Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Alat Penunjuk Arah Mata Angin dari Bahan Kertas

Membuat Alat Penunjuk Arah Mata Angin dari Bahan Kertas


Alat penunjuk arah mata angin sederhana ini berguna untuk mengetahui perubahan angin muson. Jika angin berhembus dari barat berarti angin muson barat, sebaliknya jika angin berhembus dari timur maka dikatakan sebagai angin muson timur.


Kalian Dapat melakukan percobaan dengan membuat alat penunjuk arah mata angin sederhana melalui langkah-langkah sebagai berikut:


Langkah 1

Buat keratan pada kedua ujung sedotan 

Siapkan sedotan plastik yang lurus, lalu gunakan gunting untuk membuat keratan di kedua ujungnya. Panjang tiap keratan kira kira 1 cm.


Langkah 2

Buat segitiga dan kotak dari kertas yang tebal

Sebaiknya segitiga itu seperti panah atau segitiga sama sisi dan lebih kecil dari kotak. Jika ada penggaris, coba buat segitiga yang tingginya 5 cm dan kotak berukuran 7x7


Langkah 3 

Pasang kedua potongan kertas tadi pada keratan di sedotan

Segitiga itu bisa dipasangkan sehingga menyerupai ujung anak panah, sementara kotak pada ujung lawannya. Kalau kedua potongan tadi tidak bisa terpasang dengan baik, coba dilem pada sedotan lalu biarkan di atas alas kertas hingga lem kering.


Langkah 4

Siapkan wadah berisi kerikil

Siapkan wadah es krim, gelas plastik, atau wadah plastik kecil apa pun yang sudah tak terpakai. Isi setengah wadah tersebut dengan kerikil, pasir, atau sejenisnya yang bisa menahan agar penunjuk arah mata angin tetap tegak.


Langkah 5 

Buat tutup untuk wadah

Kalau wadah itu sudah ada tutupnya, pakaikan tutup tersebut. Kalau tak ada tutup, buat tutup dari piring kertas atau kardus yang dilem di atas wadah. Tunggu hingga lem kering dan tutup itu sudah benar-benar terpasang sebelum melanjutkan.


Langkah 6

Tusuk pensil menembus sisi bawah wadah

Siapkan pensil yang atasnya ada penghapus karet. Balikkan wadah tadi dan buat lubang di sisi bawahnya; untuk anak-anak sebaiknya minta bantuan orang dewasa. Tancap ujung tajam pensil (ujung yang untuk menulis) ke lubang hingga terbenam dalam kerikil/pasir dan bisa berdiri.


Langkah 7

Tusukkan jarum sehingga sedotan terpasang pada ujung penghapus pensil

Siapkan jarum atau paku payung. Tusuk jarum menembus tengah-tengah sedotan lalu tusuk ke ujung penghapus pensil. Coba tiup kertas kotak pada sedotan; jika sedotan tidak berputar, coba pastikan jarum tertusuk pas di tengah sedotan; jika rubuh, coba potong kertas di sisi yang rubuh sehingga lebih kecil.


Langkah 8

Tentukan arah mata angin 

Coba cari tahu arah utara sebelah mana. Tuliskan “Utara” pada sisi atau atas wadah plastik yang menghadap utara. wadah dituliskan “Timur”, “Selatan”, dan “Barat” berurutan searah jarum jam selayaknya melihat arah mata angin pada peta.


Langkah 9

Amati ketika penunjuk arah mata angin berputar

Bawa penunjuk arah mata angin ke luar, yakni tempat yang jauh dari tembok atau benda besar lainnya yang bisa menghalangi angin. Jika ada angin berhembus, semestinya angin 

mendorong kertas kotak sehingga sedotan berputar dan kertas panah menunjukkan arah dari mana angin “datang”. Kalau panah menunjuk ke arah barat, maka angin itu adalah angin barat yang bertiup dari barat ke timur.



Posting Komentar untuk "Membuat Alat Penunjuk Arah Mata Angin dari Bahan Kertas"