Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Descriptive Text Kelas 7 " Part 3"

 

Descriptive Text


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Halo anak-anak Spensaka yang selalu bersemangat!  

Bagaimana kabar kalian hari ini?  Mudah-mudahan selalu sehat dan bersemangat. Jangan lupa masih harus selalu ‘STAY AT HOME” dan rajin-rajin cuci tangan.... Jika terpaksa harus keluar rumah, selalu gunakan masker dan ingat “SOCIAL DISTANCING” yaaa.

Nah kali ini kita akan membahas mengenai deskriptive teks ya.

a. Pengertian Descriptive Text

Descriptive Text adalah salah satu jenis text dalam Bahasa Inggris yang menggambarkan dengan jelas sifat-sifat yang melekat pada sesuatu, baik itu manusia, hewan, tumbuhan mau pun benda mati. Tujuan dari teks ini adalah memberikan informasi dengan jelas mengenai objek yang digambarkan kepada pembaca.

 b. The purpose of Descriptive text

Teks jenis ini digunakan untuk mendeskripsikan orang, tempat atau benda sedemikian rupa sehingga gambaran terbentuk di benak pembaca

c. Ciri-ciri Descriptive Text

1. Menggunakan Simple Present Tense

Teks ini menggunakan Simple Present Tense karena kita akan mendiskripsikan fakta-fakta yang melekat pada suatu objek, dan salah fungsi dari Simple Present Tense sendiri adalah untuk menunjukkan suatu fakta atau kebenaran.

Misalkan kamu ingin mendeskripsikan mengenai temanmu, kamu bisa menggunakan kalimat:

a. My friend drinks milk everyday. ( Teman saya minum susu setiap hari)

-      2Menggunakan banyak kata sifat (adjective).

        Karena fungsi dari teks ini adalah untuk memberikan informasi dengan menggambarkan suatu objek yang dideskripsikan, maka dalam Descriptive Text akan banyak dijumpai kata sifat (adjective). 

         Contohnya adalah big, small, colorful, beautiful, handsome dan lain sebagainya.

a. Dina is beautiful.( Dina Cantik)

d. Generic Structure of Descriptive Text

Descriptive Text mempunyai aturan tersendiri mengenai strukturnya. Berikut ini adalah generic structure descriptive text:

           1.  Identification

Bagian ini, terletak pada paragraf pertama, tujuannya adalah untuk mengidentifikasi suatu objek yang ingin dideskripsikan. Indentification berfungsi untuk memperkenalkan kepada pembaca tentang objek yang akan kita jelaskan, sebelum kita memberitahu tentang lebih rinci mengenai objek tersebut pada paragraf selanjutnya.


2. Description

Bagian ini, terletak pada paragraf kedua dan seterusnya, berisi tentang sifat-sifat yang melekat pada sesuatu yang sudah kamu kenalkan pada pembaca pada paragraf pertama.

Contoh Descriptive Text

Best Friend

My best friend is Ernesto and he is my classmate. We go to school together. Ernesto comes from an educated family. His father is a school principal and his mother is also a teacher..

Ernesto has a well-built body. He takes part in all sports, scout, trekking and mountaineering activities. He has a good heart. He is truthful, honest and obedient.

He is punctual, well-educated, and has good manners. He is really hard working. He always does his homework. He is also well-dressed and well-behaved. All teachers have a high opinion of him. He also plays the guitar, and he makes his parents very proud of him. He secures good marks and is usually top of his class in examinations. He inspires me to work harder. He keeps me away from bad company. I am happy to have such a friend.

 

Arti dari Contoh Descriptive Text Tentang My Best Friend, Ernesto

Sahabatku

Sahabat terbaik saya adalah Ernesto dan dia adalah teman sekelas. Kami pergi ke sekolah bersama-sama. Ernesto berasal dari keluarga berpendidikan. Ayahnya adalah seorang kepala sekolah dan ibunya juga seorang guru.

Ernesto memiliki tubuh tegap. Dia ikut dalam semua kegiatan olahraga, pramuka, jelajah dan kegiatan mendaki gunung. Dia memiliki hati yang baik. Dia itu orangnya bias dipercaya, jujur dan taat.

Dia itu orangnya tepat waktu, terdidik, dan memiliki sikap yang baik. Dia benar-benar pekerja keras. Dia selalu mengerjakan PRnya. Dia juga berpakaian rapi dan berperilsaya baik. Semua guru memiliki pendapat yang baik tentang dirinya. Dia bisa bermain gitar, dan membuat orang tuanya sangat bangga padanya. Dia berusaha mendapatkan nilaiyang baikujian. Dia menginspirasi saya untuk bekerja lebih keras. Dia membuat saya menghindari orang-orang yang tidak baik. Saya senang punya teman seperti dia.

Penjelasan

Contoh teks di atas merupakan salah satu contoh Descriptive Text karena memberikan informasi mengenai objek yang dideskripsikan, yaitu Ernesto. Selain itu, teks tersebut juga mempunyai struktur dan ciri-ciri yang sesuai dengan struktur dan ciri-ciri yang dimiliki oleh Descriptive Text.

a. Paragraf 1 

Bagian ini memperkenalkan kepada pembaca tentang Ernesto yang akan kita jelaskan detailnya pada paragraf selanjutnya.

          b. Paragraf 2 

            Berisi tentang penjelasan atau deskripsi Ernesto dengan memaparkan beberapa informasi seperti: ciri fisik dan karakternya. 

              c. Paragraf 3

            Berisi tentang penjelasan karakter yang dimiliki Ernesto.

 Nah, bagaimana anak-anak dengan penjelasannya. Sudah jelaskah? Jika belum jelas silakan ditanyakan ke Bapak Ibu Guru ya.

🔆Assigment

Dari contoh Teks Descriptive di atas, kelompokkanlah mana yang kata sifat, ciri fisik dan karakter dari Ernesto!



Sekian untuk pembelajaran hari ini.

Terima Kasih.


Wassalamu'alaikum wr. wb

Posting Komentar untuk "Descriptive Text Kelas 7 " Part 3""