Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kondisi Fisik Wilayah Indonesia

 Setiap negara memiliki ciri-ciri fisik kondisi tertentu begitu juga dengan Indonesia. Keadaan fisik tersebut dapat dikenali dari keadaan geologi, bentuk muka bumi, dan iklim. Keadaan fisik akan mempengaruhi corak atau karakteristik kehidupan makhluk hidup yang tinggal di atasnya. Secara geologis, Indonesia adalah negara yang terletak di antara beberapa lempengan bumi dan beberapa dangkalan laut. Hal ini menyebabkan kondisi geografis Indonesia berbeda-beda di tiap wilayahnya. Indonesia juga dilewati oleh dua jalur pegunungan (sirkum) dunia yaitu mediterania dan pasifik, keduanya bertemu di Laut Banda, Kepulauan Maluku.

Berdasarkan gambar di atas, Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng tektonik besar yaitu lempeng Indo-Australia, Eurasia, dan lempeng Pasifik. Lempeng Indo-Australia bertumbukan dengan lempeng Eurasia di lepas pantai Sumatra, Jawa, dan Nusa Tenggara. Lempeng Pasifik bertumbukan Eurasia di utara Papua dan Maluku Utara. 

Tumbukan lempeng tersebut kemudian membentuk rangkaian pegunungan yang sebagian menjadi gunung api di sepanjang Pulau Sumatra, Jawa, Nusa Tenggara. Selain itu tumbukan antar lempeng menghasilkan gempa bumi tektonik, vulkanik, dan gelombang tsunami. Gempa bumi terjadi karena lempeng saling bertumbukan sehingga menghasilkan getaran sampai ke permukaan bumi. 

Dari kenyataan tersebut, Indonesia terbagi menjadi Kawasan geologis sebagai berikut: 

a. Daerah dangkalan sunda meliputi Indonesia bagian barat, seperti Sumatra, Jawa, dan Kalimantan. 

b. Daerah dangkalan sahul meliputi Indonesia bagian timur, seperti Papua dan Sebagian Maluku. 

c. Daerah peralihan antara dangkalan sunda dan sahul, yaitu Sulawesi dan Nusa Tenggara. 

Dampak dari kondisi itu wilayah Indonesia; rawan gempa vulkanik dan tektonik, terdapat banyak gunung api, tanahnya subur, Kekayaan laut yang melimpah,dan kaya akan bahan tambang.

Selain gempa bumi, wilayah Indonesia juga rawan bencana letusan gunung api. Berikut ini infografis cara menyelamatkan diri saat gunung Meletus.


Sumber:

https://aksi.id/artikel/32004/Ada-3-Lempeng-Tektonik-Aktif-Indonesia-Timur-Rawan-Gempa-Bumi-dan-Tsunami/

http://balai3.denpasar.bmkg.go.id/tentang-gempa

https://www.pantau.com/topic/infografis/pantau-grafis-cara-menyelamatkan-diri-yang-benar-saat-terjadi-gunung-meletus-

Posting Komentar untuk " Kondisi Fisik Wilayah Indonesia"