Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGOLAHAN VIII/2: MATERI-5. JENIS, KANDUNGAN DAN MANFAAT HASIL SAMPING SEREALIA, KACANG-KACANGAN DAN UMBI


A.  Jenis, Kandungan dan Manfaat Hasil Samping Serealia Kacang-Kacangan dan Umbi

Indonesia sebagai negara agraris memiliki hasil pertanian yang berlimpah. Produksi hasil pertanian yang berlimpah tentu memiliki hasil samping yang cukup tinggi juga. Hal ini perlu dimanfaatkan agar memberikan nilai tambah bagi kehidupan manusia. Berbagai jenis hasil samping dari tanaman serealia, kacang-kacangan, dan umbi serta kandungan dan manfaatnya diantaranya : bekatul (serealia), ampas kedelai (kacang-kacangan), kulit singkong (umbi), daun ubi jalar (umbi)

Simak video pembelajaran berikut ini !



B. Teknik Pengolahan

Pengolahan hasil samping serealia, kacang-kacangan, dan umbi menjadi suatu produk pangan diperlukan pengetahuan teknologi pengolahan pangan yang memadai. Dalam mengolah hasil samping serealia, kacang-kacangan, dan umbi yang memiliki berbagai macam karakteristik diperlukan berbagai teknik pengolahan yaitu teknik pengolahan dasar dan teknik pengolahan pengawetan. Kedua teknik pengolahan tersebut telah kamu pelajari di kelas VII dan juga di kelas VIII semester 1.

Adapun teknik dasar pengolahan bahan pangan dibedakan menjadi dua yaitu, teknik pengolahan makanan panas basah (moist heat) dan teknik pengolahan panas kering (dry heat cooking).

Selain itu, dalam mengolah hasil samping serealia, kacang-kacangan, dan umbi dapat menggunakan teknik pengolahan pengawetan pangan. Teknik pengolahan pengawetan pangan ini terdiri atas tiga metode, yaitu: pengawetan fisik, pengawetan biologis, dan pengawetan kimiawi.

Selanjutnya marilah kita simak dan pelajari video pembelajaran berikut ini !


TUGAS pada pertemuan hari ini masih sama seperti minggu sebelumnya atau sama dengan tugas pada MATERI-4. PENGOLAHAN HASIL SAMPING SEREALIA, KACANG-KACANGAN DAN UMBI MENJADI PRODUK PANGAN 
 , yaitu :

Setelah kalian simak dan pelajari video pembelajaran tersebut, silakan materi tersebut ditulis kembali pada buku catatan. Selanjutnya materi dalam tayangan video tersebut dapat kalian kaji/gali lagi dengan mempelajari Prakarya Pengolahan Hasil Samping Serealia, Kacang-Kacangan dan Umbi yang ada di Buku Paket Prakarya Kelas VIII dan Modul Pendamping Prakarya Kelas VIII (LKS)

Selamat Belajar, Semoga Sukses

2 komentar untuk "PENGOLAHAN VIII/2: MATERI-5. JENIS, KANDUNGAN DAN MANFAAT HASIL SAMPING SEREALIA, KACANG-KACANGAN DAN UMBI "