Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Soal Deskripsi

Bacalah teks deskripsi berikut kemudian jawablah pertanyaan

Wisata Pantai Laut Selatan Jawa Barat

(1)   Rancabuaya adalah salah destinasi wisata pantai di bagian selatan Jawa Barat. Letaknya diapit oleh Sayang Heulang dan pelabuhan Jayanti yang merupakan pantai lainnya di sepanjang jalur pantai selatan Garut-Cianjur, Jawa Barat. Pantai ini terkenal dengan keindahan pantai, laut, dan hamparan rumput hijau di kawasan perbukitannya.

(2)   Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih. Luas pantainya tergantung dari pasang-surut air. Ketika air laut sedang pasang area pantai menjadi lebih sempit.

(3)   Dari keajauhan air laut tampak biru senada dengan langit toska yang memayunginya. Sementara itu dari dekat airnya sangatlah jernih. Saking jernihnya, kita dapat melihat ikan yang berenang di antara terumbu karang yang tak kalah indahnya.

(4)   Sepanjang pantai selatan telah diselimuti oleh jalan aspal yang mudah untuk diakses oleh kendaraan bermotor. Terdapat beberapa kios kecil yang menjual aneka camilan, makanan, dan suvenir untuk buah tangan.

(5) Meskipun sebagian kawasan telah dilengkapi jalan beraspal, kawasan ini masih terhitung sepi. Kawasan ini tentunya masih sangat nyaman untuk dikunjungi tanpa hiruk-pikuk turis yang terlalu banyak.

(6) Jadi tunggu apalagi, jika Anda berencana untuk berwisata, cobalah pantai ini. Belum lagi, Rancabuaya adalah salah satu kawasan wisata yang dapat membuat tim gunung dan tim pantai akur karena keduanya ada di sini.

Tulis Pertanyaan di bawah ini di buku tulis kalian ya, kerjakan dengan baik!!

1. Jelaskan struktur teks deskripsi tersebut

2.   Tuliskan dua contoh kalimat perincian

3.   Tuliskan dua kalimat yang menggunakan cerapan pancaindra

4.   Lengkapi teks deskripsi rumpang berikut dengan kata depan di, ke, dan dari

Danau Singkarak mempunyai luas sekitar 107,8 Kilometer persegi membentang […] dua kabupaten, yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Dengan mempunyai luas seperti itu, Danau Singkarak termasuk danau terluas kedua [...] Sumatera setelah Danau Toba. Danau Singkarak berada tidak jauh [...]Taman Nasional Kerinci Seblat.

NB : Yang minggu kemarin belum mengerjakan Ulangan Harian , silakan kerjakan melalui link Ulangan Harian Teks Deskripsi .


Posting Komentar untuk "Latihan Soal Deskripsi"