Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DESCRIBING PEOPLE PART 1



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Halo anak-anak Spensaka yang selalu bersemangat!  Tidak terasa ya hari ini kita sudah mulai masuk pembelajaran daring Semester Genap. Ibu harap kalian bisa memetik pelajaran pada pembelajaran daring Semester Gasal dan lebih semangat lagi ya di Semester Genap ini.

Bagaimana kabar kalian hari ini?  Mudah-mudahan selalu sehat dan bersemangat. Jangan lupa masih harus selalu ‘STAY AT HOME” dan rajin-rajin cuci tangan.... Jika terpaksa harus keluar rumah, selalu gunakan masker dan ingat “SOCIAL DISTANCING” yaaa.

Nah untuk materi pertama di pembelajaran Bahasa Inggris, kalian akan mempelajari tentang DESCRIPTIVE TEXT. Sebelum kita masuk ke materi, kita lihat dua buah gambar orang di bawah ini ya dan temukan perbedaan deskripsi antara Rudi dan Edo. Coba kalian buat beberapa kalimat untuk mendeskripsikan Rudi dan Edo dalam Bahasa Inggris.

Contoh kalimat:

 
Ternyata ketika kita ingin mendeskripsikan seseorang kita bisa menggunakan kata sifat atau di dalam Bahasa Inggris kita kenal dengan dengan ADJECTIVE. Nah untuk bisa mendeskripsikan orang dalam Bahasa Inggris, mari kita lihat kata sifat yang biasa digunakan ya dan bagaimana cara membuat kalimatnya  dalam Bahasa Inggris.

 👉  VOCABULARY 

 
Kata sifat yang berhubungan dengan orang:
❤ tall                        : tinggi
❤ medium height     : tingginya sedang
❤ short                     : pendek
❤ plump                   : sangat gemuk
❤ fat                         : gemuk
❤ overweight           : agak gemuk
❤ thin/slim               : langsing
❤ skinny                   : sangat kurus
❤ strong                    : kuat                          
❤ attractive               : atraktif/menarik
❤ beautiful                : cantik
❤ pretty                     : cantik
❤ handsome              : ganteng
❤ ugly                       : jelek
❤ clever/smart          : pintar
❤ stupid                    : bodoh
❤ diligent                  : rajin
❤ lazy                        : malas
❤ weak                      : lemah

👉  GRAMMAR 

POLA KALIMAT DENGAN MENGGUNAKAN “Be (am, is, are)”

Dalam mendeskripsikan orang biasanya kita menggunakan kata sifat. Di dalam Bahasa Inggris ketika kita menggunakan kata sifat untuk mendeskripsikan sesuatu maka kita membutuhkan bantuan be (am, is, are). Kita meletakkan Be (am, is, are)  setelah subyek. Pemilihan kata “am, is, are” yang akan kita gunakan tergantung pada SUBYEK pada kalimat tersebut.  Mari kita lihat rincian penguunaannya sebagai berikut:


Contoh kalimat:
• I am young.
• My aunt is middle age.
  She is middle age.
• My brother is thin.
  He is thin.
• My grandparents are old.
  They are old.
• My sister and I are tall.
  We are tall

Nah setelah mengetahui bagaimana cara membuat kalimat untuk mendeskripsikan orang, sekarang kalian coba berlatih membuat kalimat sendiri ya. Kalian bisa menggunakan kata-kata sifat yang ada di bagian “Vocabulary” di atas untuk membantu kalian lebih mudah membuat kalimatnya 

📜Assignment.
Write two sentences that describe your family members. (Tuliskanlah dua buah kalimat yang mendeskripsikan anggota keluarga kalian)
Contoh. My mother is beautiful. She is beautiful.

Apakah sudah selesai membuat kalimatnya? Mudah-mudahan kalian sudah mulai bisa membuat kalimat untuk mendeskripsikan orang. Jika ada pertanyaan kalian bisa berdiskusi dengan Bapak/Ibu guru mapel Bahasa Inggris di WAG ya.

Sekian pertemuan hari ini. See you....

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Posting Komentar untuk "DESCRIBING PEOPLE PART 1"