Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjelaskan Bentuk Muka Bumi

Kondisi fisik suatu wilayah dapat dikenali dari keadaan geologi, bentuk muka bumi, dan iklim. Kalian mengetahui keadaan geologi Indonesia salah satunya akan berpengaruh kepada bentuk muka bumi. Bentuk muka bumi Indonesia dapat dibedakan di daratan antara lain, dataran rendah, dataran tinggi, bukit, gunung, pegunungan, bukit, lembah, dan pantai. sedangkan di perairan antara lain laut, selat, teluk, sungai, danau, dan rawa.

Bentuk-bentuk muka bumi yang ada seperti sekarang ini merupakan dampak atau hasil dari pekerjaan tenaga endogen dan tenaga eksogen. Tenaga geologi tersebut menghasilkan berbagai relief-relief tertentu di permukaan bumi. Bentuk permukaan bumi, ada yang melengkung keatas atau kebawah, berbukit-bukit hingga menjulang tinggi membentuk gunung. Relief muka bumi dapat dibedakan menjadi relief daratan dan relief lautan. 

Relief daratan

Daratan merupakan salah satu bentuk dari bentuk permukaan bumi. Apabila di suatu daerah yang tersusun dari batuan yang perlapisannya horizontal, maka terbentuk bentang alam yang disebut dengan dataran. Proses itu dapat terjadi pada lapisan-lapisan batuan yang berada di bawah laut, kemudian terangkat oleh gaya endogen menghasilkan bentuk bentang alam daratan.

Pada relief daratan ada beberapa bentukan, yakni: 

Dataran rendah 

Dataran rendah adalah merupakan tanah yang keadaan relatif datar. Luasnya sampai ketinggian sekitar 200 meter dari permukaan laut. Dataran rendah biasanya ditemukan di sekitar pantai. Tapi ada juga terletak di daerah pedalaman. Tanah pada dataran rendah sebagian subur. Sehingga cocok untuk bertanam bagi masyarakat.

Dataran tinggi 

Dataran tinggi merupakan dataran yang letaknya di daerah tinggi atau pegunungan. Rata-rata ketinggian dataran tinggi antara 200-1500 meter diatas permukaan laut. Dataran tinggi terbentuk sebagai hasil erosi dan sedimentasi. Dataran tinggi dinamakan juga plato (plateau).

Gambar Kawasan Dataran Tinggi Dieng dilihat dari Gunung Prau

Bukit 

Bukit merupakan suatu wilayah bentang alam yang memiliki permukaan tanah yang lebih tinggi dari permukaan tanah di sekelilingnya. Namun ketinggian bukit lebih rendah dibandingkan gunung. Perbukitan ini biasanya memiliki udara yang sejuk dan lebih dingin daripada dataran yang lebih rendah. 

Gunung 

Gunung merupakan permukaan bumi yang menjulang ke atas dan lebih tinggi jika dibandingkan dengan daerah disekitarnya. Pada gunung terdiri dari puncak, lereng dan kaki gunung. Tiap gunung memiliki karakteristik yang berbeda, ada gunung aktif dan gunung tidak aktif.

Gunung Krakatau

Pegunungan 

Pegunungan adalah permukaan bumi yang berupa rangkaian atau kumpulan gunung besar dan kecil. 


Relief lautan 

Relief lautan merupakan wilayah permukaan bumi yang dikelilingi dan ditutup oleh perairan. 

Pada relief lautan ada beberapa bentuk, yakni: 

Gunung laut 

Gunung laut adalah gunung yang kaki-kakinya terletak di dasar laut dan puncaknya menjulang di atas permukaan laut. 

Dangkalan atau Paparan 

Dangkalan merupakan dasar laut yang memiliki kedalaman kurang dari 200 meter dan dianggap sebagai bagian daratan yang masuk ke dalam laut.

Lereng Benua 

Lereng benua atau Continental slope biasanya terdapat di pinggir dangkalan. Daerah lereng benua bisa mencapai kedalaman 1500 meter dengan sudut kemiringan tidak lebih dari 5 derajat.

Punggung Laut 

Punggung laut adalah pegunungan atau rangkaian bukit-bukit dalam laut yang dapat muncul di atas atau di bawah permukaan laut. 

Ambang Laut 

Ambang laut merupakan punggung laut yang memisahkan dua bagian laut atau dua laut yang dalam.

Lubuk Laut 

Lubuk laut merupakan dasar laut yang dalam dan berbentuk bulat cekung yang terjadi akibat merosotnya bagian dasar laut. Lubuk laut terjadi akibat tenaga tektonik, merupakan laut ingressi dan bentuknya bulat. 

Palung Laut 

Palung laut merupakan daerah ingresi di laut yang dalam, sempit, curam dan bentuknya memanjang. Terjadi akibat penenggelaman yang terus menerus.


Sumber:

https://www.kompas.com/skola/read/2020/07/02/180000369/bentuk-bentuk-muka-bumi?page=all


Posting Komentar untuk "Menjelaskan Bentuk Muka Bumi"