Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SAYURAN UNTUK MAKANAN DAN MINUMAN KESEHATAN ( 7==>2 : 3 )

 TEKNIK PENGOLAHAN SAYURAN




    Kali ini kita akan membahas sedikit tentang teknik pengolahan yang bisa diterapkan pada sayuran. Yang harus kita perhatikan dalam mengolah sayuran, baik mengolah menjadi makanan maupun minuman yaitu terjaganya nutrisi dalam sayuran tersebut. Jangan sampai kita mengolah sayuran setelah dikonsumsi kita tidak mendapatkan manfaat dari olahan sayuran tersebut.

1. Teknik Pengolahan Pangan Panas Basah (Moist Heat)

   Teknik ini merupakan suatu pengolahan bahan makanan dengan menggunakan bahan dasar cairan untuk mematangkannya. Berikut ini yang termasuk teknik pengolahan pangan panas basah.

   a. Teknik Merebus (Boiling)

      Suatu cara mengolah bahan makanan dalam cairan yang sudah mendidih. Cairan yang digunakan di        antaranya berupa air, kaldu, dan susu.

   b. Teknik Merebus Menutup Bahan Pangan (Poaching)

      Cara memasak bahan makanan dalam bahan cair sebatas menutupi bahan makanan yang direbus dengan api kecil di bawah (titik didih 92º - 96º C).

   c. Teknik Merebus  dengan Sedikit Cairan (Braising)

      Teknik merebus bahan makanan dengan sedikit cairan, (kira-kira setengah dari bahan yang akan direbus) dalam panci tertutup dengan api dikecilkan secara perlahan-lahan. 

   d. Teknik Menyetup/Menggulai (Stewing)

      Mengolah bahan makanan dengan cara menumis bumbu lebih dahulu, dan dilanjutkan dengan merebusnya dengan sedikit  cairan dengan api sedang. 

   e. Teknik Mengukus (Steaming)

      Teknik memasak bahan makanan dengan uap air mendidih. Sebelum mengukus bahan makanan alat pengukus yang sudah berisi air harus dipanaskan terlebih dahulu hingga mendidih dan mengeluarkan uap, baru masukkan bahan makanan pada alat pengukus.  

   f. Teknik Mendidih (Simmering)

      Teknik memasak bahan makanan dengan saus atau bahan cair lainnya yang dididihkan dahulu, baru api dikecilkan di bawah titik didih dan direbus lama hingga muncul gelembung–gelembung kecil pada permukaannya. 

   g. Teknik Mengetim

      Teknik memasak bahan makanan dengan menggunakan dua buah panci yang berbeda ukuran di mana salah satu panci lebih kecil.

2. Teknik Pengolahan Pangan Panas Kering (Dry Heat Cooking)

   Teknik mengolah  makanan tanpa  bantuan  bahan dasar cairan untuk mematangkannya. Yang termasuk teknik pengolahan pangan panas kering, sebagai berikut.

   a. Teknik Menggoreng dengan Minyak Banyak (Deep frying)

      Cara memasak bahan makanan dengan menggunakan  minyak/ lemak yang banyak hingga bahan makanan benar–benar terendam sehingga  memperoleh  hasil  yang  kering  (crispy). 

   b. Teknik Menggoreng dengan Minyak Sedikit (Shallow frying)

      Suatu proses menggoreng yang dilakukan dengan cepat  dalam minyak goreng yang sedikit pada wajan datar dengan bahan hanya satu kali dibalik. 

   c. Teknik  Menumis (Sauteing)

      Teknik memasak  dengan    menggunakan  sedikit  minyak  olahan yang dikerjakan dalam waktu sebentar dan cepat, diaduk-aduk, serta ditambah  sedikit  cairan sehingga sedikit  berkuah/basah.  

   d. Teknik Memanggang (Baking)

      Teknik pengolahan bahan makanan di dalam oven dengan panas dari segala arah tanpa menggunakan minyak atau air.

   e. Teknik Membakar (Grilling)

      Teknik mengolah makanan di atas lempengan besi panas (gridle) atau diatas pan dadar (teflon) yang diletakkan di atas perapian langsung. 

3. Teknik Pengolahan Pangan Lainnya 

   a. Menghaluskan

      Membuat bahan pangan menjadi halus dengan bantuan alat blender, parutan, maupun dengan cara diulek.

   b. Mencampur

      Menyatukan bahan pangan menjadi tercampur rata.

   c. Menyaring/Memeras

      Membuat  bahan menjadi halus dengan alat penyaringan baik  dari saringan kawat  atau kain penyaring supaya diperoleh  cairan yang jernih.

   d. Tidak dimasak

      Bahan pangan ada yang dapat dimakan mentah (raw food). Umumnya buah dan sayuran dimakan tanpa dimasak. Cara ini yang paling sehat karena kandungan vitamin, mineral, serat, dan enzim dalam sayuran dan buah tidak akan hilang.

Silahkan kalian rangkum pada buku catatan, kalian pelajari untuk persiapan ULANGAN HARIAN 1 PEKAN DEPAN.....tetap semangat dan jaga kesehatan....sukses untuk kalian...


Posting Komentar untuk "SAYURAN UNTUK MAKANAN DAN MINUMAN KESEHATAN ( 7==>2 : 3 )"