Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IPA 7: KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

 


MENGIDENTIFIKASI BENDA-BENDA DI SEKITAR

Di lingkungan sekitar terdapat benda-benda yang bersifat alamiah, contohnya: batu, pasir, logam, dan udara, dan lain-lain.

Benda-benda di sekitar, selain bersifat alamiah, juga bersifat buatan atau hasil kerja manusia, contohnya: pensil, baju, bahan makanan, ban mobil, kaca, sepeda motor, dan mobil.

Benda-benda hasil buatan manusia bahan dasarnya berasal dari bahan alam. Seperti wajan untuk memasak terbuat dari tembaga yang merupakan bahan alam, pensil terbuat dari bahan karbon, dan sebagainya.

Benda-benda tersebut ada yang bersifat sederhana dan ada pula yang bersifat kompleks. Misalnya sebuah mobil bersifat kompleks karena terdiri atas berbagai bahan, antara lain besi, alumunium, karet, kaca, kulit sintetis, dan beberapa bahan lainnya.

Setiap jenis benda mempunyai sifat atau ciri yang membedakannya dari jenis benda lainnya, yaitu bentuk benda, ukuran benda, warna benda, keadaan permukaan benda, dan bahan penyusun benda.

Manusia akan terus berinovasi untuk terus memproduksi berbagai jenis benda dari bahan alam maupun buatan untuk keperluan hidupnya.

 

CIRI BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR

Pada pertemuan sebelumnya kita sudah mempelajari materi Obyek IPA dan Pengamatannya. IPA mempelajari segala sesuatu yang ada di sekitar kita yang terdiri dari makhluk hidup dan juga benda tak hidup. Coba kalian perhatikan apa bedanya meja belajar dan tumbuhan?

 



Apakah tumbuhan mempunyai kemampuan untuk tumbuh dan berkembang? Bernapas dan berkembang biak? Bandingkan ciri-ciri tersebut dengan meja belajar!

Perhatikan tabel di bawah ini!


Kesimpulan:

Benda-benda yang termasuk makhluk hidup adalah tumbuhan, orangutan, burung

Benda-benda yang termasuk benda tak hidup adalah tas, ban mobil, bola, pesawat helikopter


CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP

1.      Bernapas

Setiap saat kita bernapas, yaitu menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Kita dapat merasakan kebutuhan bernapas dengan cara menahan untuk tidak menghirup udara selama beberapa saat. Tentunya kita akan merasakan lemas sebagai tanda kekurangan oksigen.

 

2.      Bergerak

Kita dapat berjalan, berlari, berenang, dan menggerakkan tangan. Hal ini merupakan ciri bergerak. Tubuh kita dapat melakukan aktivitas karena memiliki sistem gerak. Sistem gerak terdiri atas tulang, sendi, dan otot. Ketiganya bekerja sama membentuk sistem gerak.

 

3.      Memerlukan makanan dan minuman (nutrisi)

Untuk beraktivitas, setiap makhluk hidup memerlukan energi. Dari manakah energi tersebut diperoleh? Untuk memperoleh energi tersebut, makhluk hidup memerlukan makanan dan minuman.

 

4.      Tumbuh dan berkembang

Perhatikan tubuhmu, samakah tinggi dan berat badanmu sekarang dengan waktu masih kecil? Hewan juga mengalami hal yang sama. Kupu-kupu bertelur, telur tersebut menetas menjadi ulat, lalu menjadi kepompong, kepompong berubah bentuk menjadi kupu-kupu muda, dan akhirnya menjadi kupu-kupu dewasa.

5.      Berkembang biak (reproduksi)

Sebagai contoh, kita lahir dari ayah dan ibu, ayah dan ibu kita masing-masing juga mempunyai orang tua yang dipanggil kakek, nenek dan seterusnya sehingga diperoleh keturunan. Kemampuan makhluk hidup untuk memperoleh keturunan disebut berkembang biak. Berkembang biak bertujuan untuk melestarikan keturunannya agar tidak punah.

 

6.      Peka terhadap rangsang (iritabilitas)

Bagaimanakah reaksi kita jika tiba- tiba ada sorot lampu yang sangat terang masuk ke mata? Tentu secara spontan mata akan segera menutup. Dari contoh di atas menunjukkan bahwa manusia mempunyai kemampuan untuk memberikan tanggapan terhadap rangsang yang diterima. Kemampuan menanggapi rangsang disebut iritabilitas.

 

7.      Menyesuaikan diri terhadap lingkungan (adaptasi)

Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan disebut adaptasi. Contoh: tumbuhan yang hidup di tempat kering memiliki daun yang sempit dan tebal, sedangkan tumbuhan yang hidup di tempat lembab memiliki daun lebar dan tipis.

 

8.      Ekskresi (mengeluarkan zat sisa)

Makhluk hidup mengeluarkan zat sisa. Zat-zat yang dikeluarkan berupa zat sisa metabolisme tubuh yang sudah tidak digunakan lagi oleh tubuh, dan harus dikeluarkan agar tidak meracuni tubuh.

 

Sebagai materi tambahan, silahkan saksikan video pembelajaran di bawah ini:



Setelah kalian mempelajari materi di atas, silahkan kalian kerjakan latihan soal pada link di bawah ini:

👇👇👇

Latihan Soal Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Selamat belajar, semoga kalian bisa memahami materi yang diberikan dan bisa mengerjakan latihan soalnya dengan baik.

Wassalamualaikum w.w.

Posting Komentar untuk "IPA 7: KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP"