Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengidentifikasi Sebaran dan Pemanfaatan Flora dan Fauna di Indonesia

Flora adalah semua jenis tumbuhan yang merupakan kekayaan alam suatu tempat. Indonesia sebagai negara yang dilintasi garis khatu­listiwa memiliki keanekaragaman flora yang besar yaitu sebagai salah satu negara yang memiliki hutan terluas di dunia (posisi ke 9). Faktor keragaman flora juga fauna di Indonesia dipengaruhi oleh iklim, tanah, bentang alam (relief permukaan bumi). Suhu dan curah hujan yang besar yang memungkinkan tumbuhnya beragam jenis tumbuhan. Makin banyak air yang tersedia, makin banyak tumbuhan yang tum­buh, semakin banyak pula hewan yang hidup di daerah tersebut.

Setidaknya sebanyak 10 persen atau lebih dari 25.000 jenis flora yang ada di dunia terdapat di Indonesia. Sedangkan jenis fauna di Indonesia mencapai lebih dari 200.000 jenis, meliputi mamalia, burung, reptil, hingga serangga. Flora dan fauna tinggal di sebuah ekosistem dengan kondisi mendukung. Ekosistem terbentuk di dalam sebuah biosfer atau lapisan di mana hewan, tumbuhan, dan manusia tinggal. Biosfer cocok sebagai ruang hidup karena memiliki unsur-unsur lingkungan termasuk iklim, tanah, air, sinar matahari, dan udara.

Faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna di Indonesia 

Setiap spesies hidup dalam ekosistem khusus yang mendukung kehidupannya. Masing-masing jenis flora dan fauna hanya dapat hidup di ekosistem tertentu, dan tidak dapat bertahan apabila ekosistemnya tidak sesuai. 

Secara umum, menurut e-modul "Geografi" terbitan Kemendikbud, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna di Indonesia, yaitu: 

  • Faktor iklim yang meliputi suhu, sinar matahari, kelembaban udara, juga curah hujan. 
  • Faktor fisiografis yang meliputi perbedaan ketinggian tempat dan bentuk lahan. 
  • Faktor edafik atau kondisi tanah, yang meliputi perbedaan tekstur tanah, tingkat kegemburan tanah, kandungan mineral organik, kandungan air tanah, dan kandungan udara tanah. 
  • Faktor biotik, yaitu faktor makhluk hidup termasuk manusia, hewan, dan tumbuhan. 

Jenis-jenis dan persebaran flora di Indonesia 

Jenis-jenis flora yang ada di Indonesia dibedakan atas persebarannya. Mengutip e-book "Uniknya Flora Fauna Indonesia" terbitan Kemendikbud, Indonesia memiliki empat kawasan utama persebaran flora, meliputi: 

1. Flora Sumatra-Kalimantan 

Wilayah Sumatera dan Kalimantan didominasi dengan iklim tropis basah. Iklim ini menyebabkan wilayah tersebut memiliki curah hujan yang tinggi juga kelembaban udara yang tinggi. Jenis flora atau vegetasi yang banyak tumbuh di kawasan ini kebanyakan tanaman yang menghuni hutan hujan tropis. 

Jenis-jenis flora di kawasan Sumatera antara lain kayu meranti, damar, berbagai jenis anggrek, lumut, jamur (cendawan), paku-pakuan, serta mangrove di wilayah sekitar pantai. 

Gambar Pohon Meranti

2. Flora Jawa-Bali 

Wilayah Jawa-Bali memiliki iklim yang bervariasi, Semakin ke arah timur, curah hujan di kawasan Jawa-Bali cenderung lebih rendah. Sehingga wilayah ini memiliki dua tipe iklim utama, yaitu iklim hutan hujan tropis dan iklim muson tropis. Selain dua iklim tersebut, terdapat pula iklim sabana tropis yang terletak di Bali. 

Jenis-jenis floranya meliputi flora hutan hujan tropis, flora hutan muson seperti Jati, flora sabana tropis seperti rumput, flora pesisir seperti bakau, dan flora yang terdapat di pegunungan seperti pinus dan cemara. 

Gambar Pohon Pinus


3. Flora Kepulauan Wallacea 

Wilayah ini merupakan wilayah di Indonesia bagian tengah, meliputi Pulau Sulawesi, Kepulauan Nusa Tenggara, Pulau Timor, dan Kepulauan Maluku. Jika dibandingkan dengan wilayah lainnya, iklim di kawasan ini cenderung lebih kering dan memiliki kelembaban yang lebih rendah. 

Jenis flora yang ada di kawasan Kepulauan Wallacea antara lain: 

  • Nusa Tenggara didominasi dengan vegetasi sabana dan stepa tropis. 
  • Sulawesi dengan vegetasi hutan pegunungan 
  • Maluku dengan vegetasi hutan campuran yang terdiri dari berbagai jenis rempah-rempah, termasuk cengkeh, kayu manis, pala, lontar, dan kayu ebony. 
Gambar Pohon Ebony
4. Flora Papua 

Wilayah ini dipengaruhi oleh iklim hujan tropis. Namun, yang membedakannya dengan wilayah Sumatera-Kalimantan atau Jawa-Bali, flora yang terdapat di wilayah Papua dipengaruhi oleh corak Australia Utara, contohnya eucalyptus (kayu putih). Wilayah Papua juga memiliki vegetasi pegunungan dan pantai seperti pinus dan bakau. 

Gambar Tanaman Bakau

Jenis-jenis fauna di Indonesia 

Jenis-jenis fauna di Indonesia dibagi dalam tiga wilayah utama yang dipisahkan oleh garis Wallace dan garis Weber. Garis Wallace memisahkan kelompok hewan yang bercorak Asia dan kelompok hewan peralihan, sementara garis Weber memisahkan kelompok hewan bercorak Australia. Persebaran fauna di Indonesia yaitu: 

1. Fauna Indonesia Barat 

Wilayah Indonesia Barat meliputi Pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalimantan. Ciri fauna yang terdapat di wilayah ini cenderung dipengaruhi oleh corak Asia atau Asiatis. Jenis-jenis fauna yang tersebar di wilayah ini meliputi: 

  • Mamalia: harimau, gajah, badak bercula satu, rusa, banteng, kerbau, monyet, orang utan, babi hutan, landak, tikus, kijang, kancil, dan kukang. 
  • Reptil: ular, buaya, kadal, bunglon, tokek, dan biawak. 
  • Burung: elang, jalak, merak, kutilang, burung hantu, dan unggas. 
  • Serangga: belalang dan capung. 
  • Ikan: ikan air tawar dan pesut. 
Gambar Burung Garuda
2. Fauna Indonesia Tengah (Kepulauan Wallacea) 

Wilayah Indonesia Tengah meliputi Pulau Sulawesi, Kepulauan Nusa Tenggara, Pulau Timor, dan Kepulauan Maluku. Jenis-jenis fauna yang terdapat di wilayah ini bercorak peralihan. Jenis-jenis fauna yang tersebar di wilayah ini meliputi: 

  • Mamalia: anoa, dugong, tarsius, sapi, kuda, babi rusa, kuskus, monyet seba, dan monyet hitam. 
  • Reptil: komodo, biawak, buaya, ular, dan soa-soa. 
  • Amfibi: berbagai jenis katak. 
  • Burung: dewata, maleo, raja udang, kakatua, nuri, merpati, angsa, mandar, dan rangkong. 
Gambar Burung Rangkong
3. Fauna Indonesia Timur 

Wilayah ini meliputi wilayah Papua dan pulau-pulau kecil disekitarnya. Di kawasan Indonesia Timur, jenis-jenis faunanya dipengaruhi oleh corak Australis, meliputi: 

  • Mamalia: kanguru, walabi, nokdiak atau landak Irian, oposum, kuskus, dan kelelawar. 
  • Reptil: ular, buaya, biawak, dan kadal. 
  • Amfibi: berbagai jenis katak 
  • Burung: cendrawasih, kasuari, kiwi, mamundur, nuri, dan raja udang
Gambar Burung Cenderawasih


Sumber: https://tirto.id/persebaran-flora-dan-fauna-di-indonesia-jenis-jenisnya-gaKR


Posting Komentar untuk "Mengidentifikasi Sebaran dan Pemanfaatan Flora dan Fauna di Indonesia"