Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGOLAHAN IX/2: MATERI-3 PENGOLAHAN BAHAN PANGAN SETENGAH JADI MENJADI PRODUK PANGAN SIAP KONSUMSI

 PENGOLAHAN BAHAN PANGAN SETENGAH JADI MENJADI PRODUK PANGAN SIAP KONSUMSI


Mengolah bahan pangan setengah jadi menjadi produk pangan siap konsumsi disebut memasak. Memasak  terdiri atas berbagai macam  teknik pengolahan, peralatan dan kombinasi bumbu dan rempah agar dihasilkan cita rasa yang lezat. Teknik pengolahan bahan pangan ikan dan daging yang sering digunakan diantaranya merebus (boiling), mengukus (steaming), menggoreng (frying), membakar (grilling). Apa yang dimaksud dengan pengolahan yang telah disebutkan itu? Silakan kalian  pelajari lagi Materi-3 PENGOLAHAN HASIL PETERNAKAN DAN PERIKANAN semester-1 pada link :

https://www.guruspensaka.com/2020/08/materi-3-prakarya-pengolahan-kelas-9.html

Berikut ini beberapa contoh olahan pangan setengah jadi hasil peternakan dan perikanan beserta teknik pengolahannya :

1. Contoh olahan pangan dengan teknik merebus (boiling)

BAKSO KUAH

SOUP SOSIS KUAH PEDAS

2.  Contoh olahan pangan dengan teknik mengukus (steaming)


3.  Contoh olahan pangan dengan teknik menggoreng (frying)


IKAN ASIN KRIUK SAMBAL MANIS

4.  Contoh olahan pangan dengan teknik membakar (grilling)

DENDENG BAKAR PADANG (DENDENG BATOKOK)

SOSIS BAKAR

PEPES OTAK-OTAK (SURIMI)

Gambar-gambar diatas hanyalah sebagian contoh saja, kalian bisa mencari contoh lainya pada buku paket, majalah, koran, media elektronik atau bisa juga browsing internet via Google. seperti pada tugas di Materi 2. Selanjutnya :

TUGAS-3:
1. Tugas-2 pada Materi-2 yang  sudah kamu kerjakan itu kalian pilih salah satu untuk dipraktekan. Pilihlah  resep olahan yang sekiranya kalian kuasai dengan biaya yang ringan tetapi hasilnya memuaskan.
2. Buatlah rencana pengolahan di selembar kertas folio secara sistematis mulai dari ide gagasan, identifikasi kebutuhan (alat, bahan), proses/cara pembuatan, penyajian/pengemasan dan evaluasi berdasarkan  resep pilihanmu, tulis rapi pada selembar kerta folio. 
3. Setelah itu kalian praktekan  dirumah, lalu hasilnya disajikan dengan peralatan yang sesuai dan diberi hiasan (garnish). 
4. Selanjutnya hidangan yang telah kalian buat tadi letakan bersama rancangan yang telah dibuat sebelumya, lalu kalian foto (bisa berupa photo/pdf) kirim ke link yang tersedia dibawah ini ! Pengiriman tugas paling lambat hari Sabtu, 29 Januari 2022 pukul 18.00 WIB.
5. Berikut LINK pengiriman foto  TUGAS-3 :

 
6. Lembar rancangan yang telah kalian buat setelah difoto bersama hasil prakteknya, segera dikumpulkan disekolah saat PTM.


Posting Komentar untuk "PENGOLAHAN IX/2: MATERI-3 PENGOLAHAN BAHAN PANGAN SETENGAH JADI MENJADI PRODUK PANGAN SIAP KONSUMSI"