Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Kesalahan dari Segi Struktur, Penggunaan Bahasa, dan Tanda Baca pada Teks Deskripsi

Selamat pagi, kemarin sudah belajar tentang Struktur teks deskripsi kan? hari ini coba kalian aplikasikan pada tugas berikut ya.

Petunjuk :

Dibawah ini akan ada sebuah teks deskripsi yang telah diacak strukturnya, tugas kalian adalah mengurutkannya dengan memilih nomor mana yang bagian Identifikasi, bagian rincian, dan bagian penutup. Jika sudah menemukannya silakan masukan nomor pilihan kalian kedalam tabel dibawah ini dan tabel harus kalian salin terlebih dahulu dibuku tulis ya.

Cermati teks deskripsi berikut yang strukturnya diacak urutannya.

(1) Sementara itu bagian bawah sungai yang terjatuhi air terjun akan membentuk formasi batuan yang unik di sekitarnya. Karena air yang berjatuhan mengikis batuan yang berada di badan air (sungai) dibawahnya. Sehingga terdapat cekungan batuan di dalamnya. Bebatuan yang berada di sana juga tampak indah dan tak jarang dilapisi lumut hijau dibagian kering.

(2) Air yang berjatuhan tampak putih. Hal tersebut karena aliran air kencang memaksa udara masuk dan mengubahnya menjadi buih-buih kecil dalam angka yang sangat banyak. Sehingga air memantulkan terlalu banyak cahaya dan buih tampak putih. Meskipun berbuih, tampilannya tetap memesona karena buih yang dihasilkan sangatlah kecil dalam ukuran mikro.

(3) Air terjun adalah jatuhan aliran air dari bukit atau area lain yang tinggi. Aliran airnya cukup besar hingga buih-buih airnya tetap mengalir meskipun jauh dari tempat yang tinggi. Air terjun memesona karena suaranya yang nyaring namun merdu dan memberikan cipratan air yang menyegarkan di sekitarnya.

(4) Air terjun merupakan fenomena alam yang memberikan ketertarikan luar biasa pada manusia. Beberapa negara yang kurang beruntung dan tidak memilikinya kalah sengaja membuat air terjun buatan untuk kepentingan pariwisata. Oleh karena itu, air terjun adalah fenomena alam yang patut disyukuri keindahannya oleh kita semua.

(5) Sementara itu buih yang sangat kecil memancar terbang ke udara. Memberikan kelembaban yang tak kasat mata, hanya dapat dirasakan saja jika kita berada di dekat air terjun. Dalam keadaan tertentu buih-buih air yang beterbangan tersebut dapat terlihat sebagai kabut. Malah, terkadang fenomena tersebut akan membentuk pelangi yang berwarna-warni di sekitar air terjun.

Salin tabel di buku tulis kalian untuk mengerjakan


Meskipun tugas tidak dikumpulkan, harap tetap mengerjakan lo ya. Terimakasih.

Untuk memantau apakah kalian sudah membaca materi ini atau belum, silakan isi daftar hadir berikut ini, Daftar hadir akan ditutup pada pukul 13.00 :


 

Posting Komentar untuk "Memperbaiki Kesalahan dari Segi Struktur, Penggunaan Bahasa, dan Tanda Baca pada Teks Deskripsi"