Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kerajinan VIII/1: Materi-5 PRAKTEK PEMBUATAN KERAJINAN ADONAN TEPUNG/FLOUR CLAY (lanjutan)

 

Pembuatan kerajinan clay membutuhkan kesabaran dan penguasaan teknik. Clay merupakan bahan yang teksturnya mirip lilin, yakni lembut, mudah dibentuk, serta dapat mengeras atau mengering dengan sendirinya. 

Flour clay atau clay tepung merupakan kerajinan tangan yang terbuat dari bahan tepung. Bahan yang digunakan ini sifatnya lebih aman dan tidak mengandung racun. Untuk jenis tepungnya, bisa memakai tepung terigu, tepung tapioka, tepung beras, atau semacamnya.

Hal paling penting dalam membuat clay ini adalah bagaimana clay yang kamu buat menjadi kalis. Begitu juga kalau mau membuat clay dari bahan tepung terigu ini. Takarannya harus pas supaya adonannya menjadi kalis dan bisa mudah dibentuk. Cara membuat clay tepung terigu ini juga paling mudah karena bahan digunakan juga tidak terlalu banyak. Berikut adalah resep pembuatan clay tepung atau flour clay:

Bahan:

  • 80gr Tepung Terigu
  • 80gr Tepung Tapioka / Tepung Kanji
  • 80gr Tepung Beras
  • 200gr Lem Putih / Lem Kayu
Langkah-langkah cara membuat Clay Tepung atau Flour Clay:
  1. Campurkan tepung dengan lem putih, lalu uleni hingga tercampur rata.
  2. Setelah terbentuk adonan, bagi beberapa bagian.
  3. Warnai setiap bagian dengan warna berbeda dengan cara memasukkan tusuk gigi ke dalam cat poster lalu oleskan pada adonan.
  4. Pulung-pulung adonan hingga cat tercampur rata.
  5. Setelah diwarnai, adonan clay siap digunakan.
Untuk lebih jelasnya lihat tayangan video pembuatan flour clay pada link berikut!


Flour clay juga bisa dibuat dari satu jenis tepung, yaitu tepung terigu. Silakan kalian buka dan simak tayangan video pada link  berikut ini!


Langkah-Langkah Pembuatan Karya Kerajinan:

a. Membuat rancangan

Rancangan adalah hal awal yang kita lakukan setelah mendapat ide untuk membuat suatu kerajinan dari bahan lunak dan atau bahan keras, rancangan yang bagus biasanya akan menghasilkan produk yang bagus pula. Rancangan biasanya dibuat di suatu kertas lalu kita menggambarnya dan susun secara sistematis.(lihat buku paket Prakarya kelas VIII semester 1 aspek Kerajinan halaman 53 - 56 sub judul Contoh Proyek Kerajinan Bahan Lunak pada Pembuatan Vas Keramik).

b. Menyiapkan alat dan bahan

Setelah rancangan dibuat tahap selanjutnya adalah menyiapkan alat dan bahan. Alat dan bahan di utamakan memiliki kualitas yang bagus sehingga akan mendapat hasil yang baik.

c. Membuat benda sesuai rancangan

Setelah semua siap kita mulai dengan proses pembuatan, buatlah sebuah bagian dasar terlebih dari suatu kerajinan sehingga akan mudah dibentuk dan mempercepat proses pembuatan.

d. Tahap penyelesaian

Tahap akhir setelah kita membuat suatu kerajinan salah satunya adalah dengan merapikan atau memberi hiasan atau beberapa tambahan lain, sehingga meningkatkan kualitas kerajinan tersebut.

TUGAS 
Buatlah satu produk kerajinan bahan clay tepung/flour clay seperti contoh dalam vidio tersebut, bentuk atau wujud produk yang kalian buat tidak harus sama persis dengan contoh dalam vidio tersebut. Kalian bisa  berkreasi dengan mengeksplor daya kreatifitasmu sehingga hasinya menjadi menarik, memiliki fungsi hias dan atau fungsi pakai. Ikuti tahapan pembuatan kerajinan yang telah kalian pelajari diawali dengan :
1. Membuat rancangan pada buku catatan/selembar kertas 
2. Buat kerajinan clay tepung/flour clay sesuai rancangan.
3. Presentasikan hasilnya (produk) dengan membuat vidio yang menunjukan hasil karya yang telah di buat beserta diri kalian yang sedang berpresentasi. Durasi vidio maksimal 1,5 menit 
4. Kirim hasil karya video  tersebut  ke Link Tugas Materi-5 yang sudah tersedia dibagian bawah keterangan  ini! Kalian juga bisa kirim ke link yang tersedia di bagian akhir Materi-4 pertemuan sebelumnya.
5. Pengiriman tugas/hasil karya vidio untuk 1 anak hanya 1 vidio.
6. Dikumpulkan paling lambat 2 minggu dari sekarang atau sebelum tanggal 2 November 2021

Link Pengiriman Tugas Materi-4 dan Materi-5


Selamat Belajar, Semangat mengerjakan Tugas Semoga Sukses....

Posting Komentar untuk "Kerajinan VIII/1: Materi-5 PRAKTEK PEMBUATAN KERAJINAN ADONAN TEPUNG/FLOUR CLAY (lanjutan)"