Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PERENCANAAN PRAKTEK OLAHAN HASIL SAMPING (8==> 2 )

 

PENILAIAN PRAKTEK OLAHAN HASIL SAMPING SERELIA, UMBI DAN KACANG-KACANGAN



    Pada pertemuan kali ini, kalian akan dinilai dalam 2 tahap. Tahap pertama akan dinilai perencanaan praktek yang kalian sudah buat, kemudian tahap kedua akan dinilai produk olahan hasil perencanaan yang sudah kalian buat tadi.
    Bahan olahan yang bisa kalian buat perencanaanya bisa kalian lihat pada buku paket prakarya, adapun hasil samping serelia umbi dan kacang-kacangan yang bisa kalian praktekan sebagai contoh yaitu :

1. Bekatul
    Merupakan hasil samping dari proses penggilingan padi menjadi beras. Bekatul bisa dijadikan campuran puding maupun roti.

2. Ampas kedelai
    Merupakan hasil samping dari proses pembuatan tahu dan susu kedelai. Ampas kedelai secara umum bisa dimanfaatkan menjadi olahan niwo dan tempe themlek. Kalian bisa memodifikasi dari olahan berbahan dasar ampas kedelai ini menjadi olahan seperti nugget, atau bisa kalian olah menjadi olahan lain yang mungkin kalian pernah mengkonsumsinya.

3. kulit singkong
    Merupakan hasil samping dari singkong. Pada prakteknya apabila kalian akan memanfaatkan kulit singkong, kulit singkong terlebih dahulu harus direndam dengan campuran garam secukupnya, baru kemudian kulit singkong direbus supaya lunak. Setelah direbus kulit singkong bisa di olah lebih lanjut dijadikan kripik kulit singkong atau dijadikan sayur oseng kulit singkong.

4. Daun ubi jalar    
    Merupakan hasil samping dari ubi jalar, secara umum daun ini bisa dijadikan campuran olahan pecel, atau bisa juga dijadikan sayur oseng maupun sayur sop.

        Di atas merupakan contoh hasil samping dari serelia umbi maupun kacang-kacang yang biasa dimanfaatkan. kalian bisa memilih salah satu dari contoh di atas namun tidak menutup kemungkinan kalian bisa memilih bahan yang lain dengan catatan itu merupakan hasill samping dari serellia umbi atau kacang-kacangan. Apabila ingin membuat lebih dari satu olahan dengan bahan hasil samping yang berbeda juga boleh, nanti akan ada tambahan point nilai. Tambahan nilai juga akan didapat apabila kalian bisa membuat perencanaan dan menghadirkan olahan dari bekatul. Format TUGAS PERENCANAAN ini bisa kalian lihat pada baris di bawah ini :

NAMA         :
KELAS        :
NO ABSEN :


JUDUL
(LANGSUNG KE NAMA OLAHAN MAKAN YANG AKAN DI BUAT)


ALAT :    (sebutkan alat-alat yang digunakan)                                BAHAN : (sebutkan bahan yang         
                                                                                                                                digukan)
                -                                                                                                            -
                -                                                                                                            -
                -                                                                                                            -


CARA KERJA :    (jelaskan urutan cara kerja dengan selengkapnya)
                                -
                                -
                                -

TUGAS PERENCANAAN ini kalian tulis pada buku catatan kalian, kemudian pekan depan nanti akan dinillai. TUGAS PERENCANAAN ini jangan sampai hilang sampai nanti penilaian praktek tahap yang kedua.

TETAP SEMANGAT.....SUKSES UNTUK KALIAN SEMUA........

Posting Komentar untuk "PERENCANAAN PRAKTEK OLAHAN HASIL SAMPING (8==> 2 )"