Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prakarya Kerajinan VIII/1 : MATERI-1 KERAJINAN BAHAN LUNAK

 

A. Pengertian dan Jenis Bahan Lunak 


B. Karakteristik Bahan Lunak Alami 

Karakteristik bahan lunak merupakan sifat-sifat yang membedakan bahan lunak yang satu dengan bahan lunak yang lainnya. Perbedaan ini dapat menjadikan ciri khas yang dimiliki oleh bahan lunak tersebut, contohnya tanah liat memiliki karakteristik lengket, mengering jika kena panas dan sebagainya. 

Sedangkan karakter dan ciri khas kerajinan bahan lunak tercermin jelas dari tekstur corak dan bentuknya yang menampilkan ciri budaya yang melatarbelakanginya. Hasil karya kerajinan terwujud dalam berbagai bentuk dan gaya, guna memenuhi berbagai kebutuhan praktis seperti souvenir pesta pernikahan, sarana pesta kostum, pelengkap pesta ulang tahun, souvenir pesta perpisahan, dan perabot kebutuhan hidup sehari-hari. Jenis kerajinan dengan menggunakan bahan dasar lunak alami memiliki tekstur yang terbentuk secara alamiah. Bahan dasar alami ini diolah dan tidak dicampur dengan bahan dasar lain. Beberapa contoh bahan lunak alami adalah tanah liat, jenis umbi, flour clay, gedebog, pelepah pisang, jerami dll

1. Tanah Liat


Tanah liat memiliki warna yang beragam, tetapi semuanya merupakan warna natural tanah, yaitu cokelat. Ada yang berwarna coklat muda, tua atau coklat keabu-abuan, serta cokelat keputihan. Setiap warna bergantung pada kandungan dari masing-masing tanah tersebut. Tanah liat mudah hancur jika tidak melalui proses pembakaran. Jika dibakar, jenis kerajinan ini disebut gerabah atau terakota yang dibakar di bawah suhu (1000 OC) dan disebut keramik, jika dibakar di atas (1000 OC). Campuran tanah liat untuk melarutkan atau mencairkan adalah air. Pewarnaan tanah liat dapat dilakukan dengan glasir (pembakaran tinggi hingga 1300 OC), dapat pula hanya dibakar biskuit (900 OC) lalu diberi warna cat langsung. 

2. Flour Clay


Flour clay berasal dari adonan tepung yang dilumat hingga kalis dan mudah dibentuk. Flour clay juga dicampur dengan air. Kerajinan dari flour clay tidak tahan air, karena jika terkena air akan mudah rusak. Pewarnaan flour clay dapat dilakukan dengan pewarna makanan atau sintetis agar muncul warna-warna yang cemerlang.

3. Debog/Pelepah Pisang


Debog atau pelepah pohon pisang merupakan pohon yang tersusun atas batang semu. Batang semu ini merupakan tumpukan pelepah daun yang tersusun secara rapat teratur. Bagian bawah batang pisang menggembung berupa umbi yang disebut bonggol. Pelepah pisang adalah pelepah daun yang saling menelungkup sehingga bentuknya menyerupai batang, inilah yang dikenal sebagai batang pisang. Bahan baku kerajinan berasal dari batang pisang yang dikupas lembaran-lembarannya, mulai dari bagian luar ke dalam. Lembaran pelepah pisang yang sudah kering dapat digunakan untuk membuat berbagai produk kerajinan dan membuat kertas. 
 

TUGAS_1

1. Lakukan identifikasi karakteristik jenis-jenis bahan lunak alami yang dapat digunakan dalam pembuatan kerajinan pada gambar 1.2 s/d 1.4 di atas dengan seksama dan teliti, lalu  buat kesimpulan tentang karakteristik/ciri-ciri dari masing-masing bahan lunak alami tersebut, selanjutnya hasilnya  tuliskan dalam Lembar Kerja 1 (LK.1)

2. Buatlah tabel seperti gambar LK-1 di bawah ini pada buku catatan, lalu isikan data yang kalian peroleh pada tabel tersebut! Kolom dan baris pada tabel tersebut bisa dilebarkan atau diperbesar sesuai kebutuhan/banyaknya jawaban kalian.

Ungkapan perasaan  setelah berhasil mengidentifikasi karakteristik bahan lunak alami :
......................................................................................................................
......................................................................................................................
......................................................................................................................
......................................................................................................................

3. Foto hasil pekerjaanmu, lalu kirim ke link yang ada di bawah ini !



SELAMAT BELAJAR.....!

Posting Komentar untuk "Prakarya Kerajinan VIII/1 : MATERI-1 KERAJINAN BAHAN LUNAK"