Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengidentifikasi struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Pidato

 Mengidentifikasi struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Pidato




 berikut ini adalah teks  pidato persuasi. Silakan  sobat kreatif spensaka   baca   secara  cermat  kemudian temukan struktur teks dan ciri kebahasaannya.


Bismillahirrahmaanirrahiim


Assalamualaikum wr, wb.


Yth.Bapak Kepala  Sekolah,Bapak/Ibu guru,  dan  rekan-rekan Tenaga  Kependidikan, serta Murid- muridku yang Bapak cintai.


Pada  kesempatan kali ini, marilah kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia yang Dia berikan, sehingga kita bisa berkumpul di pagi hari yang cerah ini. Di pagi hari ini, Bapak  akan  menyampaikan pidato  tentang pentingnya kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di sekolah untuk dijadikan renungan bagi Murid-muridku semua.


Murid-muridku yang Bapak cintai,


Dalam  melakukan apapun, hendaknya kita  selalu bersikap disiplin.  Hal tersebut perlu dilakukan karena sangat bermanfaat bagi  kehidupan kita  dan  orang lain.  Dengan  memiliki  sikap  disiplin, segala aktivitas yang  kita  lakukan akan  berjalan dengan tertib dan  lebih  teratur. Oleh karena itu, biasakan bersikap disiplin karena kedisiplinan dapat membuat kita menjadi pribadi yang kokoh dan taat  pada  aturan atau  norma yang berlaku. Kedisiplinan juga membuat kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar, dan membuat siswa yang disiplin akan  menjadi panutan bagi siswa- siswa lainnya.


Kedisiplinan mesti kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, tak terkecuali di lingkungan sekolah. Adapun  bentuk kedisiplinan yang  bisa  dilakukan di sekolah antara lain  datang ke  sekolah tepat waktu,  mengerjakan Pekerjaan Rumah  (PR) yang  ditugaskan guru  tepat waktu  dan  dikerjakan di rumah  masing-masing,  menaati  peraturan   sekolah,  mengikuti pelaksanaan upacara bendera, melakukan piket sesuai jadwal, dan selalu berdoa sebelum dan sesudah belajar.


Oleh karena itu, marilah murid-muridku mesti bisa menerapkan kedisiplinan di dalam diri masing- masing terutama saat di lingkungan sekolah. Sebab, hal itu sangat bermanfaat baik bagi diri sendiri, bagi orang lain maupun bagi sekolah.


Demikianlah yang dapat Bapak  sampaikan dalam pidato  kali ini. Kurang  lebihnya,  Bapak mohon maaf. Semoga, apa yang Bapak sampaikan dapat memberikan manfaat bagi kita semua.


Wassalamualaikum Wr. Wb. 

`

Setelah Ananda  baca,  coba  sobat kreatif spensaka  urai  bagian-bagian teks  pidato  persuasif berdasarkan skema susunan pidato yang baik.


1)    Tentukan struktur teks pidato tersebut dengan menentukan inti sarinya.

Struktur

Pendahuluan

…………………………………………………………………………………………………

Isi Pidato

…………………………………………………………………………………………………

Penutup

…………………………………………………………………………………………………



Nah, sampai di sini sobat kreatif spensaka sudah mengetahui struktur atau bagian-bagian teks pidato  persuasif. Pertama, teks  pidato  persuasif memiliki  bagian  pendahuluan. Berikutnya, ada bagian  yang berisi    isi pidato. Dan bagian  terakhir adalah bagian penutup  yang   pada   bagian   ini,  penulis  atau   pembicara  merinci  dan membawa pembaca atau  pendengar seolah-olah terlibat dan diajak  untuk mempraktikkan apa yang disampaikankan pada teks

Posting Komentar untuk " Mengidentifikasi struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Pidato"