Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BENTUK - BENTUK KERJA SAMA ASEAN IPS 8

 IPS 8 BENTUK - BENTUK  KERJASAMA  ASEAN  DAN PRKEMBANGANNYA

         Interaksi dan kerjasama antar negara negara ASEAN semakin berkembang seiring munculnya berbagai kebutuhan dan kegiatan setiap negara  anggotanya .

Kebutuhan sosial,politik,ekonomi dan bidang lainnya menuntut suatu negara untuk berperan aktif melakukan kerjasama antarnegara.selain itu globalisasi sudah sedemikian luas sehingga perlu adanya kerjasama antar negara negara ASEANuntuk menjaga dan mewujudkan keamanan dan perdamaian negara negara anggotanya sehingga dibangun kerjasama politik dan pertahanan .

TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah belajar materi bentuk-bentuk kerja sama ASEAN dan perkembangannya diharapan ananda dapat:

 1. Menganalisis bentuk bentuk kerjasama ASEAN dalam tabel dengan benar

 2. Membuat poster / gambar dalam bentuk tulisan tentang kegiatan yg dapat meningkatkan kerja sama antarnegara negara ASEAN dengan baik dan menarik

AKTIVITAS PEMBELAJARAN 

1.


Gambar diatas merupakan cabang olah raga yang dipertandingkan dalam SEA GAMES 2019.

Games ini merupakan contoh dari bentuk interaksi dan kerjasama di bidang olah raga antarnegara negara asean.

Seiring dengan munculnya berbagai kebutuhan setiap negara anggotanya maka interaksi dan kerjasama antatnegara negara asean semakin berkembang .Bentuk kerjasama yang ada di antara negara negara anggota asean dilakukan dalam berbagai bidang.

1. BIDANG SOSIAL DAN  BUDAYA

2. POLITIK DAN KEAMANAN

3. PENDIDIKAN 

II MEMBUAT POSTER /GAGASAN DALAM BENTUK TULISAN TENTANG KEGIATAN YANG DAPAT MENINGKATKAN KERJASAMA ANTARNEGARA ASEAN

Kerjasama antarnegara asean penting dilakukan untuk mewujudkan perdamaian dan keamanan di wilayah asia tenggara .Kerjasama itu terjadi dengan indah jika terdapat saling menghormati dan membutuhkan diantara warga negara anggotanya.Sebagai generasi milenial Ananda dapat berlatih menjadi warga negara yang baik sebagai anggota asean mulai dari sekarang .Bercita citalah menjadi orang atau warga negara yag ikut aktif berperan serta dalam kerjasama antarnegara ASEAN.


Pada aktivitas ini anadna diminta untuk bercerita tentang cita cita atau keinginanmu dalam peran serta dan keterlibatan dalam salah satu acara bentuk kerjasama antarnegara asean .Ananda bebas berperan menjadi apa dan siapa..jika mau membuat poster maka poster bisa digambar pada buku gambar atau hvs.

Kerjasama antarnegara anggota asean sangat diperlukan untuk menciptakan perdamaian dan ketenangan diantara negara negara anggotanya.Selain itu dengan adanya kerja sama tersebut akan tercipta kerukunan dan kemajuan bersama.

Agar memahami mengenai bentuk bentuk kerja sama ASEAN. Ananda dapat membaca kembali buku paket kelas VIII halaman 46-49.

Posting Komentar untuk "BENTUK - BENTUK KERJA SAMA ASEAN IPS 8"