , Berisi perincian bagian awal, mulai meningkat, puncak (inti), penutup. Misalnya, penulis mendeskripsikan awal pementasan, puncak adegan, mulai meluruh, dan penutup.

4. Deskripsi bagian berupa pemfokusan , Berisi bagian yang paling disukai dari bagian yang dideskripsikan. Contoh: Bagian yang paling saya sukai dari perpustakaan ini adalah ruang bacanya. Desain unik dengan cat cerah memberikan kenyamanan yang luar biasa pada pengunjung.

 

PENUGASAN

Ubah dan lanjutkan naskah berikut sesuai dengan imajinasi tentang rumah kalian ya! Kerjakan di buku tulis, Foto lalu kirimkan melalui GC ya.

Rumahku di …………………….. Di halaman rumahku terdapat pohon …………….. yang ditanam oleh ayahku sejak lima tahun yang lalu. Rimbunan daun pohon membuat suasana di sekitaran rumahku sangat sejuk dan segar. Aneka bunga yang diletakan di depan rumah juga menambah selera mata untuk selalu melihatnya.

………………………………………………………….................................................................... ……………..............................…………………………………………………………………………………..............................……………………………………………………………………….........…........................………………………………………………………………………..............................………………………………………………………………………....................................................................................................................................................................................................




2 komentar untuk "TERAMPIL MENELAAH STRUKTUR KEBAHASAAN, DAN MENULIS TEKS DESKRIPSI (2)"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Rumahku di desa Klapasawit dihalaman rumahku terdapat pohon dan masjid, yang dibangun puluhan tahun lalu sehingga suasana sejuk dan segar serta rukun, disamping rumahku ada pohon singkong dan pohon pisang membuat selera mata untuk selalu melihatnya.

    Setiap waktunya sholat berangkat ke masjid melakukan ibadah bersama, setiap sore saya bermain bersama teman, habis itu mandi.

    BalasHapus