Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SAYURAN UNTUK MAKANAN DAN MINUMAN KESEHATAN ( 7==>2 : 1 )

 PENGOLAHAN BAHAN PANGAN SAYURAN MENJADI MAKANAN DAN MINUMAN KESEHATAN


    Siapa di antara kamu yang menyukai sayuran? Sayuran biasanya bukan merupakan menu favorit anak-anak. Umumnya anak-anak tidak menyukai sayuran. Hal ini mungkin karena rasanya yang langu dan sedikit tidak enak di mulut  dibandingkan buah-buahan yang memiliki rasa manis asam dan menyegarkan. Apalagi jika sayuran dimakan mentah, amat tidak disukai oleh anak-anak maupun remaja.

    Untuk mengatasi rasa sayuran yang kurang nikmat tergantung dari cara mengolahnya menjadi makanan yang nikmat dan menarik untuk dikonsumsi. Sebagai contoh sayur bayam sangat disukai oleh anak-anak dan masyarakat secara umum. Akan tetapi, menjadi berbeda jika sayur bayam direbus dan disajikan dengan sambal sebagai lalapan matang. Tidak semua orang terutama anak-anak dan remaja menyukainya. Rasa bayam yang tawar, lembek dan tidak nikmat tidak begitu menarik bagi anak-anak dan remaja. Namun, mengonsumsi sayuran perlu dibiasakan sejak usia dini,  karena sudah diakui oleh para peneliti pertanian bahwa sayuran memiliki banyak kandungan dan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Jika kita ingin memiliki tubuh yang prima setiap hari hendaknya mengonsumsi sayuran yang cukup.

A. PENGERTIAN SAYURAN

    Pengertian dari sayuran adalah bagian vegetatif dari tumbuhan baik berupa akar, batang, daun, maupun buah yang dapat dimakan, baik secara segar maupun melalui pengolahan dengan cara dimasak.

B. KLASIFIKASI SAYURAN

        1. BERDASARKAN BAGIAN TANAMAN YANG DIMAKAN

• Sayuran daun (leaf vegetables)

Sayuran daun merupakan jenis sayuran yang dapat dikonsumsi pada bagian daunnya.

• Sayuran batang (stem vegetables)

Sayuran batang yang dimanfaatkan adalah bagian batang dari tumbuhan yang terdiri dari buku dan ruas.

• Sayuran akar (root vegetables)

Sayuran akar berupa umbi-umbian, karena umbi merupakan akar menggembung. Sayuran akar banyak mengandung karbohidrat dan berbagai nutrisi sehat lainnya.

• Sayuran polong

Sayuran polong  yang dimanfaatkan  tidak  hanya pada  bagian polongnya tetapi kulitnya bisa ikut dimakan juga.

• Sayuran bunga (flower vegetables)

Tanaman sayuran yang berasal dari organ generatif dan yang dimanfaatkan pada bagian bunganya.

• Sayuran buah (fruit vegetables)

Sayuran buah  dihasilkan  dari  penyerbukan  dan  pertumbuhan yang terjadi  pada  organ  bunga,  sehingga yang dimanfaatkan bagian buahnya.

• Sayuran umbi batang

Sayuran umbi  batang  adalah batang yang tumbuh  ke dalam tanah, ujung batang membengkak membentuk umbi karena penimbunan makanan

• Sayuran umbi lapis (bulb vegetables)

Sayuran umbi lapis sayuran yang tumbuh di bawah permukaan tanah dan menghasilkan lapisan umbi tebal, rimbun, sudah berumur cukup dan menembak di atas tanah.

• Sayuran jamur (mushroom)

Sayuran jamur secara ilmiah bukanlah tumbuhan,  tetapi  bagian cendawan dapat dimakan sehingga digolongkan sebagai sayuran.

2. BERDASARKAN PIGMEN YANG DIKANDUNG

• Sayuran berwarna  hijau

    Terbentuk  oleh  klorofil.  Kandungan klorofil pada sayuran hijau dalam suasana asam akan berubah menjadi hijau tua dan dalam suasana basa menjadi hijau terang. Sayuran hijau kaya akan karetenoid yang dapat mengatasi radikal bebas,

• Sayuran berwarna ungu 

    Sayuran berwarna  ungu  juga mengandung  antosianin, resveratrol dan asam elagik yang bisa menangkap radikal bebas dan mencegah terserang penyakit kanker, diabetes dan serangan jantung.

• sayuran berwarna merah/biru

    Adanya  zat anthocyanin yang sensitif terhadap perubahan pH dan dapat larut dalam air. Ketika pH dalam keadaan netral, pigmen berwarna ungu, ketika  dalam keadaan asam, pigmen  berwarna merah, sedangkan saat terdapat basa, pigmen berwarna biru.

• Warna  kuning/oranye pada  sayuran

    Berasal dari kandungan beta dan alfa karoten yang tidak akan berubah dengan pengolahan atau pH. Zat tersebut dapat berfungsi sebagai penghambat proses penuaan sel-sel dalam tubuh, membantu meremajakan sel-sel tubuh, dan memberikan sistem kekebalan agar tidak mudah  terserang  penyakit

    Nah...dari beberapa klasifikasi sayuran di atas, silahkan kalian pahami dengan baik....dan tidak lupa kalian juga harus tahu macam-macam jenis sayuran yang ada disekitar kalian....tetap semangat...sukses untuk kalian semua...


Posting Komentar untuk "SAYURAN UNTUK MAKANAN DAN MINUMAN KESEHATAN ( 7==>2 : 1 )"